MULYALITERASIMULYALITERASI

Diksi: Jurnal Pendidikan dan LiterasiDiksi: Jurnal Pendidikan dan Literasi

Peran guru dalam proses perkembangan sama pentingnya dengan peran orangtua. Karena perkembangan bersifat sistematis, progresif dan juga berkesinambungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana seorang guru memberikan peran yang signifikan terhadap perkembangan anak di sebuah madrasah. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru memiliki peran dalam perkembangan emosional anak selama di madrasah ibtidaiyah. Perkembangan yang baik bisa dilakukan guru dengan berbagai cara seperti memantau yang dilakukan anak di madrasah ibtidaiyah, membangun pola interaksaksi dan komunikasi dengan cara menjadi pendengar yang baik serta membangun kepercayaan diri anak di madrasah ibtidaiyah, sehingga anak mampu mengenali dirinya agar perkembangan emosional optimal terakhir dengan cara memberikan pemahaman dan penjelasan seperti apa emosi dan cara pengendaliannya.

Guru memiliki peran yang sangat penting terhadap proses pembentukan emosi pada peserta didik.Hal ini tidak luput karena guru adalah sumber dari terbentukya pengetahuan dan juga pengalaman bagi siswa.Walaupun peran orang tua juga sangat penting namun guru punya andil tersendiri yang bahkan orang tua jarang bisa mengisi bagian tersebut.Oleh karenanya sinergi antar keduanya sangat dibutuhkan guna mencetak generasi penerus yang mempunyai emosi stabil dalam menyeleasaikan segala permasalahan yang akan dihadapinya kelak.

Berdasarkan penelitian ini, terdapat beberapa saran penelitian lanjutan yang dapat dikembangkan. Pertama, penelitian selanjutnya dapat mengeksplorasi lebih dalam mengenai pengaruh metode pembelajaran yang berbeda terhadap perkembangan emosi anak di madrasah ibtidaiyah, dengan fokus pada efektivitas pendekatan pembelajaran yang berpusat pada siswa dalam meningkatkan regulasi emosi. Kedua, penelitian dapat dilakukan untuk mengidentifikasi faktor-faktor kontekstual, seperti dukungan sosial dari keluarga dan lingkungan sekitar madrasah, yang berkontribusi pada perkembangan emosi anak. Ketiga, penelitian kuantitatif dapat dirancang untuk menguji efektivitas program intervensi yang dirancang untuk meningkatkan keterampilan sosial-emosional anak di madrasah ibtidaiyah, dengan melibatkan guru sebagai agen perubahan utama dalam proses tersebut.

Read online
File size214.94 KB
Pages10
Short Linkhttps://juris.id/p-1mC
DMCAReport

Related /

ads-block-test