INDOSCIENCEINDOSCIENCE
Journal of Learning and Educational TechnologyJournal of Learning and Educational TechnologyPenelitian ini mengkaji tantangan dan potensi implementasi Kurikulum Merdeka dalam mendukung pendidikan inklusif bagi anak berkebutuhan khusus di Indonesia. Menggunakan pendekatan Systematic Literature Review (SLR), studi ini menyoroti berbagai hambatan yang dihadapi dalam pelaksanaan Kurikulum Merdeka, termasuk keterbatasan fleksibilitas kurikulum, kurangnya sumber daya dan pelatihan bagi guru, serta stigma sosial yang masih melekat terhadap anak berkebutuhan khusus. Meskipun menghadapi banyak tantangan, Kurikulum Merdeka yang berbasis kompetensi memiliki potensi besar dalam memfasilitasi pembelajaran yang lebih inklusif dan efektif. Studi ini menekankan perlunya upaya kolaboratif dari pemerintah, sekolah, dan masyarakat untuk menyediakan sumber daya yang memadai dan pelatihan yang berkesinambungan bagi guru, guna mengoptimalkan potensi Kurikulum Merdeka dalam menciptakan lingkungan pendidikan yang inklusif. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan panduan bagi pengembangan kebijakan dan praktik pendidikan yang lebih baik, sehingga semua anak, termasuk mereka yang berkebutuhan khusus, dapat memperoleh pendidikan berkualitas dan kesempatan untuk mencapai potensi terbaik mereka.
Implementasi Kurikulum Merdeka dalam mendukung pendidikan inklusif bagi anak berkebutuhan khusus di Indonesia menghadapi berbagai tantangan yang kompleks, mulai dari keterbatasan fleksibilitas kurikulum, sumber daya yang tidak memadai, hingga stigma sosial yang masih mengakar.Meskipun demikian, pendekatan berbasis kompetensi yang dianut oleh Kurikulum Merdeka menawarkan potensi besar dalam mengoptimalkan pembelajaran bagi semua siswa, termasuk mereka yang memiliki kebutuhan khusus.Untuk mengatasi hambatan tersebut, diperlukan upaya kolaboratif dari pemerintah, sekolah, dan masyarakat dalam menyediakan sumber daya yang memadai serta pelatihan yang berkelanjutan bagi tenaga pendidik, memungkinkan setiap anak mencapai potensi terbaiknya dalam lingkungan pendidikan inklusif.
Penelitian lanjutan dapat fokus pada efektivitas strategi pembelajaran individual yang khusus dirancang untuk jenis kebutuhan khusus tertentu di bawah Kurikulum Merdeka. Sebagai contoh, mengkaji bagaimana metode berbasis teknologi dapat disesuaikan untuk siswa dengan gangguan sensorik atau kognitif. Selain itu, evaluasi terhadap program pelatihan guru secara berkelanjutan dalam konteks inklusi sangat penting, terutama dalam memahami perubahan perilaku pengajaran mereka setelah pelatihan. Studi juga dapat mengeksplorasi dampak partisipasi masyarakat dalam mengubah sikap terhadap anak berkebutuhan khusus melalui kampanye edukasi atau kegiatan kemitraan antara sekolah dan komunitas.
| File size | 81.36 KB |
| Pages | 8 |
| DMCA | Report |
Related /
ITB ADITB AD Metode yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelatihan berbasis TNA dan kompetensi secara simultan mempengaruhiMetode yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelatihan berbasis TNA dan kompetensi secara simultan mempengaruhi
GUMPUBLISHERGUMPUBLISHER Hasilnya menunjukkan transformasi signifikan dari sistem sentralistik menuju model fleksibel dan kontekstual, meskipun ketimpangan akses dan kualitas masihHasilnya menunjukkan transformasi signifikan dari sistem sentralistik menuju model fleksibel dan kontekstual, meskipun ketimpangan akses dan kualitas masih
UMMIUMMI Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan cara mereduksi, display dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat beberapa faktor yangData yang diperoleh kemudian dianalisis dengan cara mereduksi, display dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat beberapa faktor yang
UNWUNW Peserta didik memerlukan peran seorang guru untuk membantunya dalam proses perkembangan diri dan pengoptimalan bakat dan kemampuan yang dimiliki pesertaPeserta didik memerlukan peran seorang guru untuk membantunya dalam proses perkembangan diri dan pengoptimalan bakat dan kemampuan yang dimiliki peserta
UNWUNW Guru pendamping khusus berperan dalam melakukan asesmen siswa, membuat program pembelajaran individual, dan berperan dalam melakukan penilaian serta menetapkanGuru pendamping khusus berperan dalam melakukan asesmen siswa, membuat program pembelajaran individual, dan berperan dalam melakukan penilaian serta menetapkan
UNWUNW Berdasarkan Permendikbud 137 tahun 2014 disebutkan tujuan PAUD, yakni tujuan utama (anak yang berkualitas) dan tujuan penyerta (membantu kesiapan belajar).Berdasarkan Permendikbud 137 tahun 2014 disebutkan tujuan PAUD, yakni tujuan utama (anak yang berkualitas) dan tujuan penyerta (membantu kesiapan belajar).
UNWUNW Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk menyampaikan informasi tentang dampak gawai terhadap anak usia dini melalui media video audio dan visual,Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk menyampaikan informasi tentang dampak gawai terhadap anak usia dini melalui media video audio dan visual,
INTELEKTUALINTELEKTUAL Desain pembelajaran asinkron masih perlu ditingkatkan agar lebih dapat diakses oleh siswa penyandang disabilitas. Oleh karena itu, penelitian lanjutanDesain pembelajaran asinkron masih perlu ditingkatkan agar lebih dapat diakses oleh siswa penyandang disabilitas. Oleh karena itu, penelitian lanjutan
Useful /
ITB ADITB AD 663113 < 2. 36462) tidak berpengaruh terhadap price book value, return on assets (3. 496115 > 2. 36462) berpengaruh terhadap price book value, dan return663113 < 2. 36462) tidak berpengaruh terhadap price book value, return on assets (3. 496115 > 2. 36462) berpengaruh terhadap price book value, dan return
UKIPUKIP Populasi pada penelitian ini adalah perusahaan perusahaan manufaktur subsektor food and baverages yang terdaftar di BEI tahun 2021-2023, dengan jumlahPopulasi pada penelitian ini adalah perusahaan perusahaan manufaktur subsektor food and baverages yang terdaftar di BEI tahun 2021-2023, dengan jumlah
INTELEKTUALINTELEKTUAL Penurunan partisipasi perempuan dalam olahraga sekolah tidak diinginkan karena dianggap khusus untuk laki‑laki. Berdasarkan hal tersebut, penelitianPenurunan partisipasi perempuan dalam olahraga sekolah tidak diinginkan karena dianggap khusus untuk laki‑laki. Berdasarkan hal tersebut, penelitian
LAPANLAPAN Autopilot dirancang berdasarkan model linier dalam bentuk state-space. Pengendali yang digunakan adalah pengendali Proportional-Integral-Derivative (PID).Autopilot dirancang berdasarkan model linier dalam bentuk state-space. Pengendali yang digunakan adalah pengendali Proportional-Integral-Derivative (PID).