UNYUNY
Jurnal Cakrawala PendidikanJurnal Cakrawala PendidikanPenelitian ini bertujuan untuk menggali pendidikan karakter dan nilai filosofis dalam karya Ranggawarsita berjudul Serat Sabdajati. Metode kualitatif dengan desain hermeneutik digunakan dalam penelitian ini. Sumber data utama adalah koleksi Serat Sabdajati dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Data yang dikumpulkan berupa satuan linguistik, termasuk kata, frasa, klausa, dan kalimat dalam bait-bait Serat Sabdajati, yang dianalisis secara kualitatif dengan pendekatan hermeneutik. Hasil penelitian menemukan beberapa nilai karakter dan filosofis dalam naskah tersebut, yaitu: 1) nilai spiritual, termasuk laku prihatin, nglaras ati, ngesthi rahayu, jatining kawruh, ambuka wiwaraning dhiri, manunggaling kawula Gusti, dan kemating pating pratitis; 2) nilai religius, termasuk andêl mring Hyang dan temen tinemu; 3) nilai sosial, termasuk sasmita yekti dan memayu hayuning sasama. Penelitian ini menyimpulkan bahwa manusia perlu selalu menyadari asal-usul dan tujuan akhir kehidupannya. Pembahasan komprehensif disajikan dengan membandingkan hasil penelitian ini dengan studi sebelumnya.
Serat Sabdajati kaya akan ajaran spiritual-religius yang mencerminkan pandangan hidup masyarakat Jawa, khususnya konsep sangkan paraning dumadi dan manunggaling kawula Gusti.Konsep sangkan paraning dumadi mengajak manusia untuk selalu mengingat asal-usul dan tujuan akhir kehidupannya, sementara manunggaling kawula Gusti mendorong upaya untuk mendekatkan diri kepada Tuhan.Nilai-nilai karakter dan filosofis dalam Serat Sabdajati dapat menjadi pedoman perilaku modern untuk mencapai ketenangan fisik dan spiritual, namun penelitian tentangnya masih terbatas pada konten nilai, sehingga perlu dikembangkan lebih lanjut dari perspektif yang lebih komprehensif.
Penelitian selanjutnya dapat mengkaji bagaimana nilai-nilai dalam Serat Sabdajati, seperti laku prihatin dan manunggaling kawula Gusti, dapat diterapkan dalam kurikulum pendidikan karakter di sekolah dasar dan menengah untuk membentuk sikap peserta didik yang lebih reflektif dan berintegritas. Selain itu, perlu dilakukan studi komparatif antara ajaran Serat Sabdajati dengan teks filosofis Jawa lainnya seperti Serat Wedhatama atau Serat Kalatidha untuk memahami evolusi dan konsistensi nilai-nilai spiritual dalam tradisi kejawen. Terakhir, penelitian kualitatif mendalam dengan wawancara terhadap tokoh adat dan guru spiritual Jawa dapat mengungkap bagaimana pemahaman tentang nglaras ati dan sangkan paraning dumadi masih hidup dan diwariskan secara lisan dalam komunitas tradisional hingga saat ini, serta bagaimana tantangan modernitas memengaruhi penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
- "Suwung": The problem solving patterns of Sufi-Javanese people in Malang | Jurnal Psikologi... publication.k-pin.org/index.php/jpu/article/view/46Suwung The problem solving patterns of Sufi Javanese people in Malang Jurnal Psikologi publication k pin index php jpu article view 46
- Cadicologist Study of Personal Letters Manuscript of Poet R. Ng. Ranggawarsita - EUDL. cadicologist study... doi.org/10.4108/eai.4-11-2020.2314302Cadicologist Study of Personal Letters Manuscript of Poet R Ng Ranggawarsita EUDL cadicologist study doi 10 4108 eai 4 11 2020 2314302
- Gramatika; Jurnal Kebahasaan dan Kesastraan. gramatika jurnal ilmiah kebahasaan kesastraan skip main... gramatika.kemdikbud.go.id/index.php/gramatika/article/view/90Gramatika Jurnal Kebahasaan dan Kesastraan gramatika jurnal ilmiah kebahasaan kesastraan skip main gramatika kemdikbud go index php gramatika article view 90
- Knowledge, attitudes, and behaviors of teachers and students toward sustainable development of Pili (Canarium... journal.uny.ac.id/index.php/cp/article/view/42407Knowledge attitudes and behaviors of teachers and students toward sustainable development of Pili Canarium journal uny ac index php cp article view 42407
| File size | 589.05 KB |
| Pages | 15 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
IAINPTKIAINPTK Penelitian ini menggunakan metode penelitian hukum empiris untuk melihat bekerjanya hukum dalam masyarakat dan pendekatan yuridis-sosiologis. Hasil penelitianPenelitian ini menggunakan metode penelitian hukum empiris untuk melihat bekerjanya hukum dalam masyarakat dan pendekatan yuridis-sosiologis. Hasil penelitian
UMMUMM Hasil penelitian menunjukkan bahwa kearifan lokal terbukti relevan dalam penyelesaian sengketa hukum di desa adat Jatinom (Blitar) dan Karangasem (Bali)Hasil penelitian menunjukkan bahwa kearifan lokal terbukti relevan dalam penyelesaian sengketa hukum di desa adat Jatinom (Blitar) dan Karangasem (Bali)
UNYUNY Rata-rata yang dikumpulkan melalui survei dianalisis menggunakan metode statistik inferensial. Mahasiswa di kelompok eksperimen menggunakan rencana pelajaranRata-rata yang dikumpulkan melalui survei dianalisis menggunakan metode statistik inferensial. Mahasiswa di kelompok eksperimen menggunakan rencana pelajaran
UNYUNY Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji sejauh mana prosedur penyelidikan ilmiah selama kuliah meningkatkan pemahaman mahasiswa tentang penyelidikan ilmiah.Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji sejauh mana prosedur penyelidikan ilmiah selama kuliah meningkatkan pemahaman mahasiswa tentang penyelidikan ilmiah.
Useful /
E SIBERE SIBER Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran interaktif memiliki pengaruh yang signifikan terhadap motivasi siswa dalam belajar pendidikanHasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran interaktif memiliki pengaruh yang signifikan terhadap motivasi siswa dalam belajar pendidikan
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Oleh karena itu, perbaikan kurikulum melalui integrasi alat digital modern, sertifikasi yang diakui industri, dan kolaborasi yang lebih kuat dengan pemangkuOleh karena itu, perbaikan kurikulum melalui integrasi alat digital modern, sertifikasi yang diakui industri, dan kolaborasi yang lebih kuat dengan pemangku
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Kesimpulannya, program pembelajaran secara umum telah diterapkan dengan baik, namun diperlukan peningkatan dalam integrasi alat digital, penguatan relevansiKesimpulannya, program pembelajaran secara umum telah diterapkan dengan baik, namun diperlukan peningkatan dalam integrasi alat digital, penguatan relevansi
IAINPTKIAINPTK 16 tahun 2019 yang menetapkan batas minimal menikah bagi laki-laki dan perempuan yang akan menikah adalah minimal di usia 19 tahun. Perubahan batasan minimal16 tahun 2019 yang menetapkan batas minimal menikah bagi laki-laki dan perempuan yang akan menikah adalah minimal di usia 19 tahun. Perubahan batasan minimal