UNDIKSHAUNDIKSHA

Jurnal Pendidikan IndonesiaJurnal Pendidikan Indonesia

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk merancang lembar kerja matematika berbasis aplikasi SPLDV Calc dan mengkaji peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa dengan menerapkan model pengembangan 4D yang dimodifikasi menjadi 3D. Prosedur penelitian meliputi tahap define, design, dan develop. Hasil penelitian menunjukkan: (1) validitas LKS mencapai 87% dan aplikasi SPLDV Calc 89%; (2) efektivitas LKS terbukti dari persentase ketuntasan belajar siswa sebesar 86% secara klasikal; dan (3) praktikalitas dinilai positif oleh siswa dengan respons angket 85%. Peningkatan kemampuan berpikir kreatif ditandai oleh skor N-Gain rata-rata 0,73 dalam kategori tinggi. Temuan ini mengindikasikan bahwa lembar kerja berbasis Android dapat mempermudah pemahaman dan pembelajaran matematika secara efektif.

Berdasarkan hasil penelitian, lembar kerja matematika berbasis aplikasi SPLDV Calc layak digunakan oleh guru dan siswa dalam proses pembelajaran matematika, terbukti dari validitas 87%, praktikalitas respons siswa 85%, dan efektivitas 86% pada skor posttest.Nilai N-Gain lapangan sebesar 0,73 (interpretasi tinggi) menunjukkan peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa.Temuan penelitian juga mengindikasikan preferensi siswa terhadap pembelajaran menggunakan media Android karena memudahkan penyelesaian soal-soal sulit dengan lebih cepat dan efektif.

Berdasarkan temuan dan keterbatasan penelitian ini, beberapa arah penelitian lanjutan dapat diajukan untuk menguatkan pemahaman implementasi LKS SPLDV Calc dan dampaknya pada siswa. Pertama, studi longitudinal dapat dirancang untuk menilai keberlanjutan peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa setelah penggunaan lembar kerja SPLDV Calc, misalnya dengan mengukur retensi pengetahuan dan keterampilan kreatif pada interval waktu satu, tiga, dan enam bulan pascapembelajaran. Kedua, penelitian dapat diperluas ke berbagai topik matematika lain seperti sistem persamaan nonlinier, geometri, atau statistika, dan mengevaluasi efektivitas LKS pada kelompok siswa dengan tingkat kemampuan awal berbeda untuk memahami adaptabilitas media di berbagai profil pembelajar. Ketiga, dilakukan studi komparatif antara LKS SPLDV Calc berbasis Android dengan lembar kerja konvensional maupun platform digital alternatif, sehingga diperoleh wawasan tentang keunggulan, kelemahan, dan preferensi siswa terhadap berbagai media pembelajaran. Ketiga ide tersebut, yang disusun berdasarkan model penelitian 3D serta hasil validitas, efektivitas, dan praktikalitas sebelumnya, diharapkan mampu memperkaya wawasan praktis guru dan pengembang kurikulum mengenai optimalisasi media pembelajaran matematika berbasis teknologi. Dengan mempertahankan kerangka model pengembangan 3D tanpa menambahkan variabel di luar konteks penelitian awal, penelitian lanjutan diharapkan dapat mendukung proses integrasi dan skalabilitas media ini dalam sistem kurikulum nasional.

  1. On the cognitive process of human problem solving - ScienceDirect. cognitive process human problem solving... doi.org/10.1016/j.cogsys.2008.08.003On the cognitive process of human problem solving ScienceDirect cognitive process human problem solving doi 10 1016 j cogsys 2008 08 003
  2. Integrating STEM (Science Technology Engineering and Mathematics) Education on Advancing Vocational Student’s... doi.org/10.2991/icovet-18.2019.43Integrating STEM Science Technology Engineering and Mathematics Education on Advancing Vocational StudentAos doi 10 2991 icovet 18 2019 43
  3. Infinity Journal. development teaching materials algebraic equation improve problem solving infinity... doi.org/10.22460/infinity.v6i1.239Infinity Journal development teaching materials algebraic equation improve problem solving infinity doi 10 22460 infinity v6i1 239
  4. Radware Bot Manager Captcha. radware manager captcha apologize ensure keep safe please confirm human... doi.org/10.1088/1742-6596/943/1/012017Radware Bot Manager Captcha radware manager captcha apologize ensure keep safe please confirm human doi 10 1088 1742 6596 943 1 012017
  5. Implementasi LKS Dengan Pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering, And Mathematics) Untuk Meningkatkan... doi.org/10.29303/jpft.v4i2.809Implementasi LKS Dengan Pendekatan STEM Science Technology Engineering And Mathematics Untuk Meningkatkan doi 10 29303 jpft v4i2 809
File size285.99 KB
Pages7
DMCAReportReport

ads-block-test