UNYUNY
Jurnal Cakrawala PendidikanJurnal Cakrawala PendidikanKompleksitas menjelaskan dan menggambarkan fenomena pendidikan menjadi tantangan signifikan bagi pendidik untuk menyampaikan informasi secara efektif melalui mediasi pedagogis dan metodologi terstruktur. Penelitian ini menelaah dampak penggunaan organizer grafis sebagai strategi metodologis untuk meningkatkan pembelajaran bermakna dalam Mata Kuliah Manajemen Pendidikan. Dengan rancangan kuasi-eksperimen kuantitatif, penelitian memanfaatkan observasi dan survei sebagai teknik pengumpulan data, dengan daftar cek dan Skala ACRA pada Strategi Pembelajaran sebagai instrumen. Sebanyak 57 mahasiswa dibagi dalam kelompok eksperimen (n=29) dan kontrol (n=28) yang menjalani evaluasi pre-test dan post-test. Hasil menunjukkan perbedaan signifikan antara kedua kelompok, dengan kelompok eksperimen mengalami peningkatan substansial pada dimensi pembelajaran konseptual, prosedural, dan afektif, yang menegaskan efektivitas organizer grafis dalam memfasilitasi akuisisi pengetahuan terstruktur serta perkembangan kognitif. Analisis post-test juga menyingkap tingkat retensi dan pemahaman yang lebih mendalam pada mahasiswa pengguna organizer grafis. Temuan ini menegaskan pentingnya integrasi alat pedagogis terstruktur di pendidikan tinggi untuk merangsang berpikir kritis, meningkatkan retensi konten, dan mendorong pembelajaran mandiri. Penelitian lanjutan sebaiknya mengeksplorasi efek jangka panjang penggunaan organizer grafis di berbagai disiplin ilmu guna memvalidasi penerapannya secara lebih luas.
Berdasarkan hasil penelitian, penggunaan organizer grafis secara signifikan meningkatkan pembelajaran bermakna mahasiswa dalam Mata Kuliah Manajemen Pendidikan, dengan peningkatan skor rata-rata dari 78,10% pada pre-test menjadi 98,07% pada post-test.Peningkatan tersebut terlihat pada dimensi konseptual, prosedural, dan afektif, di mana kelompok eksperimen menunjukkan retensi materi yang lebih tinggi dan pemahaman lebih mendalam dibandingkan kelompok kontrol.Dengan demikian, organizer grafis terbukti efektif sebagai strategi metodologis untuk memfasilitasi struktur pengetahuan, pengembangan kemampuan kognitif, dan pembelajaran mandiri siswa.
Pertama, penelitian selanjutnya dapat menyelidiki efek jangka panjang penggunaan organizer grafis pada proses pengingatan dan pemahaman materi siswa dengan melakukan evaluasi berulang setiap akhir semester dalam berbagai mata pelajaran seperti matematika, bahasa, dan ilmu pengetahuan alam. Kedua, studi komparatif tentang jenis-jenis organizer grafis—misalnya peta konsep, diagram alir, dan tabel sinoptik—dapat diadakan untuk melihat mana yang paling efektif dalam membantu siswa mengorganisasikan informasi dan membentuk koneksi antarkonsep. Ketiga, penting untuk menggali bagaimana penggunaan organizer grafis mendukung perkembangan keterampilan berpikir kritis dan metakognitif siswa, misalnya dengan mengukur kemampuan merefleksikan strategi belajar dan merencanakan langkah selanjutnya. Dengan mengikuti tiga arah penelitian ini dalam satu rangkaian studi, kita dapat memperoleh gambaran yang lebih komprehensif tentang kontribusi metode organizer grafis, batasan penggunaannya, dan kondisi ideal implementasinya di kelas. Penelitian ini dapat melibatkan sampel lintas fakultas untuk mengeksplorasi variasi respons siswa dari latar belakang akademik berbeda sehingga hasilnya lebih representatif.
- Ejemplo de organizadores gráficos como estrategias de mediación pedagógica y de... doi.org/10.54198/innova06.08Ejemplo de organizadores gryficos como estrategias de mediaciyn pedagygica y de doi 10 54198 innova06 08
- Graphic organizer: Methodological strategy for meaningful student learning | Jurnal Cakrawala Pendidikan.... doi.org/10.21831/cp.v44i1.47428Graphic organizer Methodological strategy for meaningful student learning Jurnal Cakrawala Pendidikan doi 10 21831 cp v44i1 47428
- INTERVENCIÓN DOCENTE PARA EL MODELADO DE CONTENIDOS PROCEDIMENTALES (INFERENCIAS) EN LA COMPRENSIÓN... doi.org/10.18593/r.v40i0.9559INTERVENCIyeN DOCENTE PARA EL MODELADO DE CONTENIDOS PROCEDIMENTALES INFERENCIAS EN LA COMPRENSIyeN doi 10 18593 r v40i0 9559
- Estrategia metodológica para el aprendizaje de la lectura comprensiva | Horizontes. Revista de... doi.org/10.33996/revistahorizontes.v5i17.160Estrategia metodolygica para el aprendizaje de la lectura comprensiva Horizontes Revista de doi 10 33996 revistahorizontes v5i17 160
- HOW PRIOR KNOWLEDGE, PROSPECT, AND LEARNING BEHAVIOUR DETERMINE LEARNING OUTCOMES OF BIPA STUDENTS? |... doi.org/10.21831/cp.v38i3.27045HOW PRIOR KNOWLEDGE PROSPECT AND LEARNING BEHAVIOUR DETERMINE LEARNING OUTCOMES OF BIPA STUDENTS doi 10 21831 cp v38i3 27045
| File size | 250.76 KB |
| Pages | 11 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
UNYUNY Selanjutnya, anak dengan kemampuan asosiasi tinggi yang bermain dengan media literat memperoleh skor lebih baik dibandingkan anak dengan kemampuan asosiasiSelanjutnya, anak dengan kemampuan asosiasi tinggi yang bermain dengan media literat memperoleh skor lebih baik dibandingkan anak dengan kemampuan asosiasi
UNYUNY Keterampilan ini membantu individu dalam memahami konteks dan pesan melalui membaca. Bagi siswa dengan disabilitas belajar, menguasai keterampilan pemahamanKeterampilan ini membantu individu dalam memahami konteks dan pesan melalui membaca. Bagi siswa dengan disabilitas belajar, menguasai keterampilan pemahaman
UNYUNY Terdapat hubungan signifikan secara statistik antara persepsi keamanan kerja dan pandangan tentang iklim sekolah, dengan pandangan guru tentang iklim sekolahTerdapat hubungan signifikan secara statistik antara persepsi keamanan kerja dan pandangan tentang iklim sekolah, dengan pandangan guru tentang iklim sekolah
UNYUNY Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi potensi limbah kulit pisang sebagai bahan baku alternatif dalam pembuatan kertas. Metode yang digunakan meliputiPenelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi potensi limbah kulit pisang sebagai bahan baku alternatif dalam pembuatan kertas. Metode yang digunakan meliputi
Useful /
UNYUNY Hasil penelitian menunjukkan bahwa, berdasarkan observasi pelajaran PA, 76% guru telah menerapkan pendekatan TaRL, sedangkan 72,8% guru merespons positifHasil penelitian menunjukkan bahwa, berdasarkan observasi pelajaran PA, 76% guru telah menerapkan pendekatan TaRL, sedangkan 72,8% guru merespons positif
UNYUNY Mahasiswa awalnya kesulitan membaca dan menulis notasi titilaras Sunda (daminatila) namun mahir notasi musik Barat. Dengan integrasi notasi musik BaratMahasiswa awalnya kesulitan membaca dan menulis notasi titilaras Sunda (daminatila) namun mahir notasi musik Barat. Dengan integrasi notasi musik Barat
UNYUNY Mahasiswa yang bermain kurang dari tiga jam per hari mampu mempertahankan hubungan sosial di dunia nyata, menandakan bahwa permainan dengan durasi terkendaliMahasiswa yang bermain kurang dari tiga jam per hari mampu mempertahankan hubungan sosial di dunia nyata, menandakan bahwa permainan dengan durasi terkendali
UNDIKSHAUNDIKSHA Pengumpulan data dengan menggunakan kuisioner untuk mengetahui kertekaitan tersebut. Teknik analisis data menggunakan Structural Equation Modeling (SEM),Pengumpulan data dengan menggunakan kuisioner untuk mengetahui kertekaitan tersebut. Teknik analisis data menggunakan Structural Equation Modeling (SEM),