INDOSCIENCEINDOSCIENCE

Journal of Learning and Educational TechnologyJournal of Learning and Educational Technology

Penelitian ini mengkaji tantangan dan potensi implementasi Kurikulum Merdeka dalam mendukung pendidikan inklusif bagi anak berkebutuhan khusus di Indonesia. Menggunakan pendekatan Systematic Literature Review (SLR), studi ini menyoroti berbagai hambatan yang dihadapi dalam pelaksanaan Kurikulum Merdeka, termasuk keterbatasan fleksibilitas kurikulum, kurangnya sumber daya dan pelatihan bagi guru, serta stigma sosial yang masih melekat terhadap anak berkebutuhan khusus. Meskipun menghadapi banyak tantangan, Kurikulum Merdeka yang berbasis kompetensi memiliki potensi besar dalam memfasilitasi pembelajaran yang lebih inklusif dan efektif. Studi ini menekankan perlunya upaya kolaboratif dari pemerintah, sekolah, dan masyarakat untuk menyediakan sumber daya yang memadai dan pelatihan yang berkesinambungan bagi guru, guna mengoptimalkan potensi Kurikulum Merdeka dalam menciptakan lingkungan pendidikan yang inklusif. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan panduan bagi pengembangan kebijakan dan praktik pendidikan yang lebih baik, sehingga semua anak, termasuk mereka yang berkebutuhan khusus, dapat memperoleh pendidikan berkualitas dan kesempatan untuk mencapai potensi terbaik mereka.

Implementasi Kurikulum Merdeka dalam mendukung pendidikan inklusif bagi anak berkebutuhan khusus di Indonesia menghadapi berbagai tantangan yang kompleks, mulai dari keterbatasan fleksibilitas kurikulum, sumber daya yang tidak memadai, hingga stigma sosial yang masih mengakar.Meskipun demikian, pendekatan berbasis kompetensi yang dianut oleh Kurikulum Merdeka menawarkan potensi besar dalam mengoptimalkan pembelajaran bagi semua siswa, termasuk mereka yang memiliki kebutuhan khusus.Untuk mengatasi hambatan tersebut, diperlukan upaya kolaboratif dari pemerintah, sekolah, dan masyarakat dalam menyediakan sumber daya yang memadai serta pelatihan yang berkelanjutan bagi tenaga pendidik, memungkinkan setiap anak mencapai potensi terbaiknya dalam lingkungan pendidikan inklusif.

Penelitian lanjutan dapat fokus pada efektivitas strategi pembelajaran individual yang khusus dirancang untuk jenis kebutuhan khusus tertentu di bawah Kurikulum Merdeka. Sebagai contoh, mengkaji bagaimana metode berbasis teknologi dapat disesuaikan untuk siswa dengan gangguan sensorik atau kognitif. Selain itu, evaluasi terhadap program pelatihan guru secara berkelanjutan dalam konteks inklusi sangat penting, terutama dalam memahami perubahan perilaku pengajaran mereka setelah pelatihan. Studi juga dapat mengeksplorasi dampak partisipasi masyarakat dalam mengubah sikap terhadap anak berkebutuhan khusus melalui kampanye edukasi atau kegiatan kemitraan antara sekolah dan komunitas.

  1. #pendidikan inklusi#pendidikan inklusi
Read online
File size81.36 KB
Pages8
DMCAReport

Related /

ads-block-test