UNYUNY

Jurnal Cakrawala PendidikanJurnal Cakrawala Pendidikan

Tidak ada yang dapat menyangkal bahwa saat ini bahasa Inggris telah menjadi bahasa asing paling populer di Vietnam. Namun, di antara jutaan orang yang berbicara bahasa Inggris di Vietnam, banyak yang membuat kesalahan dalam pelafalan. Hal ini menciptakan ciri khas yang disebut Bahasa Inggris Vietnam. Makalah ini fokus pada kesalahan yang dilakukan pengguna Vietnam dalam melafalkan empat bunyi bahasa Inggris: /∫/, /(cid:1)/, /ʧ/, dan /(cid:3)/. Penyebab kesalahan dan beberapa saran sementara untuk mengatasi masalah ini dibahas. Kesalahan diidentifikasi berdasarkan kesalahan cara dan tempat artikulasi bunyi. Dikemukakan bahwa kesalahan tersebut dapat dijelaskan oleh kurangnya pengetahuan tentang artikulasi bunyi dan, yang lebih penting, gangguan dari bahasa ibu. Saran untuk mengatasi kesulitan ini mencakup: instruksi cermat tentang cara melafalkan bunyi-bunyi tersebut, analisis komparatif dan kontrasif terhadap fitur fonetik bunyi-bunyi dalam bahasa Inggris dan bunyi serupa dalam bahasa Vietnam, serta penekanan lebih besar pada latihan dan praktik.

Pengguna dan pembelajar bahasa Inggris asal Vietnam sering membuat kesalahan pelafalan akibat kurangnya pengetahuan tentang cara dan tempat artikulasi bunyi /∫/, /(cid.3)/, serta pengaruh negatif bahasa ibu yang tidak membedakan bunyi alveolar dan alveopalatal secara ketat.Di Vietnam, terutama di Hanoi, bunyi-bunyi seperti /ʧ/ dan /(cid.3)/ sering disederhanakan menjadi /ć/ dan /z/ karena tidak ada dalam sistem fonem bahasa Vietnam.Untuk meningkatkan pelafalan, guru perlu memberikan latihan berulang, koreksi kesalahan, dan pendekatan pembelajaran yang menekankan aspek fonetik sejak tahap awal, serta memperbanyak praktik komunikatif dan analisis kontrasif antara bahasa Inggris dan Vietnam.

Penelitian lanjutan dapat mengeksplorasi bagaimana pelatihan fonetik berbasis teknologi, seperti aplikasi berbasis kecerdasan buatan yang memberi umpan balik real-time terhadap pelafalan, dapat meningkatkan akurasi bunyi /∫/, /ʧ/, /(cid:3)/, dan /(cid:1)/ pada pembelajar bahasa Inggris asal Vietnam. Selain itu, perlu diteliti apakah pendekatan pembelajaran berbasis perbandingan fonem antara bahasa Vietnam dan Inggris—misalnya, mengidentifikasi pasangan bunyi yang paling sering tertukar—lebih efektif daripada metode tradisional dalam jangka panjang. Terakhir, studi longitudinal dapat dilakukan untuk melihat sejauh mana perubahan sikap terhadap pelafalan yang lebih akurat, yang dipengaruhi oleh paparan terhadap penutur asli atau media berbahasa Inggris, dapat mengurangi kecenderungan masyarakat untuk menganggap kesalahan pelafalan sebagai hal yang bisa diabaikan dalam konteks komunikasi sehari-hari di Vietnam.

  1. Microsoft Reading Progress as Capt Tool | Research in Language. microsoft reading progress capt tool... doi.org/10.18778/1731-7533.20.2.05Microsoft Reading Progress as Capt Tool Research in Language microsoft reading progress capt tool doi 10 18778 1731 7533 20 2 05
  2. The reality of using the Artificial Intelligence-based reading progress tool in Microsoft Teams to enhance... doi.org/10.21608/ssj.2024.348017The reality of using the Artificial Intelligence based reading progress tool in Microsoft Teams to enhance doi 10 21608 ssj 2024 348017
  3. Utilizing Reading Progress Feature In Microsoft Teams To Improve Speaking and Listening Competence Of... doi.org/10.30599/channing.v7i1.1564Utilizing Reading Progress Feature In Microsoft Teams To Improve Speaking and Listening Competence Of doi 10 30599 channing v7i1 1564
  4. The problem of pronouncing the English th sounds /θ/ and /ð/ of Vietnamese learners. problem... doi.org/10.5281/zenodo.3947213The problem of pronouncing the English th sounds and y of Vietnamese learners problem doi 10 5281 zenodo 3947213
  5. INTELLIGIBLE PRONUNCIATION: TEACHING ENGLISH TO VIETNAMESE LEARNERS | VNU Journal of Foreign Studies.... doi.org/10.25073/2525-2445/vnufs.4666INTELLIGIBLE PRONUNCIATION TEACHING ENGLISH TO VIETNAMESE LEARNERS VNU Journal of Foreign Studies doi 10 25073 2525 2445 vnufs 4666
File size177.65 KB
Pages10
DMCAReportReport

ads-block-test