APTKLHIAPTKLHI

Indonesian Journal of Forestry ResearchIndonesian Journal of Forestry Research

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui . Metode yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain pretest-posttest control group design. Sampel penelitian terdiri atas 64 siswa kelas XI IPA yang berasal dari dua kelas di salah satu SMA Negeri di Kota Tasikmalaya. Data kemampuan berpikir kritis diperoleh melalui tes essay yang telah divalidasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa yang signifikan pada kelas yang diberi perlakuan model pembelajaran berbasis masalah dibandingkan kelas kontrol. Peningkatan tersebut ditunjukkan oleh nilai n-gain kelas eksperimen sebesar 0,71 (kategori tinggi) sedangkan kelas kontrol sebesar 0,44 (kategori sedang). Berdasarkan hasil uji statistik dengan menggunakan uji-t diperoleh nilai signifikansi 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa.

Model pembelajaran berbasis masalah secara signifikan meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMA pada mata pelajaran biologi.Peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa pada kelas eksperimen tergolong dalam kategori tinggi.Oleh karena itu, model ini dapat dijadikan sebagai alternatif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.

Bisakah kita menguji apakah model pembelajaran berbasis masalah yang dipadukan dengan strategi flipped classroom akan menghasilkan peningkatan berpikir kritis yang lebih optimal dibandingkan penggunaan model berbasis masalah saja? Bagaimana jika kita bandingkan efektivitas model berbasis masalah pada materi biologi yang bersifat abstrak seperti fotosintesis dengan materi yang lebih konkret seperti sistem pernapasan manusia? Apakah model ini tetap efektif jika diterapkan di sekolah dengan akses internet terbatas dan guru yang belum terlatih secara maksimal, serta bagaimana bentuk pendampingan yang paling efektif untuk memastikan keberhasilannya?.

  1. SUSTAINABLE ECOTOURISM IMPLEMENTATION STRATEGY USING MULTIDIMENSIONAL SCALING ON THREE DESTINATIONS IN... doi.org/10.59465/ijfr.2025.12.1.115-134SUSTAINABLE ECOTOURISM IMPLEMENTATION STRATEGY USING MULTIDIMENSIONAL SCALING ON THREE DESTINATIONS IN doi 10 59465 ijfr 2025 12 1 115 134
  2. Sustainable Pangasius Aquaculture Management Strategy using Multidimensional Scaling (MDS) and Analytical... doi.org/10.20473/jipk.v16i1.49377Sustainable Pangasius Aquaculture Management Strategy using Multidimensional Scaling MDS and Analytical doi 10 20473 jipk v16i1 49377
  3. . endobj extgstate font procset text imageb imagec imagei annots mediabox contents group tabs zfol goto9... doi.org/10.48088/ejg.r.jov.13.3.019.041endobj extgstate font procset text imageb imagec imagei annots mediabox contents group tabs zfol goto9 doi 10 48088 ejg r jov 13 3 019 041
File size2.21 MB
Pages20
DMCAReportReport

ads-block-test