UNDIKSHAUNDIKSHA

Jurnal Pendidikan IndonesiaJurnal Pendidikan Indonesia

Penelitian ini didorong oleh perubahan dalam pelaksanaan pembelajaran yang biasanya tatap muka di kelas menjadi pembelajaran daring akibat pandemi Covid‑19. Oleh karena itu penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan menganalisis pengaruh model pembelajaran berbasis proyek daring terhadap ketahanan (resiliensi) mahasiswa selama pandemi Covid‑19. Metode penelitian yang digunakan adalah pre‑eksperimental dengan desain satu kelompok pretest‑posttest. Populasi penelitian terdiri dari empat kelas dengan total 183 mahasiswa. Sementara sumbel dilakukannya hanya 92 mahasiswa. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner yang sesuai dengan indikator‑resiliensi, yang kemudian diproses secara statistik untuk menjawab rumusan masalah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran berbasis proyek daring memiliki pengaruh positif terhadap ketahanan mahasiswa selama masa pandemi Covid‑19.

Penelitian ini menunjukkan bahwa faktor utama yang mempengaruhi resiliensi mahasiswa tidak hanya bergantung pada kompleksitas materi maupun perubahan proses belajar dari tatap muka ke daring, melainkan juga pada kompetensi dosen dalam menyusun proses belajar yang menarik, memilih model pembelajaran yang tepat, serta memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi.Adaptasi pembelajaran berbasis proyek daring, baik individual maupun kelompok, dapat meningkatkan resiliensi mahasiswa selama pandemi.Hasil ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi dosen dalam mengembangkan kompetensi pengajaran serta memfasilitasi penerapan pembelajaran kreatif di masa pandemi.

Satu arah studi selanjutnya adalah menilai dampak model pembelajaran berbasis proyek daring pada resiliensi mahasiswa di berbagai program studi, bukan hanya di program PGSD. Riset ini dapat memanfaatkan desain eksperimental atau kuasi‑eksperimental serta melibatkan sampel acak untuk memperkuat validitas internal. Peneliti juga dapat menambah dimensi teknologi, seperti platform kuis interaktif (Kahoot!) atau simulasi 3‑D, untuk melihat bagaimana fitur tersebut memengaruhi empati dan optimisme. Satu lagi saran adalah mengevaluasi peran kompetensi dosen—pembentukan materi, pengelolaan diskusi daring, dan kemampuan komunikasi—sebagai mediator resiliensi mahasiswa. Metode mixed‑methods dengan wawancara mendalam dapat mengumpulkan data persepsi mahasiswa dan dosen sekaligus menganalisis hasil kuantitatif. Selain itu, penelitian jangka panjang yang mengikuti mahasiswa dari awal studi hingga lulus dapat menilai konsistensi pengaruh PBL online pada kemampuan adaptasi dan kesejahteraan psikologis. Hasil dari penelitian‑penelitian ini akan memberi dasar kebijakan pengembangan model pembelajaran daring yang lebih responsif terhadap kebutuhan mahasiswa di masa pandemi dan pasca‑pandemi.

  1. "Project-Based Learning: an Effective Approach to Link Teacher Professi" by Shaoqing Guo and... doi.org/10.18785/jetde.0502.04Project Based Learning an Effective Approach to Link Teacher Professi by Shaoqing Guo and doi 10 18785 jetde 0502 04
  2. Sabar dan Shalat Sebagai Model untuk Meningkatkan Resiliensi di Daerah Bencana, Yogyakarta | JIP (Jurnal... doi.org/10.20885/intervensipsikologi.vol4.iss2.art7Sabar dan Shalat Sebagai Model untuk Meningkatkan Resiliensi di Daerah Bencana Yogyakarta JIP Jurnal doi 10 20885 intervensipsikologi vol4 iss2 art7
  3. Jurnal Pendidikan Indonesia. effect project based learning model students resilience pandemic covid jurnal... doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v9i4.27390Jurnal Pendidikan Indonesia effect project based learning model students resilience pandemic covid jurnal doi 10 23887 jpi undiksha v9i4 27390
  4. Influence of VBA-based Monopoly Game in Microsoft Excel as Teaching Material on Primary School Students'... doi.org/10.17509/mimbar-sd.v6i2.16935Influence of VBA based Monopoly Game in Microsoft Excel as Teaching Material on Primary School Students doi 10 17509 mimbar sd v6i2 16935
  5. Wagnild and Youngs’s Resilience Scale Validation for IS Students - ScienceDirect. wagnild youngs... doi.org/10.1016/j.procs.2018.10.106Wagnild and YoungsyAAAos Resilience Scale Validation for IS Students ScienceDirect wagnild youngs doi 10 1016 j procs 2018 10 106
File size228.5 KB
Pages8
DMCAReportReport

ads-block-test