UNYUNY
Jurnal Cakrawala PendidikanJurnal Cakrawala PendidikanTahap anak usia dini merupakan fase yang memegang perkembangan dasar penting secara holistik, meliputi domain afektif, psikomotor, dan khususnya kognitif. Perkembangan ini dapat dicapai secara efektif melalui proses pembelajaran yang tepat di taman kanak-kanak. Penelitian ini bertujuan mengungkap pendekatan pembelajaran yang relevan menggunakan permainan gerak dan suara untuk meningkatkan perkembangan kognitif anak usia dini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) menurut Borg dan Gall, dengan melibatkan 124 anak usia dini dan guru taman kanak-kanak di Kota Cimahi, Indonesia, yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan meliputi kuesioner, catatan observasi, wawancara, dan desk evaluation (penilaian ahli dan praktisi). Data dihitung secara deskriptif melalui uji t dengan tingkat signifikansi p<0,000 untuk mengungkap model pembelajaran dalam meningkatkan kognisi anak melalui gerak dan suara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model berbasis permainan gerak dan suara terdiri atas perencanaan desain, proses pembelajaran, dan evaluasi yang dapat diimplementasikan dengan baik dan dikategorikan sebagai model yang mampu mengembangkan kognisi anak usia dini, namun masih perlu inovasi dan kreativitas lanjutan dalam langkah pembelajaran yang lebih terjangkau bagi anak. Penelitian terkait topik ini diharapkan dapat mengaitkan potensi dasar dan optimalisasi keterampilan sosial. Selain itu, penelitian ini diharapkan memberikan kontribusi pada pengembangan pembelajaran di Indonesia.
Model pembelajaran berbasis permainan gerak dan suara terbukti efektif dalam mengembangkan kognisi anak usia dini dengan kerangka yang mencakup perancangan, pelaksanaan proses pembelajaran (eksplorasi lingkungan, eksplorasi terarah, eksplorasi mandiri, dan eksplorasi umpan balik), serta evaluasi hasil.Meskipun terbukti signifikan, model ini belum sempurna sehingga diperlukan penelitian lanjutan untuk mengkaji dan mengembangkan model alternatif yang lebih sesuai dan relevan dengan karakteristik anak usia dini.Penelitian selanjutnya diharapkan dapat mengeksplorasi teori dan model pembelajaran lain guna mengoptimalkan potensi dasar serta keterampilan sosial anak.
Penelitian selanjutnya dapat diarahkan untuk mengkaji integrasi model permainan gerak dan suara (Gesuk) dalam mengembangkan keterampilan sosial pada anak usia dini, misalnya dengan merancang eksperimen yang menilai dampak variasi interaksi kelompok dan unsur kolaborasi dalam permainan terhadap kemampuan empati, komunikasi, dan regulasi emosi anak. Selain itu, perlu diteliti adaptasi model Gesuk menggunakan media pembelajaran yang lebih terjangkau dan mudah diperoleh, seperti peralatan sederhana dari bahan daur ulang atau benda di lingkungan, untuk melihat apakah kualitas peningkatan kognitif dan motivasi belajar anak tetap optimal meski tanpa media khusus. Terakhir, penelitian lanjutan dapat mengeksplorasi hubungan antarmodalitas perkembangan dasar—terutama motorik kasar dan halus—dengan aspek kognitif dalam kerangka model Gesuk, misalnya dengan membandingkan pengaruh tingkat kesulitan gerak pada kemampuan berpikir kritis, kreativitas, dan pemecahan masalah anak usia dini.
| File size | 361.39 KB |
| Pages | 14 |
| Short Link | https://juris.id/p-6v |
| DMCA | Report |
Related /
UNYUNY Saran untuk mengatasi kesulitan ini mencakup: instruksi cermat tentang cara melafalkan bunyi-bunyi tersebut, analisis komparatif dan kontrasif terhadapSaran untuk mengatasi kesulitan ini mencakup: instruksi cermat tentang cara melafalkan bunyi-bunyi tersebut, analisis komparatif dan kontrasif terhadap
UNYUNY ketiga, terdapat interaksi signifikan antara jenis media dan kemampuan asosiasi, di mana anak dengan kemampuan asosiasi tinggi yang bermain dengan mediaketiga, terdapat interaksi signifikan antara jenis media dan kemampuan asosiasi, di mana anak dengan kemampuan asosiasi tinggi yang bermain dengan media
UNYUNY Permainan daring semakin populer di kalangan remaja maupun orang dewasa. Studi ini bertujuan untuk menilai dampak permainan daring terhadap kesejahteraanPermainan daring semakin populer di kalangan remaja maupun orang dewasa. Studi ini bertujuan untuk menilai dampak permainan daring terhadap kesejahteraan
ITBITB Dalam penelitian ini, studi terhadap parameter neutronik (1) panjang siklus, (2) koefisien umpan balik reaktivitas, dan (3) ketahanan proliferasi reaktorDalam penelitian ini, studi terhadap parameter neutronik (1) panjang siklus, (2) koefisien umpan balik reaktivitas, dan (3) ketahanan proliferasi reaktor
UNYUNY 416 siswa non-madrasah. Data dianalisis menggunakan pemodelan persamaan struktural tingkat ganda (SEM). Hasil menunjukkan bahwa (a) terdapat kesenjangan416 siswa non-madrasah. Data dianalisis menggunakan pemodelan persamaan struktural tingkat ganda (SEM). Hasil menunjukkan bahwa (a) terdapat kesenjangan
UNSUNS Prinsip pengaturan non-alutsista tunduk pada Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2004 tentang Tentara Nasional Indonesia, khususnya asas supremasi sipil, yangPrinsip pengaturan non-alutsista tunduk pada Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2004 tentang Tentara Nasional Indonesia, khususnya asas supremasi sipil, yang
UNHASUNHAS Artikel ini mengidentifikasi kemungkinan konflik antara praktik penambangan ruang angkasa yang sedang berlangsung dan kepentingan negara berkembang. PerhatianArtikel ini mengidentifikasi kemungkinan konflik antara praktik penambangan ruang angkasa yang sedang berlangsung dan kepentingan negara berkembang. Perhatian
UPIUPI Dalam artikel ini, kami membahas versi ketiga dari ruang Weak Orlicz–Morrey, yang merupakan perluasan dari versi ketiga ruang (kuat) Orlicz–Morrey.Dalam artikel ini, kami membahas versi ketiga dari ruang Weak Orlicz–Morrey, yang merupakan perluasan dari versi ketiga ruang (kuat) Orlicz–Morrey.
Useful /
UNYUNY Hasil menunjukkan bahwa deep learning memberikan akurasi yang lebih tinggi namun membutuhkan waktu proses yang lebih lama. Penelitian ini dilakukan denganHasil menunjukkan bahwa deep learning memberikan akurasi yang lebih tinggi namun membutuhkan waktu proses yang lebih lama. Penelitian ini dilakukan dengan
UNYUNY Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak internalisasi nilai‑nilai upacara Ngaben dalam pembelajaran sejarah terhadap literasi budaya dan sikapPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak internalisasi nilai‑nilai upacara Ngaben dalam pembelajaran sejarah terhadap literasi budaya dan sikap
UPIUPI Artikel ini berisi panduan dan memberikan pemahaman dasar tentang cara melakukan eksperimen dalam adsorpsi zat warna menggunakan karbon. Artikel ini menyajikanArtikel ini berisi panduan dan memberikan pemahaman dasar tentang cara melakukan eksperimen dalam adsorpsi zat warna menggunakan karbon. Artikel ini menyajikan
UNSUNS Sistematis berarti, membuat klasifikasi terhadap bahan-bahan hukum tertulis tersebut, untuk memudahkan kerjaan analisa dan konstruksi. Hasil dari kajianSistematis berarti, membuat klasifikasi terhadap bahan-bahan hukum tertulis tersebut, untuk memudahkan kerjaan analisa dan konstruksi. Hasil dari kajian