STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG

JETL (Journal of Education, Teaching and Learning)JETL (Journal of Education, Teaching and Learning)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dan self-efficacy siswa. Metode yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain pretest-posttest control group design. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII di salah satu SMP Negeri di Kota Bandung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis dan self-efficacy siswa.

Model pembelajaran berbasis masalah efektif meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan self-efficacy siswa.Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran berbasis masalah lebih tinggi dibandingkan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional.

Bila model pembelajaran berbasis masalah sudah terbukti meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis, bagaimana jika peneliti selanjutnya menguji apakah model ini juga efektif untuk mata pelajaran IPA atau Bahasa Indonesia? Selain itu, apakah pengaruhnya akan tetap kuat jika dibandingkan dengan model blended learning yang memadukan daring dan luring? Terakhir, bagaimana jika penelitian difokuskan pada siswa berkebutuhan khusus; apakah model berbasis masalah tetap bisa meningkatkan self-efficacy mereka jika disertai modifikasi langkah-langkahnya?.

  1. DOI Name 10.1016 Values. name values index type timestamp data serv crossref email support namespace... doi.org/10.1016DOI Name 10 1016 Values name values index type timestamp data serv crossref email support namespace doi 10 1016
  1. #solving hots problem#solving hots problem
  2. #control group design#control group design
File size615.88 KB
Pages8
DMCAReportReport

ads-block-test