UNYUNY
Jurnal Cakrawala PendidikanJurnal Cakrawala PendidikanTeknologi telah menjadi faktor utama perubahan dalam semua bidang studi, termasuk pendidikan. Tujuan utama penelitian ini adalah menganalisis kompetensi teknologi guru dan kinerja mereka pada tingkat pendidikan tinggi. Kompetensi teknologi guru dianalisis dalam enam elemen teknologi, yaitu persepsi, pengetahuan teknologi, persepsi kemudahan penggunaan, persepsi kegunaan, dan keterampilan dalam menggunakan teknologi. Penelitian ini melibatkan dua sampel: satu dari guru enam departemen ilmu sosial di enam universitas negeri di Selatan Punjab, Pakistan, dan satu lagi dari mahasiswa semester ke-6, ke-7, dan ke-8 pada departemen yang sama di universitas tersebut. Jumlah sampel terdiri dari 497 guru dan 611 mahasiswa. Dengan menggunakan teknik sampling acak stratifikasi, dibentuk kuesioner untuk guru dan mahasiswa yang berisi pernyataan Likert skala 5. Data dianalisis dengan SPSS‑25 menggunakan distribusi frekuensi, statistik deskriptif, dan analisis korelasi. Hasil menunjukkan bahwa mayoritas guru di departemen ilmu sosial tidak memiliki kompetensi teknologi yang memadai dan kinerja mereka juga terbilang rendah. Terjadi korelasi positif tinggi antara kompetensi teknologi guru dan kinerja mereka (r = 0.839). Penelitian menegaskan perlunya pelatihan dan peningkatan infrastruktur teknologi di perguruan tinggi agar guru dapat mengoptimalkan penggunaan teknologi dalam proses pembelajaran.
Mayoritas guru departemen ilmu sosial di universitas negeri Selatan Punjab tidak memiliki pengetahuan teknologi, tidak merasakan kemudahan penggunaan teknologi, dan jarang memiliki keterampilan dalam memanfaatkan teknologi dalam proses pembelajaran.Namun, mereka memiliki persepsi positif terhadap penggunaan teknologi dan menganggapnya berguna dalam proses pengajaran.Terdapat korelasi positif tinggi antara kompetensi teknologi guru dan kinerja mereka di tingkat pendidikan tinggi.
1. Penelitian selanjutnya dapat mengevaluasi dampak program pelatihan berbasis teknologi terstruktur terhadap peningkatan kompetensi guru di fakultas-fakultas lain di Pakistan, dengan menggunakan desain eksperimental yang membandingkan kelompok kontrol dan intervensi. 2. Studi longitudinal dapat memantau perkembangan kompetensi teknologi guru selama tiga tahun akademik berikutnya, menilai faktor-faktor yang mempengaruhi pemeliharaan keterampilan, seperti peningkatan pengalaman, tata kelola lembaga, dan motivasi internal. 3. Penelitian komparatif lintas negara dapat meninjau hambatan dan pendukung penggunaan teknologi di perguruan tinggi di Pakistan, Indonesia, dan negara berkembang lainnya, guna mengidentifikasi praktik terbaik yang dapat disebarkan universal. Dengan demikian, kebijakan pendidikan tinggi dapat disesuaikan untuk mendukung integrasi teknologi yang berkelanjutan dan berdaya guna.
- Analysis of Teachers' Technological Competencies and Their Performance at Higher Education Level... doi.org/10.21831/cp.v44i2.70976Analysis of Teachers Technological Competencies and Their Performance at Higher Education Level doi 10 21831 cp v44i2 70976
- Teachers' technological competencies in enhancing teaching and learning in secondary schools in... doi.org/10.55056/etq.434Teachers technological competencies in enhancing teaching and learning in secondary schools in doi 10 55056 etq 434
| File size | 463.2 KB |
| Pages | 16 |
| Short Link | https://juris.id/p-2i |
| DMCA | Report |
Related /
UNYUNY 3)/, serta pengaruh negatif bahasa ibu yang tidak membedakan bunyi alveolar dan alveopalatal secara ketat. Di Vietnam, terutama di Hanoi, bunyi-bunyi seperti3)/, serta pengaruh negatif bahasa ibu yang tidak membedakan bunyi alveolar dan alveopalatal secara ketat. Di Vietnam, terutama di Hanoi, bunyi-bunyi seperti
UNYUNY Selain itu, penelitian menyoroti perlunya guru dan orang tua memperhatikan perbedaan individual dalam kemampuan asosiasi saat memilih media dan aktivitasSelain itu, penelitian menyoroti perlunya guru dan orang tua memperhatikan perbedaan individual dalam kemampuan asosiasi saat memilih media dan aktivitas
UNYUNY Abstrak tidak tersedia dalam dokumen ini. Diberikan ringkasan: Penelitian ini membandingkan kinerja algoritma machine learning dan deep learning dalamAbstrak tidak tersedia dalam dokumen ini. Diberikan ringkasan: Penelitian ini membandingkan kinerja algoritma machine learning dan deep learning dalam
UNYUNY Rekomendasi meliputi peningkatan kesadaran tentang isu kesehatan mental terkait gaming dan dorongan bagi mahasiswa untuk mencari dukungan bila diperlukan.Rekomendasi meliputi peningkatan kesadaran tentang isu kesehatan mental terkait gaming dan dorongan bagi mahasiswa untuk mencari dukungan bila diperlukan.
UNYUNY Studi ini menguji pengaruh pandangan guru sekolah swasta tentang iklim sekolah terhadap persepsi keamanan kerja mereka. Penelitian menggunakan metode kuantitatifStudi ini menguji pengaruh pandangan guru sekolah swasta tentang iklim sekolah terhadap persepsi keamanan kerja mereka. Penelitian menggunakan metode kuantitatif
UNYUNY Dengan rancangan kuasi-eksperimen kuantitatif, penelitian memanfaatkan observasi dan survei sebagai teknik pengumpulan data, dengan daftar cek dan SkalaDengan rancangan kuasi-eksperimen kuantitatif, penelitian memanfaatkan observasi dan survei sebagai teknik pengumpulan data, dengan daftar cek dan Skala
UNYUNY Untuk memahami secara menyeluruh pendidikan Ethiopia, diperlukan pemahaman terhadap sejarahnya. Oleh karena itu, artikel ini menelaah pendidikan EthiopiaUntuk memahami secara menyeluruh pendidikan Ethiopia, diperlukan pemahaman terhadap sejarahnya. Oleh karena itu, artikel ini menelaah pendidikan Ethiopia
UNYUNY Pemahaman bacaan merupakan keterampilan penting yang harus dikuasai. Keterampilan ini membantu individu dalam memahami konteks dan pesan melalui membaca.Pemahaman bacaan merupakan keterampilan penting yang harus dikuasai. Keterampilan ini membantu individu dalam memahami konteks dan pesan melalui membaca.
Useful /
UNYUNY Dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas kualitatif di Universitas Pendidikan Indonesia, 48 mahasiswa dari latar budaya dan tingkat pendidikanDengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas kualitatif di Universitas Pendidikan Indonesia, 48 mahasiswa dari latar budaya dan tingkat pendidikan
UNYUNY Wawancara dengan beberapa guru dan siswa juga mendukung temuan ini. Wawancara mengungkapkan bahwa TaRL memfasilitasi guru dalam membagi dan mengatur kelompokWawancara dengan beberapa guru dan siswa juga mendukung temuan ini. Wawancara mengungkapkan bahwa TaRL memfasilitasi guru dalam membagi dan mengatur kelompok
UNYUNY Metode yang digunakan meliputi pulping, bleaching, dan pembuatan lembaran kertas, kemudian dibandingkan dengan kertas komersial. Hasilnya menunjukkan bahwaMetode yang digunakan meliputi pulping, bleaching, dan pembuatan lembaran kertas, kemudian dibandingkan dengan kertas komersial. Hasilnya menunjukkan bahwa
UNUSAUNUSA Serum sebaiknya disimpan pada suhu 4°C untuk mencegah kerusakan. Analis harus mempertimbangkan waktu penundaan maksimal dalam pemeriksaan untuk menjagaSerum sebaiknya disimpan pada suhu 4°C untuk mencegah kerusakan. Analis harus mempertimbangkan waktu penundaan maksimal dalam pemeriksaan untuk menjaga