UPIUPI
Indonesian Journal of Science and TechnologyIndonesian Journal of Science and TechnologyPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar IPA siswa SMP. Rancangan penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain pretest-posttest control group design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sumber tahun ajaran 2022/2023, dengan sampel terdiri dari dua kelas yang dipilih secara purposive sampling. Data kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar IPA dikumpulkan melalui tes berpikir kritis dan tes hasil belajar IPA. Data dianalisis menggunakan uji-t untuk mengetahui perbedaan antara kelas eksperimen dan kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar IPA siswa. Siswa yang mengikuti pembelajaran berbasis masalah memiliki rata-rata kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar IPA yang lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional.
Model pembelajaran berbasis masalah memberikan pengaruh positif terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar IPA siswa SMP.Siswa yang belajar dengan model ini menunjukkan peningkatan yang signifikan dibandingkan dengan pembelajaran konvensional.Disarankan agar guru mempertimbangkan penggunaan model ini untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan penguasaan materi IPA.
Bisakah kita menguji apakah gabungan pembelajaran berbasis masalah dengan alat peraga sederhana akan lebih meningkatkan berpikir kritis siswa pada materi IPA yang abstrak? Bagaimana jika kita bandingkan keefektifan model ini antara siswa yang memiliki minat ilmiah tinggi dan rendah agar diketahui untuk siapa intervensi ini paling cocok? Selain itu, apakah pengaruh positif terhadap hasil belajar IPA tetap kuat jika penelitian dilakukan dalam jangka panjang, misalnya satu semester penuh, untuk melihat keberlanjutan dampaknya?.
| File size | 1.6 MB |
| Pages | 10 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
RCSDEVELOPMENTRCSDEVELOPMENT Dalam hal ini kegiatan AjarMI dilakukan di SMP Negeri 5 Makassar, Sulawesi Selatan. Kegiatan ini memberikan tanggungjawab kepada mahasiswa untuk membantuDalam hal ini kegiatan AjarMI dilakukan di SMP Negeri 5 Makassar, Sulawesi Selatan. Kegiatan ini memberikan tanggungjawab kepada mahasiswa untuk membantu
IPBIPB Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain pretest-posttest control group design. Sampel penelitian terdiri dari 60 siswa kelasMetode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain pretest-posttest control group design. Sampel penelitian terdiri dari 60 siswa kelas
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Hasil penelitian menunjukkan bahwa 68,2% siswa mengalami kecemasan sedang, 18,2% rendah, dan 13,6% tinggi; kecemasan disebabkan oleh kesulitan memahamiHasil penelitian menunjukkan bahwa 68,2% siswa mengalami kecemasan sedang, 18,2% rendah, dan 13,6% tinggi; kecemasan disebabkan oleh kesulitan memahami
UNDIKSHAUNDIKSHA Metode kuasi eksperimen digunakan dengan desain pretest-posttest control group melibatkan 60 siswa kelas V di dua SDN Kota Bandung. Data dikumpulkan melaluiMetode kuasi eksperimen digunakan dengan desain pretest-posttest control group melibatkan 60 siswa kelas V di dua SDN Kota Bandung. Data dikumpulkan melalui
Useful /
IPBIPB Penelitian ini juga mengidentifikasi faktor mitigasi seperti kebiasaan digital yang sehat sebagai upaya mengurangi dampak negatif. Temuan ini memberikanPenelitian ini juga mengidentifikasi faktor mitigasi seperti kebiasaan digital yang sehat sebagai upaya mengurangi dampak negatif. Temuan ini memberikan
IPBIPB Penurunan sawah dan peningkatan lahan pertanian kering serta hunian menggambarkan transisi luas yang didorong oleh urbanisasi dan perubahan prioritas pertanian,Penurunan sawah dan peningkatan lahan pertanian kering serta hunian menggambarkan transisi luas yang didorong oleh urbanisasi dan perubahan prioritas pertanian,
UNILAUNILA Pemberian inokulum ektomikoriza pada dosis 10 ml (6,5 x 107) dan 20 ml (1,3 x 108) mampu meningkatkan pertumbuhan tanaman pada parameter pertambahan tinggi,Pemberian inokulum ektomikoriza pada dosis 10 ml (6,5 x 107) dan 20 ml (1,3 x 108) mampu meningkatkan pertumbuhan tanaman pada parameter pertambahan tinggi,
UNILAUNILA Inokulasi Rhizobium mampu memacu pertambahan tinggi, pertambahan diameter, pembentukan bintil efektif, dan meningkatkan berat kering semai sengon laut.Inokulasi Rhizobium mampu memacu pertambahan tinggi, pertambahan diameter, pembentukan bintil efektif, dan meningkatkan berat kering semai sengon laut.