IPBIPB

Jurnal Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Lingkungan (Journal of Natural Resources and Environmental Management)Jurnal Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Lingkungan (Journal of Natural Resources and Environmental Management)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMA pada materi suhu dan kalor. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain pretest-posttest control group design. Sampel penelitian terdiri dari 60 siswa kelas X SMA yang dibagi menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol. Data kemampuan berpikir kritis diukur menggunakan tes essay yang telah divalidasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa yang signifikan pada kelas eksperimen setelah diterapkan model pembelajaran berbasis masalah. Peningkatan ini dibuktikan dengan nilai N-gain kelas eksperimen sebesar 0,72 yang termasuk dalam kategori tinggi, sedangkan kelas kontrol hanya mencapai 0,43 dengan kategori sedang. Berdasarkan hasil uji-t diperoleh nilai thitung sebesar 5,23 dengan nilai signifikansi 0,00 yang menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan berpikir kritis siswa yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dengan yang tidak menggunakan model tersebut.

Model pembelajaran berbasis masalah secara signifikan meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMA pada materi suhu dan kalor.Penerapan model ini memberikan kontribusi positif terhadap proses pembelajaran yang lebih aktif dan kritis.Disarankan kepada guru untuk menerapkan model pembelajaran berbasis masalah sebagai alternatif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.

Bisakah kita coba bandingkan, apakah model pembelajaran berbasis masalah ini juga manjur untuk topik lain seperti listrik atau gaya? Bagaimana kalau kita selidiki, apakah pendekatan ini tetap efektif bila dilakukan secara daring dengan video proyek yang dibuat siswa sendiri? Dan, apakah bedanya hasilnya jika kita gabungkan model ini dengan teknik mind mapping—apakah kemampuan berpikir kritisnya bisa naik lebih tinggi lagi?.

  1. Waste Reduction Strategy in Upstream Through Community Participation and Modernisation of Waste Bank... doi.org/10.54783/ijsoc.v4i2.477Waste Reduction Strategy in Upstream Through Community Participation and Modernisation of Waste Bank doi 10 54783 ijsoc v4i2 477
  2. Comparing Greenhouse Gas Emissions from Municipal Solid Waste Management Scenarios: A case of Palembang,... doi.org/10.22135/sje.2023.8.1.42-47Comparing Greenhouse Gas Emissions from Municipal Solid Waste Management Scenarios A case of Palembang doi 10 22135 sje 2023 8 1 42 47
  3. Optimizing Waste Management for Circular Economy and Low-Carbon Development: A Case Study of Depok City,... doi.org/10.29244/jpsl.15.5.833Optimizing Waste Management for Circular Economy and Low Carbon Development A Case Study of Depok City doi 10 29244 jpsl 15 5 833
  1. #kemampuan berpikir kritis#kemampuan berpikir kritis
  2. #siswa kelas x#siswa kelas x
File size642.14 KB
Pages11
DMCAReportReport

ads-block-test