UNYUNY

Jurnal Cakrawala PendidikanJurnal Cakrawala Pendidikan

Kompleksitas menjelaskan dan menggambarkan fenomena pendidikan menjadi tantangan signifikan bagi pendidik untuk menyampaikan informasi secara efektif melalui mediasi pedagogis dan metodologi terstruktur. Penelitian ini menelaah dampak penggunaan organizer grafis sebagai strategi metodologis untuk meningkatkan pembelajaran bermakna dalam Mata Kuliah Manajemen Pendidikan. Dengan rancangan kuasi-eksperimen kuantitatif, penelitian memanfaatkan observasi dan survei sebagai teknik pengumpulan data, dengan daftar cek dan Skala ACRA pada Strategi Pembelajaran sebagai instrumen. Sebanyak 57 mahasiswa dibagi dalam kelompok eksperimen (n=29) dan kontrol (n=28) yang menjalani evaluasi pre-test dan post-test. Hasil menunjukkan perbedaan signifikan antara kedua kelompok, dengan kelompok eksperimen mengalami peningkatan substansial pada dimensi pembelajaran konseptual, prosedural, dan afektif, yang menegaskan efektivitas organizer grafis dalam memfasilitasi akuisisi pengetahuan terstruktur serta perkembangan kognitif. Analisis post-test juga menyingkap tingkat retensi dan pemahaman yang lebih mendalam pada mahasiswa pengguna organizer grafis. Temuan ini menegaskan pentingnya integrasi alat pedagogis terstruktur di pendidikan tinggi untuk merangsang berpikir kritis, meningkatkan retensi konten, dan mendorong pembelajaran mandiri. Penelitian lanjutan sebaiknya mengeksplorasi efek jangka panjang penggunaan organizer grafis di berbagai disiplin ilmu guna memvalidasi penerapannya secara lebih luas.

Berdasarkan hasil penelitian, penggunaan organizer grafis secara signifikan meningkatkan pembelajaran bermakna mahasiswa dalam Mata Kuliah Manajemen Pendidikan, dengan peningkatan skor rata-rata dari 78,10% pada pre-test menjadi 98,07% pada post-test.Peningkatan tersebut terlihat pada dimensi konseptual, prosedural, dan afektif, di mana kelompok eksperimen menunjukkan retensi materi yang lebih tinggi dan pemahaman lebih mendalam dibandingkan kelompok kontrol.Dengan demikian, organizer grafis terbukti efektif sebagai strategi metodologis untuk memfasilitasi struktur pengetahuan, pengembangan kemampuan kognitif, dan pembelajaran mandiri siswa.

Pertama, penelitian selanjutnya dapat menyelidiki efek jangka panjang penggunaan organizer grafis pada proses pengingatan dan pemahaman materi siswa dengan melakukan evaluasi berulang setiap akhir semester dalam berbagai mata pelajaran seperti matematika, bahasa, dan ilmu pengetahuan alam. Kedua, studi komparatif tentang jenis-jenis organizer grafis—misalnya peta konsep, diagram alir, dan tabel sinoptik—dapat diadakan untuk melihat mana yang paling efektif dalam membantu siswa mengorganisasikan informasi dan membentuk koneksi antarkonsep. Ketiga, penting untuk menggali bagaimana penggunaan organizer grafis mendukung perkembangan keterampilan berpikir kritis dan metakognitif siswa, misalnya dengan mengukur kemampuan merefleksikan strategi belajar dan merencanakan langkah selanjutnya. Dengan mengikuti tiga arah penelitian ini dalam satu rangkaian studi, kita dapat memperoleh gambaran yang lebih komprehensif tentang kontribusi metode organizer grafis, batasan penggunaannya, dan kondisi ideal implementasinya di kelas. Penelitian ini dapat melibatkan sampel lintas fakultas untuk mengeksplorasi variasi respons siswa dari latar belakang akademik berbeda sehingga hasilnya lebih representatif.

  1. Ejemplo de organizadores gráficos como estrategias de mediación pedagógica y de... doi.org/10.54198/innova06.08Ejemplo de organizadores gryficos como estrategias de mediaciyn pedagygica y de doi 10 54198 innova06 08
  2. Graphic organizer: Methodological strategy for meaningful student learning | Jurnal Cakrawala Pendidikan.... doi.org/10.21831/cp.v44i1.47428Graphic organizer Methodological strategy for meaningful student learning Jurnal Cakrawala Pendidikan doi 10 21831 cp v44i1 47428
  3. INTERVENCIÓN DOCENTE PARA EL MODELADO DE CONTENIDOS PROCEDIMENTALES (INFERENCIAS) EN LA COMPRENSIÓN... doi.org/10.18593/r.v40i0.9559INTERVENCIyeN DOCENTE PARA EL MODELADO DE CONTENIDOS PROCEDIMENTALES INFERENCIAS EN LA COMPRENSIyeN doi 10 18593 r v40i0 9559
  4. Estrategia metodológica para el aprendizaje de la lectura comprensiva | Horizontes. Revista de... doi.org/10.33996/revistahorizontes.v5i17.160Estrategia metodolygica para el aprendizaje de la lectura comprensiva Horizontes Revista de doi 10 33996 revistahorizontes v5i17 160
  5. HOW PRIOR KNOWLEDGE, PROSPECT, AND LEARNING BEHAVIOUR DETERMINE LEARNING OUTCOMES OF BIPA STUDENTS? |... doi.org/10.21831/cp.v38i3.27045HOW PRIOR KNOWLEDGE PROSPECT AND LEARNING BEHAVIOUR DETERMINE LEARNING OUTCOMES OF BIPA STUDENTS doi 10 21831 cp v38i3 27045
File size250.76 KB
Pages11
DMCAReportReport

ads-block-test