UNYUNY
Jurnal Cakrawala PendidikanJurnal Cakrawala PendidikanPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui . Jenis penelitian adalah eksperimen semu dengan desain pretest-posttest control group design. Populasi adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Banguntapan tahun ajaran 2022/2023, dengan sampel dua kelas yang dipilih secara cluster random sampling. Instrumen berupa tes kemampuan pemecahan masalah matematika yang telah divalidasi. Data dianalisis menggunakan uji-t untuk melihat perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kontrol. Hasil menunjukkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah secara signifikan meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dibandingkan pembelajaran konvensional. Selain itu, siswa juga menunjukkan sikap lebih positif terhadap matematika.
Model pembelajaran berbasis masalah efektif meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMA.Peningkatan ini ditandai dengan nilai post-test kelas eksperimen yang lebih tinggi secara signifikan.Siswa juga terlibat aktif dan menunjukkan respon positif selama proses pembelajaran.
Bisakah kita menguji apakah model pembelajaran berbasis masalah yang dipadukan dengan teknologi augmented reality bisa membuat siswa lebih mudah membayangkan soal geometri ruim? Bagaimana jika peneliti menggabungkan model ini dengan strategi kooperatif tipe think-pair-share untuk melihat apakah diskusi kelompok kecil bisa memperkuat kemampuan pemecahan masalah siswa yang berkemampuan rendah? Dan apakah mungkin untuk meneliti efek jangka panjang model ini dengan melacak pencapaian matematika siswa sampai mereka masuk kuliah agar kita tahu apakah kebiasaan berpikir kritis yang tertanam tetap bertahan?.
| File size | 1.04 MB |
| Pages | 10 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
RCSDEVELOPMENTRCSDEVELOPMENT Risiko penularan high-risk terutama terjadi di lingkungan tertutup seperti tempat penitipan anak dan sekolah. Gejala di antaranya mual, muntah, demam,Risiko penularan high-risk terutama terjadi di lingkungan tertutup seperti tempat penitipan anak dan sekolah. Gejala di antaranya mual, muntah, demam,
RESEARCHSYNERGYPRESSRESEARCHSYNERGYPRESS Siswa merespons cukup baik terhadap setiap pernyataan dalam kuesioner. Berdasarkan hasil ini, dapat disimpulkan bahwa siswa di tiga wilayah tersebut baikSiswa merespons cukup baik terhadap setiap pernyataan dalam kuesioner. Berdasarkan hasil ini, dapat disimpulkan bahwa siswa di tiga wilayah tersebut baik
GOMITGOMIT Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memperkenalkan dan memberikan pemahaman mengenai fisika, khususnya sistem kuantum, termasuk potensialKegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memperkenalkan dan memberikan pemahaman mengenai fisika, khususnya sistem kuantum, termasuk potensial
YASIN ALSYSYASIN ALSYS Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa terhadap penggunaan humor dalam pembelajaran Bahasa Inggris serta mengidentifikasi perbedaan persepsiPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa terhadap penggunaan humor dalam pembelajaran Bahasa Inggris serta mengidentifikasi perbedaan persepsi
Useful /
UINUIN Oleh karena itu, perlu segera dibentuk undang-undang khusus yang mengatur asuransi syariah di Indonesia, karena asuransi konvensional dan syariah padaOleh karena itu, perlu segera dibentuk undang-undang khusus yang mengatur asuransi syariah di Indonesia, karena asuransi konvensional dan syariah pada
UNYUNY Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran IPA model 5E di SMP Negeri 2 Kopang. Penelitian ini merupakan penelitian pengembanganPenelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran IPA model 5E di SMP Negeri 2 Kopang. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan
UNYUNY Data dianalisis melalui perpaduan deskriptif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) bahan ajar struktur aljabar yang telah disusunData dianalisis melalui perpaduan deskriptif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) bahan ajar struktur aljabar yang telah disusun
UNYUNY Data dikumpulkan melalui tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan skala self-regulated learning, kemudian dianalisis dengan uji-t dan uji MANOVA.Data dikumpulkan melalui tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan skala self-regulated learning, kemudian dianalisis dengan uji-t dan uji MANOVA.