UNIDAUNIDA
Indonesian Journal of Applied Research (IJAR)Indonesian Journal of Applied Research (IJAR)Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika pada materi bangun datar dan bangun ruang di kelas 5 Sekolah Dasar Negeri Panaragan 1 Kota Bogor. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan metode kuasi-eksperimen. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi observasi, wawancara, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan perbedaan rata-rata nilai antara kelas kontrol dan kelas eksperimen, yaitu 60,86 pada kelas kontrol dan 73,11 pada kelas eksperimen. Hasil uji t (One-Sample Test) terhadap nilai post-test kelas eksperimen menghasilkan nilai signifikansi sebesar 0,04; karena 0,04 < 0,05, maka Ha diterima dan H0 ditolak, yang mengindikasikan adanya pengaruh model PBL terhadap kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika.
Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah dapat dilihat pada kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika dengan materi bangun datar dan bangun ruang di kelas 5 Sekolah Dasar Negeri Panaragan 1.Model PBL dapat dijadikan solusi atau alternatif dalam menciptakan proses atau aktivitas pembelajaran yang tepat karena model ini membantu siswa meningkatkan kemampuan mereka dalam menyelesaikan soal cerita matematika.Untuk penerapan model PBL pada tingkat sekolah dasar, langkah-langkah pelaksanaan pembelajaran dapat dimodifikasi atau disesuaikan dengan karakteristik siswa sekolah dasar.
Penelitian selanjutnya dapat mengkaji peran model pembelajaran berbasis masalah pada materi matematika lain, misalnya pecahan atau aljabar sederhana, sehingga terlihat sejauh mana PBL mendukung keterampilan siswa dalam menyelesaikan soal cerita di berbagai topik. Selain itu, sebuah studi komparatif dapat dirancang untuk membandingkan efektivitas PBL dengan model pembelajaran aktif lain seperti Cooperative Learning atau Inquiry-Based Learning dalam meningkatkan minat dan kemampuan pemecahan masalah cerita matematika siswa sekolah dasar. Kemudian, penelitian lain bisa mengeksplorasi integrasi media digital—seperti video interaktif, permainan edukasi, atau aplikasi simulasi—dalam tahapan PBL untuk mengetahui apakah penggunaan teknologi dapat menambah motivasi belajar dan memudahkan siswa memahami langkah-langkah penyelesaian soal cerita. Ide-ide riset baru ini difokuskan sebagai pertanyaan penelitian yang dapat diuji melalui rancangan kuasi-eksperimental atau eksperimen di kelas, tanpa mengambil data di luar konteks temuan makalah ini, dengan tujuan memperluas pemahaman tentang kelebihan dan batasan PBL di tingkat sekolah dasar. Studi lanjutan juga dapat meneliti retensi kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika beberapa bulan setelah intervensi PBL untuk melihat seberapa lama peningkatan kemampuan tersebut bertahan.
| File size | 110.6 KB |
| Pages | 8 |
| DMCA | Report |
Related /
POLNAMPOLNAM Dengan metode pembelajaran yang demikian diharapkan meningkatkan prestasi matematika siswa. Penggunaan game Wordwall meningkatkan keaktifan mahasiswa sebesarDengan metode pembelajaran yang demikian diharapkan meningkatkan prestasi matematika siswa. Penggunaan game Wordwall meningkatkan keaktifan mahasiswa sebesar
IFRELIFREL This study aims to identify and develop a relevant and applicable model of curriculum and PAI learning innovation in SMA Batam City. The research methodThis study aims to identify and develop a relevant and applicable model of curriculum and PAI learning innovation in SMA Batam City. The research method
ARIPIARIPI Pemilihan siswa sekolah dasar didasarkan pada kemudahan pengelolaan dibandingkan anak prasekolah. Gross Motor Skill Activities (GMSA) merupakan pola dasarPemilihan siswa sekolah dasar didasarkan pada kemudahan pengelolaan dibandingkan anak prasekolah. Gross Motor Skill Activities (GMSA) merupakan pola dasar
UNDIKSHAUNDIKSHA Teknik analisis data menggunakan Structural Equation Modeling (SEM), terdiri dari measurement model dan structural model melalui program Analysis of MomentTeknik analisis data menggunakan Structural Equation Modeling (SEM), terdiri dari measurement model dan structural model melalui program Analysis of Moment
LENTERANUSALENTERANUSA Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa memiliki kesadaran awal tentang pentingnya perencanaan karir, namun memerlukan lebih banyak informasiHasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa memiliki kesadaran awal tentang pentingnya perencanaan karir, namun memerlukan lebih banyak informasi
UNISLAUNISLA Pembelajaran bahasa Inggris di tingkat SMK dikategorikan sebagai Bahasa Inggris untuk Tujuan Khusus (ESP) yang berarti materi bahasa Inggris diharapkanPembelajaran bahasa Inggris di tingkat SMK dikategorikan sebagai Bahasa Inggris untuk Tujuan Khusus (ESP) yang berarti materi bahasa Inggris diharapkan
PUSDIKRA PUBLISHINGPUSDIKRA PUBLISHING Kelas eksperimen memperoleh persentase keterampilan 74,4 % dengan kategori Baik, sementara kelas kontrol hanya 41,3 % dengan kategori Cukup. PerbedaanKelas eksperimen memperoleh persentase keterampilan 74,4 % dengan kategori Baik, sementara kelas kontrol hanya 41,3 % dengan kategori Cukup. Perbedaan
PUSDIKRA PUBLISHINGPUSDIKRA PUBLISHING Metode yang digunakan adalah eksperimen tipe kuasi‑eksperimental. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner, tes, dan dokumentasi. AnalisisMetode yang digunakan adalah eksperimen tipe kuasi‑eksperimental. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner, tes, dan dokumentasi. Analisis
Useful /
STISIPOLRAJAHAJISTISIPOLRAJAHAJI PKL adalah pedagang yang kebanyakan berjualan dengan memanfaatkan area pinggir jalan raya. Dengan jumlah pedagang di Taman Batu 10 sebanyak 30 orang yangPKL adalah pedagang yang kebanyakan berjualan dengan memanfaatkan area pinggir jalan raya. Dengan jumlah pedagang di Taman Batu 10 sebanyak 30 orang yang
STTAASTTAA A. (Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2010), x 160h. Penulis buku ini, yang menyelesaikan studinya di Presbyterian School of Christian Education, Richmond-Virginia,A. (Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2010), x 160h. Penulis buku ini, yang menyelesaikan studinya di Presbyterian School of Christian Education, Richmond-Virginia,
STTAASTTAA Amanat Agung Belum Selesai Matius 28 18 20 Lukas 24 46 47. AMANAT AGUNG BELUM SELESAI Matius 28:18-20; Lukas 24:46-47. Diperlukan kolaborasi gereja,Amanat Agung Belum Selesai Matius 28 18 20 Lukas 24 46 47. AMANAT AGUNG BELUM SELESAI Matius 28:18-20; Lukas 24:46-47. Diperlukan kolaborasi gereja,
STTAASTTAA Improvisasi dalam berteologi mengharuskan kaum Injili Indonesia memahami Kitab Suci secara mendalam dan menerapkan teologi secara interdisipliner denganImprovisasi dalam berteologi mengharuskan kaum Injili Indonesia memahami Kitab Suci secara mendalam dan menerapkan teologi secara interdisipliner dengan