UNYUNY

Jurnal Cakrawala PendidikanJurnal Cakrawala Pendidikan

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor penentu komitmen organisasi kepala SMK di Kota Medan, dan menentukan model teoretik yang dapat menggambarkan hubung- an kausalistik antarvariabel laten yang menentukan komitmen organisasi kepala sekolah. Populasi penelitian sebanyak 152 orang dan sampel 110 yang diambil dengan teknik proportional random sampling. Data komitmen organisasi, budaya organisasi, kepemimpinan, komunikasi interpersonal, dan kepuasan kerja dijaring dengan menggunakan kuesioner model skala Likert. Uji persyaratan analisis mencakup uji normalitas data dan uji linieritas regresi, sedangkan untuk menguji hipotesis penelitian digunakan path analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesepuluh hipotesis yang diajukan berpengaruh langsung terhadap hal-hal terkait yang dikaji. Berdasarkan penerimaan kese- puluh hipotesis penelitian, ditemukan ssuuaattuu model teoretik yang menggambarkan struktur hubung- an kausal antara variabel budaya organisasi, kepemimpinan, komunikasi interpersonal, kepuasan kerja, dan komitmen organisasi kepala SMK.

Budaya organisasi secara langsung berpengaruh positif terhadap kepemimpinan, komunikasi interpersonal, kepuasan kerja, dan komitmen organisasi kepala SMK di Kota Medan.Kepemimpinan dan komunikasi interpersonal juga masing‑masing memengaruhi secara positif kepuasan kerja serta komitmen organisasi.Selain itu, kepuasan kerja memberikan kontribusi langsung terhadap peningkatan komitmen organisasi kepala SMK.

Penelitian selanjutnya dapat mengeksplorasi bagaimana transformasi digital memengaruhi hubungan antara budaya organisasi dan komitmen kepala SMK, sehingga dapat mengidentifikasi peran teknologi informasi dalam memperkuat atau mengubah dinamika tersebut serta menilai apakah penggunaan platform digital meningkatkan persepsi budaya positif. Selanjutnya, penting untuk menyelidiki peran mediasi dan moderasi keterlibatan guru dalam pengaruh kepemimpinan terhadap komitmen organisasi, dengan menguji sejauh mana partisipasi aktif guru dapat memperkuat efek kepemimpinan dan apakah komunikasi yang lebih intensif antara pimpinan dan guru menghasilkan tingkat komitmen yang lebih tinggi. Terakhir, sebuah studi perbandingan antara SMK negeri dan swasta mengenai faktor‑faktor penentu komitmen organisasi dapat memperluas pemahaman tentang perbedaan kontekstual, mengungkap variabel tambahan yang relevan pada masing‑masing tipe institusi, dan memberikan rekomendasi kebijakan yang lebih tepat untuk meningkatkan komitmen kepala sekolah kejuruan di kedua sektor. Dengan menjawab tiga pertanyaan penelitian tersebut, diharapkan dapat memperkaya literatur manajemen pendidikan, memberikan panduan praktis bagi pemangku kepentingan, serta membantu perumusan program peningkatan profesionalisme kepala SMK yang lebih efektif.

File size331.93 KB
Pages11
DMCAReportReport

ads-block-test