UNP KEDIRIUNP KEDIRI

EfektorEfektor

Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengukur bagaimana label halal, kualitas produk dan electronic word of mouth (e-wom) memengaruhi keputusan pembelian terhadap produk Somethinc. Penelitian ini bersifat kuantitatif menggunakan populasi generasi Z yang pernah menggunakan produk Somethinc. Terdapat 100 sampel yang digunakan dalam penelitian yang dianalisis melalui perangkat lunak SmartPLS versi 4.0 dengan metode PLS SEM. Hasil temuan memperlihatkan bahwasanya label halal berdampak positif dan signifikan terhadap keputusan untuk membeli, sebagaimana halnya kualitas produk dan electronic word of mouth (e-wom) yang juga memberikan dampak positif serta signifikan terhadap keputusan pembelian. Di antara semua variabel, label halal adalah faktor yang paling dominan memengaruhi keputusan untuk membeli. Secara simultan, ketiga variabel tersebut memengaruhi Keputusan pembelian senilai 59,8% sementara 40,2% dipengaruhi variabel yang tidak diteliti. Temuan ini memberikan wawasan pada pelaku bisnis kosmetik agar fokus pada peningkatan kualitas produk untuk merancang strategi pemasaran yang lebih efektif guna meningkatkan keputusan pembelian.

Label halal, kualitas produk, dan electronic word of mouth (e-wom) berdampak positif terhadap keputusan pembelian generasi Z terhadap produk Somethinc.Faktor yang paling dominan adalah label halal karena mencerminkan keamanan, kepercayaan, dan nilai religius yang penting bagi konsumen muslim.Temuan ini menyarankan pelaku industri kosmetik untuk mempertahankan kualitas produk, meningkatkan edukasi sertifikasi halal, serta mengoptimalkan ulasan positif di media digital.

Pertama, perlu diteliti bagaimana edukasi sertifikasi halal melalui media sosial memengaruhi minat beli generasi Z yang belum sepenuhnya memahami standar halal secara mendalam. Kedua, penting untuk mengkaji pengaruh kombinasi antara influencer muslim dan konten religius dalam kampanye pemasaran terhadap keputusan pembelian produk kosmetik halal. Ketiga, perlu dikaji bagaimana pengalaman penggunaan awal produk (seperti sampel gratis atau trial size) memperkuat persepsi kualitas dan memicu ulasan positif di platform digital. Penelitian lanjutan dapat mengeksplorasi apakah pengalaman nyata lebih kuat pengaruhnya dibandingkan informasi promosi. Selain itu, bisa dievaluasi strategi pemberian insentif bagi konsumen yang memberikan ulasan positif secara autentik. Studi juga dapat meneliti perbedaan respons antara konsumen muslim taat dan tidak taat terhadap label halal. Eksplorasi faktor psikologis seperti rasa percaya dan kecemasan terhadap produk non-halal juga layak diteliti lebih dalam. Penelitian dapat merancang eksperimen untuk menguji efektivitas berbagai jenis konten e-WOM, seperti video review, testimonial tertulis, atau unboxing. Terakhir, penting untuk meneliti faktor-faktor lain yang menyumbang 40,2% dampak di luar variabel penelitian, seperti harga, kemasan produk, atau gaya hidup halal secara menyeluruh.

  1. ANALISIS PENGARUH LABEL HALAL DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KOSMETIK WARDAH | Jurnal Mitra Manajemen.... doi.org/10.52160/ejmm.v4i1.321ANALISIS PENGARUH LABEL HALAL DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KOSMETIK WARDAH Jurnal Mitra Manajemen doi 10 52160 ejmm v4i1 321
  2. Keputusan Pembelian ditinjau dari Electronic Word of Mouth, Impulse Buying, Brand Image dan Label Halal... doi.org/10.58794/bns.v2i1.97Keputusan Pembelian ditinjau dari Electronic Word of Mouth Impulse Buying Brand Image dan Label Halal doi 10 58794 bns v2i1 97
  3. Halal Label and Product Quality: Case Study Wardah Cosmetic Product Purchase Decision | Li Falah: Journal... ejournal.iainkendari.ac.id/index.php/lifalah/article/view/1919Halal Label and Product Quality Case Study Wardah Cosmetic Product Purchase Decision Li Falah Journal ejournal iainkendari ac index php lifalah article view 1919
  1. #label halal#label halal
  2. #halal kualitas produk#halal kualitas produk
File size482.97 KB
Pages12
DMCAReportReport

ads-block-test