IFRELIFREL

Harmony Philosophy: International Journal of Islamic Religious Studies and ShariaHarmony Philosophy: International Journal of Islamic Religious Studies and Sharia

Formulasi tujuan pendidikan yang tepat dan efektif sangat penting dalam mewujudkan visi dan misi lembaga pendidikan, terutama di tingkat Madrasah Aliyah yang memainkan peran penting dalam membentuk karakter dan kompetensi siswa berdasarkan nilai-nilai Islam. Namun, dalam praktiknya, masih terdapat kesenjangan antara formulasi tujuan pendidikan dan pencapaian visi serta misi lembaga, yang berdampak pada kualitas pembelajaran dan manajemen pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis strategi efektif yang diterapkan oleh Madrasah Aliyah dalam menyusun tujuan pendidikan yang selaras dengan visi dan misi lembaga. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus, melibatkan kepala sekolah, guru, dan tim pengembang kurikulum sebagai subjek penelitian. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan analisis dokumen perencanaan pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi efektif meliputi pendekatan partisipatif yang melibatkan seluruh pemangku kepentingan, penggunaan evaluasi berkelanjutan sebagai dasar penyusunan tujuan, serta integrasi nilai-nilai Islam yang memperkuat orientasi pendidikan karakter. Selarasnya tujuan pendidikan dengan visi dan misi lembaga telah terbukti meningkatkan efektivitas pelaksanaan program pembelajaran serta pencapaian prestasi akademik dan non-akademik siswa. Kesimpulannya, formulasi tujuan pendidikan yang strategis dan berorientasi nilai merupakan faktor kunci dalam mencapai visi dan misi Madrasah Aliyah, sehingga memerlukan penguatan kapasitas manajerial dan sistem evaluasi yang berkelanjutan.

Strategi efektif dalam menyusun tujuan pendidikan di Madrasah Aliyah Kepulauan Riau harus didasarkan pada sinergi kuat antara visi, tujuan, dan kurikulum yang dikembangkan melalui proses partisipatif melibatkan kepala sekolah, guru, komite sekolah, dan pemangku kepentingan lainnya.Penggunaan data evaluasi dari tahun-tahun sebelumnya sangat penting untuk menyempurnakan formulasi tujuan agar responsif terhadap kebutuhan siswa dan dinamika sosial-budaya lokal.Integrasi nilai-nilai Islam dan kearifan lokal menjadi fondasi utama dalam membangun karakter siswa, sehingga pendidikan tidak hanya berorientasi pada pencapaian akademik, tetapi juga pada pembentukan kepribadian mulia.

Penelitian lanjutan dapat menggali bagaimana model sinergi antara visi, tujuan, dan kurikulum yang berhasil di Madrasah Aliyah Kepulauan Riau dapat diterapkan di daerah kepulauan lain dengan karakteristik budaya dan tantangan pendidikan yang berbeda, apakah prinsip partisipatif dan evaluasi berkelanjutan tetap efektif dalam konteks yang lebih terpencil. Selain itu, perlu diteliti sejauh mana penggunaan teknologi informasi dalam pemantauan real-time tujuan pendidikan benar-benar meningkatkan akurasi penyesuaian strategis, dan apakah sistem digital tersebut mampu mengurangi kesenjangan pemahaman antara staf pendidikan terhadap visi dan misi institusi. Terakhir, studi baru dapat menguji apakah pendekatan integrasi nilai Islam dan kearifan lokal yang dikembangkan di sini dapat menjadi kerangka teoritis baru dalam pendidikan Islam berbasis wilayah, di mana setiap daerah kepulauan di Indonesia mengembangkan model pendidikan yang unik tetapi tetap selaras dengan standar nasional, sehingga tidak hanya menjadi solusi lokal, tetapi juga referensi bagi kebijakan pendidikan Islam di tingkat nasional.

  1. #integrasi nilai islam#integrasi nilai islam
Read online
File size214.94 KB
Pages8
DMCAReport

Related /

ads-block-test