ABULYATAMAABULYATAMA

Jurnal Dedikasi PendidikanJurnal Dedikasi Pendidikan

Guru memiliki peranan yang sangat penting dalam menumbuhkembangkan minat siswa untuk meraih prestasi dalam bidang pelajaran tertentu termasuk matematika. Untuk itu seorang guru perlu mencari strategi alternatif dalam menumbuhkan minat siswa agar mau belajar dengan gembira (tanpa merasa dipaksa), sehingga dapat menimbulkan percaya diri pada siswa, yang pada akhirnya mereka dapat mengembangkan kemampuan yang telah ada tanpa mereka sadari. Pada pembelajaran kontekstual guru tidak mengharuskan siswa menghapal fakta-fakta tetapi guru hendaknya mendorong siswa untuk mengkontruksi pengetahuan dibenak mereka sendiri. Melalui model pembelajaran kontekstual siswa diharapkan belajar melalui mengalami bukan menghapal. Dalam pembelajaran, guru perlu memahami konsepsi awal yang dimiliki siswa dan mengaitkan dengan konsep yang akan dipelajari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas VI SD Negeri 1 Lampaseh melalui Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual pada Materi Operasi Hitung Bilangan Bulat Tahun Pelajaran 2013/2014. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang mencakup perencanaan, tindakan, observasi, refleksi atau evaluasi. Pendekatan yang digunakan dalam pembelajaran ini adalah berorientasi pada siswa dengan data kuantitatif yang diperoleh dari tes hasil belajar dan data kualitatif yang diperoleh melalui lembar observasi serta angket yang diberikan kepada siswa untuk mengetahui tanggapan siswa.

Penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kontekstual secara signifikan meningkatkan hasil belajar matematika pada materi operasi hitung bilangan bulat siswa kelas VI, terbukti dari kenaikan rata‑rata nilai dari 61,875 pada siklus I menjadi 87,1 pada siklus II serta penurunan jumlah siswa di bawah KKM.Selain itu, partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran juga meningkat, terlihat dari persentase aktivitas siswa yang naik dari 59,9β€―% pada siklus I menjadi 79,68β€―% pada siklus II.Oleh karena itu, model pembelajaran kontekstual terbukti efektif untuk meningkatkan prestasi dan keterlibatan siswa.

Penelitian selanjutnya dapat menyelidiki bagaimana retensi jangka panjang konsep matematika pada siswa yang belajar dengan model pembelajaran kontekstual dibandingkan dengan metode tradisional, sehingga dapat menilai keberlanjutan manfaat pembelajaran tersebut. Selanjutnya, penting untuk mengeksplorasi dampak integrasi media digital, seperti aplikasi interaktif atau video pembelajaran, ke dalam model kontekstual terhadap tingkat keterlibatan dan pencapaian akademik siswa, mengingat perkembangan teknologi pendidikan yang pesat. Terakhir, penelitian dapat difokuskan pada efektivitas model pembelajaran kontekstual bagi siswa dengan prestasi rendah, dengan menguji strategi diferensiasi instruksi yang dirancang khusus untuk mengatasi kesulitan mereka dalam memahami operasi hitung bilangan bulat, sehingga dapat memastikan inklusivitas dan pemerataan hasil belajar.

  1. #siswa kela ii#siswa kela ii
  2. #model pembelajaran kooperatif#model pembelajaran kooperatif
Read online
File size703.05 KB
Pages7
DMCAReport

Related /

ads-block-test