UNYUNY

Jurnal Cakrawala PendidikanJurnal Cakrawala Pendidikan

Teknologi telah menjadi faktor utama perubahan dalam semua bidang studi, termasuk pendidikan. Tujuan utama penelitian ini adalah menganalisis kompetensi teknologi guru dan kinerja mereka pada tingkat pendidikan tinggi. Kompetensi teknologi guru dianalisis dalam enam elemen teknologi, yaitu persepsi, pengetahuan teknologi, persepsi kemudahan penggunaan, persepsi kegunaan, dan keterampilan dalam menggunakan teknologi. Penelitian ini melibatkan dua sampel: satu dari guru enam departemen ilmu sosial di enam universitas negeri di Selatan Punjab, Pakistan, dan satu lagi dari mahasiswa semester ke-6, ke-7, dan ke-8 pada departemen yang sama di universitas tersebut. Jumlah sampel terdiri dari 497 guru dan 611 mahasiswa. Dengan menggunakan teknik sampling acak stratifikasi, dibentuk kuesioner untuk guru dan mahasiswa yang berisi pernyataan Likert skala 5. Data dianalisis dengan SPSS‑25 menggunakan distribusi frekuensi, statistik deskriptif, dan analisis korelasi. Hasil menunjukkan bahwa mayoritas guru di departemen ilmu sosial tidak memiliki kompetensi teknologi yang memadai dan kinerja mereka juga terbilang rendah. Terjadi korelasi positif tinggi antara kompetensi teknologi guru dan kinerja mereka (r = 0.839). Penelitian menegaskan perlunya pelatihan dan peningkatan infrastruktur teknologi di perguruan tinggi agar guru dapat mengoptimalkan penggunaan teknologi dalam proses pembelajaran.

Mayoritas guru departemen ilmu sosial di universitas negeri Selatan Punjab tidak memiliki pengetahuan teknologi, tidak merasakan kemudahan penggunaan teknologi, dan jarang memiliki keterampilan dalam memanfaatkan teknologi dalam proses pembelajaran.Namun, mereka memiliki persepsi positif terhadap penggunaan teknologi dan menganggapnya berguna dalam proses pengajaran.Terdapat korelasi positif tinggi antara kompetensi teknologi guru dan kinerja mereka di tingkat pendidikan tinggi.

1. Penelitian selanjutnya dapat mengevaluasi dampak program pelatihan berbasis teknologi terstruktur terhadap peningkatan kompetensi guru di fakultas-fakultas lain di Pakistan, dengan menggunakan desain eksperimental yang membandingkan kelompok kontrol dan intervensi. 2. Studi longitudinal dapat memantau perkembangan kompetensi teknologi guru selama tiga tahun akademik berikutnya, menilai faktor-faktor yang mempengaruhi pemeliharaan keterampilan, seperti peningkatan pengalaman, tata kelola lembaga, dan motivasi internal. 3. Penelitian komparatif lintas negara dapat meninjau hambatan dan pendukung penggunaan teknologi di perguruan tinggi di Pakistan, Indonesia, dan negara berkembang lainnya, guna mengidentifikasi praktik terbaik yang dapat disebarkan universal. Dengan demikian, kebijakan pendidikan tinggi dapat disesuaikan untuk mendukung integrasi teknologi yang berkelanjutan dan berdaya guna.

  1. Analysis of Teachers' Technological Competencies and Their Performance at Higher Education Level... doi.org/10.21831/cp.v44i2.70976Analysis of Teachers Technological Competencies and Their Performance at Higher Education Level doi 10 21831 cp v44i2 70976
  2. Teachers' technological competencies in enhancing teaching and learning in secondary schools in... doi.org/10.55056/etq.434Teachers technological competencies in enhancing teaching and learning in secondary schools in doi 10 55056 etq 434
  1. #kinerja guru#kinerja guru
File size463.2 KB
Pages16
DMCAReportReport

ads-block-test