IAINPTKIAINPTK

Journal of Islamic LawJournal of Islamic Law

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar biologi siswa SMA. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain pretest-posttest control group design. Sampel penelitian terdiri dari 60 siswa kelas XI IPA yang dibagi menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol. Data kemampuan berpikir kritis dikumpulkan melalui tes essay yang telah divalidasi, sedangkan data hasil belajar diperoleh dari tes akhir semester. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran PBL terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar biologi siswa. Siswa yang belajar dengan model PBL memiliki rata-rata kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar yang lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang belajar dengan model konvensional.

Model Problem Based Learning efektif meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar biologi siswa SMA.PBL mendorong siswa aktif menyelesaikan masalah autentik sehingga memperdalam pemahaman konsep.Disarankan guru mempertimbangkan PBL sebagai alternatif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis.

Bisakah kita coba bandingkan bagaimana PBL berjalan kalau materinya bukan biologi melainkan fisika atau kimia, sehingga kita tahu apakah manfaatnya tetap sama? Bagaimana kalau kita tambahkan teknologi seperti simulasi virtual atau forum daring ke dalam PBL; apakah ini akan membuat siswa di daerah terpencil tetap bisa berdiskusi dan menyelesaikan masalah secara tim? Kira-kira apakah hasilnya akan tetap bagus jika kita coba terapkan PBL dalam jangka panjang, misalnya selama dua semester penuh, untuk melihat apakah kemampuan berpikir kritis siswa terus tumbuh atau justru menurun karena mereka mulai bosan, serta bagaimana perbedaan antara siswa yang dari awal sudah biasa beluar mandiri dengan mereka yang masih terbiasa mendengarkan guru?.

  1. "SOCIAL ENGINEERING THROUGH SHARI’A: ISLAMIC LAW AND STATE-DIRECTED DA" by R. Michael... doi.org/10.15742/ilrev.v3n3.42SOCIAL ENGINEERING THROUGH SHARIAoA ISLAMIC LAW AND STATE DIRECTED DA by R Michael doi 10 15742 ilrev v3n3 42
  2. Transformation of Banking Law in Indonesia | Shofiana | Jurnal Dinamika Hukum. banking shofiana jurnal... doi.org/10.20884/1.jdh.2019.19.2.2523Transformation of Banking Law in Indonesia Shofiana Jurnal Dinamika Hukum banking shofiana jurnal doi 10 20884 1 jdh 2019 19 2 2523
  3. Official Ulema and the Politics of Re-Islamization: The Majelis Permusyawaratan Ulama, Sharīʿatization... doi.org/10.1093/jis/etr026Official Ulema and the Politics of Re Islamization The Majelis Permusyawaratan Ulama Sharatization doi 10 1093 jis etr026
  4. Taqnīn Method of Qānūn Jināyah and Problems of Its Implementation in Aceh, Indonesia | Journal of... doi.org/10.24260/jil.v3i2.817Taqnn Method of QAnn JinAyah and Problems of Its Implementation in Aceh Indonesia Journal of doi 10 24260 jil v3i2 817
  5. Project MUSE - Shari‘a and Social Engineering: The Implementation of Islamic Law in Contemporary... doi.org/10.1353/ind.2014.0014Project MUSE ShariAoa and Social Engineering The Implementation of Islamic Law in Contemporary doi 10 1353 ind 2014 0014
  1. #kemampuan berpikir kritis#kemampuan berpikir kritis
  2. #model problem based#model problem based
File size426.42 KB
Pages19
DMCAReportReport

ads-block-test