STIKESHT TPISTIKESHT TPI

Jurnal KeperawatanJurnal Keperawatan

Proses pembelajaran yang diberikan seorang pendidik tidaklah semudah yang kita bayangkan. Seorang pendidik harus memiliki kiat-kiat dalam melaksanakan tugasnya demi tercapainya proses belajar mengajar yang sempurna. Pendidik sebaiknya menggunakan strategi pembelajaran yang tepat, yaitu dengan pemilihan model pembelajaran, pendekatan dan metode pembelajaran yang berarti. Salah satu metode yang ingin di terapkan dalam pembelajaran keperawatan jiwa ini adalah role playing dimana mahasiswa berperan aktif mendramatisasikan cara bertingkah laku orang-orang tertentu dalam posisi yang membedakan peranan masing-masing dalam suatu organisasi atau kelompok di masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode role playing terhadap peningkatan motivasi belajar pada laboratorium keperawatan jiwa mahasiswa Program studi s1 keperawatan Stikes Hang Tuah Tanjungpinang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif desain kuasi eksperimen dengan mengambil sampel sebanyak 49 mahasiswa tingkat IV Prodi S1 Stikes Hang Tuah yang mengikuti metode ini dengan teknik purposive sampling. Alat ukur yang di gunakan adalah kuesioner motivasi yang telah diuji validitas dan reabilitasnya. Analisis yang digunakan adalah uji Mc Nemar.Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh metode role playing dengan motivasi belajar mahasiswa di laboratorium keperawatan jiwa STIKES Hang Tuah Tanjungpinang.

Gambaran motivasi belajar mahasiswa pada laboratorium klinik keperawatan jiwa yang termasuk kategori tinggi, sebelum metode role playing sebesar 54,2% dan setelah metode role playing meningkat menjadi 83,3%, mengalami peningkatan signifikan sebesar 29,1%.Adanya pengaruh metode role playing terhadap motivasi belajar mahasiswa pada laboratorium keperawatan jiwa Prodi S1 STIKES Hang Tuah Tanjungpinang, terbukti dengan uji statistik yang signifikan antara sebelum dan setelah intervensi (p=0,002.Metode role playing terbukti efektif dalam meningkatkan motivasi belajar mahasiswa, sehingga perlu diterapkan lebih luas dalam pembelajaran keperawatan.

Berdasarkan hasil penelitian yang menunjukkan manfaat metode role playing dalam meningkatkan motivasi belajar mahasiswa keperawatan jiwa, penelitian lanjutan dapat mengeksplorasi bagaimana metode ini diterapkan di mata kuliah lain seperti keperawatan medikal atau bedah dengan sampel mahasiswa dari universitas berbeda, misalnya dengan pertanyaan: Apakah penerapan role playing di kelas bedah mampu meningkatkan motivasi mahasiswa dalam memahami prosedur operasi dibandingkan metode ceramah tradisional? Selain itu, penelitian baru dapat ditujukan untuk mengembangkan model gabungan antara role playing dan simulasi digital pada laboratorium keperawatan jiwa dengan fokus pada subyek mahasiswa semester awal, guna menjawab pertanyaan: Bagaimana efektivitas kombinasi role playing dan teknologi simulasi dalam membangun kemampuan komunikasi terapeutik mahasiswa pemula di keperawatan jiwa? Penelitian ketiga dapat dilakukan di lokasi geografis yang berbeda seperti pulau-pulau terpencil di Indonesia, untuk memeriksa apakah metode role playing tetap efektif dalam meningkatkan motivasi ketika mahasiswa berasal dari latar belakang budaya yang beragam, dengan studi yang bertanya: Apakah metode role playing dapat mengatasi hambatan motivasi di daerah terpencil tanpa sumber daya teknologi tinggi, dan bagaimana dampaknya terhadap hasil belajar jangka panjang? Ketiga saran ini memperluas penerapan metode dengan mempertimbangkan keberagaman subyek, lokasi, dan kombinasi dengan teknologi lainnya, sehingga membantu pendidik mengadaptasi pembelajaran yang lebih inovatif dan inklusif. (257 kata).

  1. #motivasi sumber daya#motivasi sumber daya
  2. #motivasi mahasiswa#motivasi mahasiswa
Read online
File size229.65 KB
Pages6
DMCAReport

Related /

ads-block-test