UNYUNY
Jurnal Cakrawala PendidikanJurnal Cakrawala PendidikanTujuan penelitian ini adalah mengetahui perbedaan pengaruh metode pembelajaran simulasi dengan latihan terhadap penerapan pengisian partograf pada mahasiswa DIII Kebidanan. Rancangan penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain randomized pretest posttest comparison group design dan metode analisis data yang digunakan adalah uji Wilcoxon pada kelompok pretes-postes masing-masing kelompok dan uji beda menggunakan uji U Mann-Whitney. Sampel dalam penelitian adalah seluruh mahasiswa semester III Akbid Estu Utomo Boyolali sejumlah 90 orang, yang dibagi dalam kelompok ekperimen (metode simulasi) sejumlah 45 orang dan pada kelompok kontrol (latihan) sebanyak 45 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan antara kelompok latihan (drill) dan kelompok simulasi dengan nilai z:-3,413 dan p value:0,001 (α= 0.05), dimana kelompok simulasi lebih berpengaruh daripada kelompok latihan (drill).
Penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat perbedaan pengaruh signifikan antara kelompok latihan (drill) dan kelompok simulasi, dengan kelompok simulasi menunjukkan pengaruh yang lebih besar terhadap penerapan pengisian partograf.Hal ini dibuktikan dengan nilai z sebesar -3,413 dan nilai p sebesar 0,001 (α= 0.Oleh karena itu, metode simulasi lebih efektif dibandingkan metode latihan (drill) dalam meningkatkan kemampuan mahasiswa DIII Kebidanan dalam pengisian partograf.
Penelitian selanjutnya dapat menggali lebih dalam efektivitas kombinasi metode simulasi dan latihan (drill) dalam pembelajaran partograf, dengan mempertimbangkan faktor-faktor seperti tingkat pengalaman mahasiswa dan kompleksitas kasus persalinan. Selain itu, perlu diteliti bagaimana integrasi teknologi, seperti aplikasi simulasi virtual, dapat meningkatkan keterampilan pengisian partograf dan retensi pengetahuan jangka panjang. Studi komparatif juga dapat dilakukan untuk membandingkan efektivitas metode simulasi dengan metode pembelajaran aktif lainnya, seperti studi kasus atau diskusi kelompok, dalam mengembangkan kompetensi pengisian partograf pada mahasiswa kebidanan. Terakhir, penelitian dapat mengeksplorasi dampak pelatihan pengisian partograf menggunakan metode simulasi terhadap kualitas asuhan persalinan dan luaran maternal-neonatal di lingkungan klinis yang sebenarnya.
| File size | 110.44 KB |
| Pages | 7 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
UNYUNY Penentuan lukisan berdasarkan selektif verifikatif sesuai keunikan dan originalitas. Analisis menggunakan model hermeneutika untuk menafsir dan menemukanPenentuan lukisan berdasarkan selektif verifikatif sesuai keunikan dan originalitas. Analisis menggunakan model hermeneutika untuk menafsir dan menemukan
UNYUNY Tahapan pengelolaan pembelajaran pendidikan jasmani meliputi pra pembelajaran, membuka pelajaran, mengelola inti, mendemonstrasikan keterampilan khusus,Tahapan pengelolaan pembelajaran pendidikan jasmani meliputi pra pembelajaran, membuka pelajaran, mengelola inti, mendemonstrasikan keterampilan khusus,
UNYUNY Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran teknik draping berbantuan video (MPTDBV) di perguruan tinggi dan perangkatnya.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran teknik draping berbantuan video (MPTDBV) di perguruan tinggi dan perangkatnya.
UNYUNY Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap apakah terdapat perbedaan signifikan dalam kemampuan berpikir logis mahasiswa calon guru dan model mentalTujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap apakah terdapat perbedaan signifikan dalam kemampuan berpikir logis mahasiswa calon guru dan model mental
Useful /
UMMUMM Kerja sama ini adil dan bermanfaat, sesuai dengan prinsip-prinsip dasar filsafat dan etika politik. Penelitian ini menyajikan analisis ilmiah tentang perlindunganKerja sama ini adil dan bermanfaat, sesuai dengan prinsip-prinsip dasar filsafat dan etika politik. Penelitian ini menyajikan analisis ilmiah tentang perlindungan
UNYUNY Tabel Krecjie digunakan sebagai pedoman untuk memilih sampel, yakni 69 orang guru (85,19% populasi). Data variabel kepemimpinan transformasional kepalaTabel Krecjie digunakan sebagai pedoman untuk memilih sampel, yakni 69 orang guru (85,19% populasi). Data variabel kepemimpinan transformasional kepala
UNYUNY Penelitian ini dilakukan di PKK Kecamatan Bandar Kedungmulyo Jombang. Berdasarkan Focus Group Discussion yang melibatkan Camat, penggerak PKK di tingkatPenelitian ini dilakukan di PKK Kecamatan Bandar Kedungmulyo Jombang. Berdasarkan Focus Group Discussion yang melibatkan Camat, penggerak PKK di tingkat
UNYUNY Model pembelajaran multikultural mengajak siswa menghargai berbagai perbedaan dan membangun kohesivitas sosial di Indonesia yang beragam. Di SMA Sang Timur,Model pembelajaran multikultural mengajak siswa menghargai berbagai perbedaan dan membangun kohesivitas sosial di Indonesia yang beragam. Di SMA Sang Timur,