UAJYUAJY
Prosiding Seminar Nasional KONSTELASIProsiding Seminar Nasional KONSTELASIPengabdian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas video edukasi sebagai alat pencegahan terhadap risiko penyebaran phising dan hoaks di kalangan siswa SMP. Dengan menggunakan metode pengabdian kuantitatif, pengabdian ini mengumpulkan data dari respons siswa terhadap serangkaian video edukasi yang dibuat dan disebarkan. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa video edukasi dapat menjadi sarana yang efektif dalam meningkatkan kesadaran dan pemahaman siswa tentang bahaya phising dan hoaks. Analisis data menunjukkan peningkatan signifikan dalam kemampuan siswa untuk mengidentifikasi konten berbahaya dan mengambil langkah-langkah pencegahan yang tepat. Artikel ini menyimpulkan bahwa penggunaan media visual seperti video edukasi dapat memainkan peran penting dalam strategi pencegahan di era informasi ini, dan merekomendasikan pengembangan lebih lanjut dari materi edukatif serupa untuk memperkuat keamanan digital siswa.
Pengabdian ini berhasil meningkatkan kesadaran siswa SMP tentang bahaya phising dan hoaks melalui video edukasi, dengan respons positif dari mayoritas responden.Meskipun efektif, program ini perlu peningkatan dalam penyampaian materi yang lebih menarik dan interaktif untuk hasil yang optimal.Rekomendasi penelitian lanjutan mencakup pengembangan materi edukatif serupa guna memperkuat keamanan digital siswa di era digital.
Melanjutkan pengembangan video edukasi sebagai alat pencegahan phising dan hoaks, penelitian lanjutan bisa mengeksplorasi efektivitas metode interaktif seperti animasi dengan elemen gamifikasi untuk meningkatkan keterlibatan siswa SMP, misalnya dengan studi yang bertanya apakah siswa yang belajar melalui video interaktif memiliki pemahaman lebih dalam tentang identifikasi hoaks daripada yang menggunakan video statis. Di samping itu, perlu dikaji dampak jangka panjang dari program edukasi ini, seperti lewat penelitian longitudinal yang meneliti apakah siswa yang terpapar video edukasi tersebut menunjukkan penurunan risiko yang signifikan saat terpapar phising di media sosial setelah enam bulan, untuk mengukur keberlanjutan kesadaran digital. Selain itu, saran penelitian baru dapat meneliti pengaruh usia siswa dalam efektivitas program ini, dengan fokus pada modul edukasi yang disesuaikan untuk anak laki-laki versus perempuan, karena data survei menunjukkan variasi tanggapan yang mungkin terkait gender, sehingga dapat dirancang program yang lebih inklusif dan efektif untuk mencegah penyebaran risiko. Penelitian lanjutan juga bisa memperluas cakupan ke jenjang pendidikan lain, seperti SD atau SMA, untuk melihat apakah video edukasi serupa mampu menekan kasus phising di luar SMP, dengan studi komparatif yang membandingkan tingkat kesadaran sebelum dan sesudah intervensi. Lebih jauh, eksplorasi kolaborasi antar sekolah bisa menjadi arah studi baru, yakni bagaimana implementasi program ini secara bersama-sama antar institusi dapat mengurangi penyebaran hoaks di skala masyarakat, khususnya melalui analisis data bersama dari survei siswa di beberapa sekolah. Terakhir, saran untuk mengembangkan materi dengan konten multidisiplin, seperti yang mengintegrasikan aspek etika digital dengan literasi media, agar siswa not only aware of risks but also skilled in promoting positive online behavior, ternyata penting untuk membangun masyarakat yang lebih tangguh menghadapi ancaman siber sekarang dan masa depan. (300 kata).
- PENIPUAN MENGATASNAMAKAN BANK BERBENTUK PHISING | Jurnal Inovasi Global. penipuan bank berbentuk phising... jig.rivierapublishing.id/index.php/rv/article/view/11PENIPUAN MENGATASNAMAKAN BANK BERBENTUK PHISING Jurnal Inovasi Global penipuan bank berbentuk phising jig rivierapublishing index php rv article view 11
- ANALISIS ANCAMAN PHISHING DALAM LAYANAN ONLINE BANKING | Journal of Innovation in Business and Economics.... ejournal.umm.ac.id/index.php/jibe/article/view/jekobisnis.v7i1.3083ANALISIS ANCAMAN PHISHING DALAM LAYANAN ONLINE BANKING Journal of Innovation in Business and Economics ejournal umm ac index php jibe article view jekobisnis v7i1 3083
- Studi Kompetensi dan Kesadaran Pengguna E-Learning Terhadap Keamanan Sistem E-Learning Pada Pendidikan... ejournal.unisba.ac.id/index.php/ethos/article/view/3850Studi Kompetensi dan Kesadaran Pengguna E Learning Terhadap Keamanan Sistem E Learning Pada Pendidikan ejournal unisba ac index php ethos article view 3850
- Hoax in Modern Politics: The Meaning of Hoax in Indonesian Politics and Democracy | Utami | Jurnal Ilmu... doi.org/10.22146/jsp.34614Hoax in Modern Politics The Meaning of Hoax in Indonesian Politics and Democracy Utami Jurnal Ilmu doi 10 22146 jsp 34614
| File size | 697.37 KB |
| Pages | 10 |
| Short Link | https://juris.id/p-ad |
| DMCA | Report |
Related /
RESEARCHSYNERGYPRESSRESEARCHSYNERGYPRESS Kuesioner berisi pernyataan tentang pelaksanaan pembelajaran menggunakan enam indikator, yang dirangkum menjadi 34 pernyataan menggunakan skala Likert.Kuesioner berisi pernyataan tentang pelaksanaan pembelajaran menggunakan enam indikator, yang dirangkum menjadi 34 pernyataan menggunakan skala Likert.
UNP KEDIRIUNP KEDIRI Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang belajar dengan model Role Playing mengalami peningkatan signifikan dalam keterampilan berkomunikasi dibandingkanHasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang belajar dengan model Role Playing mengalami peningkatan signifikan dalam keterampilan berkomunikasi dibandingkan
UNYUNY Penelitian lanjutan sebaiknya mengeksplorasi efek jangka panjang penggunaan organizer grafis di berbagai disiplin ilmu guna memvalidasi penerapannya secaraPenelitian lanjutan sebaiknya mengeksplorasi efek jangka panjang penggunaan organizer grafis di berbagai disiplin ilmu guna memvalidasi penerapannya secara
UPIUPI Oleh karena itu, penelitian empiris lebih lanjut mungkin dapat memperkuat temuan penelitian bibliometrik saat ini tentang bahasa dan teknologi dalam pendidikanOleh karena itu, penelitian empiris lebih lanjut mungkin dapat memperkuat temuan penelitian bibliometrik saat ini tentang bahasa dan teknologi dalam pendidikan
EDUPEDEDUPED (3) Eefektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah materi bilangan kelas VII. Hal ini didasarkan pada hasil ketuntasan belajar siswa,(3) Eefektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah materi bilangan kelas VII. Hal ini didasarkan pada hasil ketuntasan belajar siswa,
UNDIKSHAUNDIKSHA Nilai N-Gain lapangan sebesar 0,73 (interpretasi tinggi) menunjukkan peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa. Temuan penelitian juga mengindikasikanNilai N-Gain lapangan sebesar 0,73 (interpretasi tinggi) menunjukkan peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa. Temuan penelitian juga mengindikasikan
MAHADEWAMAHADEWA Teknik pengumpulan data yang digunakan terdiri dari observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket respons siswa. Hasil penelitian menunjukkan kesesuaianTeknik pengumpulan data yang digunakan terdiri dari observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket respons siswa. Hasil penelitian menunjukkan kesesuaian
UNYUNY Temuan penelitian menunjukkan bahwa weblog dan facebook dapat digunakan secara efektif untuk melengkapi kegiatan belajar. Media jejaring sosial FacebookTemuan penelitian menunjukkan bahwa weblog dan facebook dapat digunakan secara efektif untuk melengkapi kegiatan belajar. Media jejaring sosial Facebook
Useful /
KEMENSOSKEMENSOS Hasil survei menunjukkan bahwa sebagian besar siswa merasakan tekanan emosional dan mental akibat perilaku cyberbullying ini. Flaming, yang melibatkanHasil survei menunjukkan bahwa sebagian besar siswa merasakan tekanan emosional dan mental akibat perilaku cyberbullying ini. Flaming, yang melibatkan
UNP KEDIRIUNP KEDIRI Label halal, kualitas produk, dan electronic word of mouth (e-wom) berdampak positif terhadap keputusan pembelian generasi Z terhadap produk Somethinc.Label halal, kualitas produk, dan electronic word of mouth (e-wom) berdampak positif terhadap keputusan pembelian generasi Z terhadap produk Somethinc.
UNDIKSHAUNDIKSHA Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif ex post facto dengan teknik pengumpulan data kuesioner. Analisis data menggunakan regresi linear sederhanaMetode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif ex post facto dengan teknik pengumpulan data kuesioner. Analisis data menggunakan regresi linear sederhana
UNDIKSHAUNDIKSHA Penerapan model pengembangan aritmatika sosial yang terintegrasi dengan akuntansi mampu meningkatkan kemampuan siswa dalam menyusun laporan keuangan, meskipunPenerapan model pengembangan aritmatika sosial yang terintegrasi dengan akuntansi mampu meningkatkan kemampuan siswa dalam menyusun laporan keuangan, meskipun