UNYUNY

Jurnal Cakrawala PendidikanJurnal Cakrawala Pendidikan

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui perbedaan pengaruh metode pembelajaran simulasi dengan latihan terhadap penerapan pengisian partograf pada mahasiswa DIII Kebidanan. Rancangan penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain randomized pretest posttest comparison group design dan metode analisis data yang digunakan adalah uji Wilcoxon pada kelompok pretes-postes masing-masing kelompok dan uji beda menggunakan uji U Mann-Whitney. Sampel dalam penelitian adalah seluruh mahasiswa semester III Akbid Estu Utomo Boyolali sejumlah 90 orang, yang dibagi dalam kelompok ekperimen (metode simulasi) sejumlah 45 orang dan pada kelompok kontrol (latihan) sebanyak 45 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan antara kelompok latihan (drill) dan kelompok simulasi dengan nilai z:-3,413 dan p value:0,001 (α= 0.05), dimana kelompok simulasi lebih berpengaruh daripada kelompok latihan (drill).

Penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat perbedaan pengaruh signifikan antara kelompok latihan (drill) dan kelompok simulasi, dengan kelompok simulasi menunjukkan pengaruh yang lebih besar terhadap penerapan pengisian partograf.Hal ini dibuktikan dengan nilai z sebesar -3,413 dan nilai p sebesar 0,001 (α= 0.Oleh karena itu, metode simulasi lebih efektif dibandingkan metode latihan (drill) dalam meningkatkan kemampuan mahasiswa DIII Kebidanan dalam pengisian partograf.

Penelitian selanjutnya dapat menggali lebih dalam efektivitas kombinasi metode simulasi dan latihan (drill) dalam pembelajaran partograf, dengan mempertimbangkan faktor-faktor seperti tingkat pengalaman mahasiswa dan kompleksitas kasus persalinan. Selain itu, perlu diteliti bagaimana integrasi teknologi, seperti aplikasi simulasi virtual, dapat meningkatkan keterampilan pengisian partograf dan retensi pengetahuan jangka panjang. Studi komparatif juga dapat dilakukan untuk membandingkan efektivitas metode simulasi dengan metode pembelajaran aktif lainnya, seperti studi kasus atau diskusi kelompok, dalam mengembangkan kompetensi pengisian partograf pada mahasiswa kebidanan. Terakhir, penelitian dapat mengeksplorasi dampak pelatihan pengisian partograf menggunakan metode simulasi terhadap kualitas asuhan persalinan dan luaran maternal-neonatal di lingkungan klinis yang sebenarnya.

File size110.44 KB
Pages7
DMCAReportReport

ads-block-test