UPIUPI

Indonesian Journal of Science and TechnologyIndonesian Journal of Science and Technology

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMA pada mata pelajaran biologi. Menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain pretest-posttest control group design, sampel berjumlah 60 siswa kelas XI MIA di SMA Negeri 1 Kota Baru yang dibagi menjadi kelas eksperimen dan kontrol. Data kemampuan berpikir kritis dikumpulkan melalui tes esai dan dianalisis dengan uji-t. Hasil menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan model pembelajaran berbasis proyek terhadap kemampuan berpikir kritis siswa (t_hitung = 8,92; p < 0,05). Peningkatan kemampuan berpikir kritis pada kelas eksperimen mencapai 42%, sementara kelas kontrol hanya 15%. Disarankan agar guru mempertimbangkan penggunaan model pembelajaran berbasis proyek untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.

Model pembelajaran berbasis proyek secara signifikan meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMA pada mata pelajaran biologi.Peningkatan kemampuan berpikir kritis pada kelas yang menerapkan model ini jauh lebih tinggi dibandingkan kelas konvensional.Oleh karena itu, model pembelajaran berbasis proyek dapat menjadi alternatif efektif untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa.

Bisakah kita menguji apakah kombinasi model pembelajaran berbasis proyek dengan pendekatan flipped classroom akan menghasilkan peningkatan berpikir kritis yang lebih optimal dibandingkan penggunaan model berbasis proyek saja? Bagaimana jika penelitian berikutnya mengeksplorasi pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap kemampuan berpikir kritis pada materi biologi yang lebih kompleks seperti genetika atau ekosistem, serta mengaitkannya dengan minemero keterampilan abad 21 lainnya seperti kolaborasi dan komunikasi? Selain itu, apakah mungkin untuk mengembangkan prototipe model pembelajaran berbasis proyek yang terintegrasi dengan teknologi augmented reality untuk melihat sejauh mana teknologi ini dapat memperkuat efektivitas model dalam mengasah berpikir kritis siswa?.

File size2.77 MB
Pages9
DMCAReportReport

ads-block-test