POLTEKKES PALEMBANGPOLTEKKES PALEMBANG

JPP (Jurnal Kesehatan Poltekkes Palembang)JPP (Jurnal Kesehatan Poltekkes Palembang)

Latar Belakang: Setiap anak berhak untuk mendapatkan kehidupan dan pendidikan yang layak karena masa depan bangsa dan dunia ini tergantung kepada mereka. Akan tetapi banyak anak yang tidak mendapatkan hak dalam hal kasih sayang, gizi, perlindungan, keamanan serta kebutuhan untuk hidup dan berkembang. Sekitar 10 juta anak meninggal sebelum usia 10 tahun dan lebih dari 200 juta anak tidak berkembang sesuai potensi mereka, karena adanya kesalahan dalam pengasuhan yang merupakan kebutuhan dasar bagi anak untuk tumbuh dan berkembang secara optimal. Pola asuh orang tua berperan besar terhadap perkembangan kecerdasan anak. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis . Metode: Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan menggunakan rancangan cross sectional dengan jumlah sampel sebanyak 87 anak yang diambil secara random dari anak sekolah dasar di SDN Lubuk Rumbai dan Simpang Semambang Kecamatan Tuah Negeri Kabupaten Musi Rawas. Data karakteristik anak dan orang tua diperoleh melalui kuesioner, sedangkan data pola asuh diperoleh melalui kuesioner dan wawancara. Tingkat kecerdasan anak diukur dengan metode CFIT. Data dianalisis menggunakan uji chi-square. Hasil: Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 97,2% siswa memiliki tingkat kecerdasan di bawah rata-rata sedangkan 72% siswa yang mendapatkan pola asuh non otoriter, memiliki tingkat kecerdasan di bawah rata-rata (p=0,007.,OR=13,243). Siswa yang mendapat pola asuh otoriter 13.243 kali beresiko memiliki tingkat kecerdasan di bawah rata-rata. Simpulan: Terdapat hubungan yang signifikan (p≤0,05) antara pola asuh orang tua dengan tingkat kecerdasan siswa SD di Kecamatan Tuah Negeri Kabupaten Musi Rawas. Perlu adanya edukasi terhadap orang tua dalam menerapkan pola asuh pada anak. Pola asuh yang baik akan menghasilkan anak yang cerdas. Anak yang cerdas merupakan investasi bagi orang tua, negara dan bangsa.

Terdapat hubungan yang signifikan antara pola asuh orang tua dengan tingkat kecerdasan siswa SD di Kecamatan Tuah Negeri Kabupaten Musi Rawas.Perlu adanya edukasi terhadap orang tua dalam menerapkan pola asuh yang baik untuk meningkatkan kecerdasan anak.Anak yang cerdas merupakan investasi penting bagi masa depan keluarga dan bangsa.

Penelitian lanjutan dapat mengembangkan studi tentang efektivitas program edukasi pola asuh bagi orang tua di daerah pedesaan dengan tingkat pendidikan rendah. Selain itu, perlu diteliti lebih dalam mengenai faktor-faktor lain yang memengaruhi kecerdasan anak selain pola asuh, seperti lingkungan sekolah dan dukungan sosial. Terakhir, penelitian mendatang dapat mengeksplorasi dampak jangka panjang pola asuh otoriter terhadap perkembangan emosional dan akademik anak di tingkat pendidikan yang lebih tinggi.

  1. #prestasi akademik anak#prestasi akademik anak
  2. #pola asuh permisif#pola asuh permisif
Read online
File size157.69 KB
Pages8
DMCAReport

Related /

ads-block-test