UNYUNY
Jurnal Cakrawala PendidikanJurnal Cakrawala PendidikanPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui . Jenis penelitian adalah eksperimen semu dengan desain pretest-posttest control group design. Populasi adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Banguntapan tahun ajaran 2022/2023, dengan sampel dua kelas yang dipilih secara cluster random sampling. Instrumen berupa tes kemampuan pemecahan masalah matematika yang telah divalidasi. Data dianalisis menggunakan uji-t untuk melihat perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kontrol. Hasil menunjukkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah secara signifikan meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dibandingkan pembelajaran konvensional. Selain itu, siswa juga menunjukkan sikap lebih positif terhadap matematika.
Model pembelajaran berbasis masalah efektif meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMA.Peningkatan ini ditandai dengan nilai post-test kelas eksperimen yang lebih tinggi secara signifikan.Siswa juga terlibat aktif dan menunjukkan respon positif selama proses pembelajaran.
Bisakah kita menguji apakah model pembelajaran berbasis masalah yang dipadukan dengan teknologi augmented reality bisa membuat siswa lebih mudah membayangkan soal geometri ruim? Bagaimana jika peneliti menggabungkan model ini dengan strategi kooperatif tipe think-pair-share untuk melihat apakah diskusi kelompok kecil bisa memperkuat kemampuan pemecahan masalah siswa yang berkemampuan rendah? Dan apakah mungkin untuk meneliti efek jangka panjang model ini dengan melacak pencapaian matematika siswa sampai mereka masuk kuliah agar kita tahu apakah kebiasaan berpikir kritis yang tertanam tetap bertahan?.
| File size | 1.04 MB |
| Pages | 10 |
| Short Link | https://juris.id/p-53 |
| DMCA | Report |
Related /
UNYUNY Di Vietnam, terutama di Hanoi, bunyi-bunyi seperti /ʧ/dan /(cid. 3)/sering disederhanakan menjadi /ć/dan /z/karena tidak ada dalam sistem fonem bahasaDi Vietnam, terutama di Hanoi, bunyi-bunyi seperti /ʧ/dan /(cid. 3)/sering disederhanakan menjadi /ć/dan /z/karena tidak ada dalam sistem fonem bahasa
UNYUNY Penelitian ini menyelidiki apakah kemampuan asosiasi anak serta keterlibatan mereka dengan media literat, mainan, permainan, dan aktivitas memengaruhiPenelitian ini menyelidiki apakah kemampuan asosiasi anak serta keterlibatan mereka dengan media literat, mainan, permainan, dan aktivitas memengaruhi
UNYUNY Penelitian mengindikasikan bahwa bermain secara moderat dapat meningkatkan integrasi sosial, sementara bermain secara berlebihan berkorelasi dengan meningkatnyaPenelitian mengindikasikan bahwa bermain secara moderat dapat meningkatkan integrasi sosial, sementara bermain secara berlebihan berkorelasi dengan meningkatnya
UNDIKSHAUNDIKSHA Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan dukungan sosial terhadap beban belajar, kecerdasan emosional, kejenuhan belajar, dan prestasi belajarPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan dukungan sosial terhadap beban belajar, kecerdasan emosional, kejenuhan belajar, dan prestasi belajar
UNYUNY Kulit pisang dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku kertas yang ramah lingkungan. Kertas yang dihasilkan memenuhi standar kualitas kertas tulis. PemanfaatanKulit pisang dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku kertas yang ramah lingkungan. Kertas yang dihasilkan memenuhi standar kualitas kertas tulis. Pemanfaatan
UNYUNY perlu dipadukan dengan model pembelajaran yang aktif, seperti pembelajaran penemuan yang dipandu. Untuk mencapai hasil optimal, pembelajaran harus melibatkanperlu dipadukan dengan model pembelajaran yang aktif, seperti pembelajaran penemuan yang dipandu. Untuk mencapai hasil optimal, pembelajaran harus melibatkan
UNYUNY Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis tergolong sedang, sedangkan peningkatan self-regulated learning tergolong tinggi. Oleh karena itu, modelPeningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis tergolong sedang, sedangkan peningkatan self-regulated learning tergolong tinggi. Oleh karena itu, model
UNYUNY Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa hasil validasi ahli dan guru menunjukkan semua perangkat pembelajaran yang dirancangBerdasarkan hasil analisis data dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa hasil validasi ahli dan guru menunjukkan semua perangkat pembelajaran yang dirancang
Useful /
UNYUNY Pendekatan campuran (mixed‑methods) digunakan, menggabungkan data kuantitatif dan kualitatif untuk menilai efektivitas strategi KWL. Pra‑tes dan pasca‑tesPendekatan campuran (mixed‑methods) digunakan, menggabungkan data kuantitatif dan kualitatif untuk menilai efektivitas strategi KWL. Pra‑tes dan pasca‑tes
UNYUNY Analisis post-test juga menyingkap tingkat retensi dan pemahaman yang lebih mendalam pada mahasiswa pengguna organizer grafis. Temuan ini menegaskan pentingnyaAnalisis post-test juga menyingkap tingkat retensi dan pemahaman yang lebih mendalam pada mahasiswa pengguna organizer grafis. Temuan ini menegaskan pentingnya
UNUSAUNUSA Penelitian ini bertujuan untuk menilai perubahan D‑Dimer, PT, dan APTT setelah pemberian heparin intravena pada pasien COVID‑19 yang memerlukan unitPenelitian ini bertujuan untuk menilai perubahan D‑Dimer, PT, dan APTT setelah pemberian heparin intravena pada pasien COVID‑19 yang memerlukan unit
UNUSAUNUSA Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan kuesioner kepada 400 remaja usia 13-18 tahun, hasilnya menunjukkan bahwa durasi akses >3 jam/hari dan kecenderunganMenggunakan pendekatan kuantitatif dengan kuesioner kepada 400 remaja usia 13-18 tahun, hasilnya menunjukkan bahwa durasi akses >3 jam/hari dan kecenderungan