STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG
JETL (Journal of Education, Teaching and Learning)JETL (Journal of Education, Teaching and Learning)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dan self-efficacy siswa. Metode yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain pretest-posttest control group design. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII di salah satu SMP Negeri di Kota Bandung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis dan self-efficacy siswa.
Model pembelajaran berbasis masalah efektif meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan self-efficacy siswa.Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran berbasis masalah lebih tinggi dibandingkan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional.
Bila model pembelajaran berbasis masalah sudah terbukti meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis, bagaimana jika peneliti selanjutnya menguji apakah model ini juga efektif untuk mata pelajaran IPA atau Bahasa Indonesia? Selain itu, apakah pengaruhnya akan tetap kuat jika dibandingkan dengan model blended learning yang memadukan daring dan luring? Terakhir, bagaimana jika penelitian difokuskan pada siswa berkebutuhan khusus; apakah model berbasis masalah tetap bisa meningkatkan self-efficacy mereka jika disertai modifikasi langkah-langkahnya?.
| File size | 615.88 KB |
| Pages | 8 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
IPBIPB Penerapan model ini memberikan kontribusi positif terhadap proses pembelajaran yang lebih aktif dan kritis. Disarankan kepada guru untuk menerapkan modelPenerapan model ini memberikan kontribusi positif terhadap proses pembelajaran yang lebih aktif dan kritis. Disarankan kepada guru untuk menerapkan model
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Siswa dengan kecemasan rendah menunjukkan rasa percaya diri, konsentrasi, dan keberhasilan dalam seluruh tahapan, sementara siswa dengan kecemasan sedangSiswa dengan kecemasan rendah menunjukkan rasa percaya diri, konsentrasi, dan keberhasilan dalam seluruh tahapan, sementara siswa dengan kecemasan sedang
UNMUNM Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kompetensi perencanaan, kolaborasi, dan pengajaran karena PBL mendorong keterlibatan aktif, berpikir kritis, sertaHasil penelitian menunjukkan peningkatan kompetensi perencanaan, kolaborasi, dan pengajaran karena PBL mendorong keterlibatan aktif, berpikir kritis, serta
ETDCIETDCI Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar dan pelaksanaan pembelajaran matematika secara daring dan luring terbatas di SMP KridaPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar dan pelaksanaan pembelajaran matematika secara daring dan luring terbatas di SMP Krida
Useful /
IPBIPB Sosial media berdampak signifikan terhadap kesehatan mental remaja, khususnya saat penggunaan melebihi waktu rata-rata 5 jam per hari. Remaja dengan penggunaanSosial media berdampak signifikan terhadap kesehatan mental remaja, khususnya saat penggunaan melebihi waktu rata-rata 5 jam per hari. Remaja dengan penggunaan
ETDCIETDCI Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya motivasi belajar matematika siswa pada pembelajaran daring. Keterbatasan akses dan fasilitas yang kurang dimilikiPenelitian ini dilatarbelakangi kurangnya motivasi belajar matematika siswa pada pembelajaran daring. Keterbatasan akses dan fasilitas yang kurang dimiliki
ETDCIETDCI Dari penjabaran tersebut, dapat ditarik kesimpulan bahwa model grup investigasi secara teori belajar Vygotsky dapat meningkatkan penalaran matematika terutamaDari penjabaran tersebut, dapat ditarik kesimpulan bahwa model grup investigasi secara teori belajar Vygotsky dapat meningkatkan penalaran matematika terutama
UNILAUNILA Pemberian inokulum ektomikoriza pada dosis 10 ml (6,5 x 107) dan 20 ml (1,3 x 108) mampu meningkatkan pertumbuhan tanaman pada parameter pertambahan tinggi,Pemberian inokulum ektomikoriza pada dosis 10 ml (6,5 x 107) dan 20 ml (1,3 x 108) mampu meningkatkan pertumbuhan tanaman pada parameter pertambahan tinggi,