INDOSCIENCEINDOSCIENCE

Journal of Learning and Educational TechnologyJournal of Learning and Educational Technology

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan Learning Management System (LMS) Moodle yang diimplementasikan ke dalam bootcamp yang telah mengadopsi model pembelajaran jarak jauh dengan desain sistem e-learning yang mencakup media digital, LMS Moodle, dan aplikasi Discord sebagai media interaksi mentor dan calon karyawan P79. Bootcamp digunakan untuk menyeleksi talenta calon karyawan menjadi karyawan P79 yang siap bekerja, khususnya di bidang software developer. Metode penelitian deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data wawancara dan observasi. Hasil menunjukkan LMS Moodle mampu menjangkau calon talenta di luar Bandung dan memangkas durasi seleksi dari 3 bulan menjadi 1–2 bulan, namun komitmen dan motivasi belajar tetap diperlukan agar peserta menyelesaikan bootcamp dan direkomendasikan masuk fase probation.

Implementasi LMS Moodle berhasil menembus batas geografis dan memangkas waktu seleksi bootcamp.Kendati demikian, rendahnya komitmen belajar membuat jumlah lulusan digital bootcamp masih kalah dibanding bootcamp tatap muka.Untuk menaikkan keberhasilan, perlu media yang menarik, akses mudah, dan interaksi nyaman secara berkelanjutan.

Bisakah penelitian berikutnya mengembangkan fitur gamifikasi di LMS Moodle yang memberikan penghargaan instan setiap kali peserta menyelesaikan modul, agar motivasi belajar tetap tinggi tanpa harus menunggu evaluasi bulanan? Apakah model hibrida mini-camp dua pekan tatap muka di awal dan pelatihan online lanjutan bisa menjadi kunci agar peserta lebih serius dan membangun jaringan solid sebelum belajar jarak jauh? Selain itu, bagaimana jika algoritma adaptif diterapkan untuk mem-filter soal latihan yang muncul sesuai gaya belajar dan kecepatan peserta, sehingga mereka merasa materi lebih relevan dan tidak sekadar mengejar kelulusan?.

  1. Development of an Instructional Design Model for Mobile Blended Learning in Higher Education | International... online-journals.org/index.php/i-jet/article/view/10633Development of an Instructional Design Model for Mobile Blended Learning in Higher Education International online journals index php i jet article view 10633
  2. A Shift from Classroom to Distance Learning: Advantages and Limitations - International Journal of Research... doi.org/10.29252/ijree.4.1.80A Shift from Classroom to Distance Learning Advantages and Limitations International Journal of Research doi 10 29252 ijree 4 1 80
  1. #system lms#system lms
  2. #lms moodle#lms moodle
Read online
File size407.83 KB
Pages9
DMCAReport

Related /

ads-block-test