UNYUNY

Jurnal Cakrawala PendidikanJurnal Cakrawala Pendidikan

Artikel penelitian ini membahas peluang untuk mengembangkan kompetensi leksikal dalam pembelajaran bahasa Inggris bagi mahasiswa perguruan tinggi yang berfokus pada bahasa berdasarkan pendekatan berpusat pada peserta didik. Eksperimen pedagogis dilakukan di tiga perguruan tinggi di Uzbekistan: Institut Pedagogik Negeri Jizzakh, Universitas Negeri Termez, dan Universitas Negeri Uzbekistan untuk Bahasa Dunia, pada mahasiswa tahun pertama dan kedua program sarjana. Sebanyak 463 mahasiswa berpartisipasi dalam eksperimen. Pada tahap awal, penelitian menggunakan kuesioner yang dikembangkan oleh penulis untuk mengumpulkan informasi tentang pendekatan mahasiswa terhadap proses pembelajaran bahasa di universitas-universitas di Uzbekistan. Survei membantu menentukan sejauh mana mahasiswa di semua kelompok mengembangkan keterampilan belajar otonom dan keterampilan penilaian mandiri. Rata-rata yang dikumpulkan melalui survei dianalisis menggunakan metode statistik inferensial. Mahasiswa di kelompok eksperimen menggunakan rencana pelajaran yang dirancang oleh penulis selama tahun akademik. Hasil analisis statistik menunjukkan bahwa kegiatan eksperimen yang dilakukan untuk menentukan tingkat efektivitasnya efektif.

Rata-rata penguasaan mahasiswa di kelompok eksperimen meningkat sebesar 11% dibandingkan kelompok kontrol, yang menunjukkan efektivitas pendekatan berpusat pada peserta didik dalam pengembangan kompetensi leksikal.Analisis statistik membuktikan bahwa eksperimen pedagogis ini berhasil meningkatkan penguasaan kosakata mahasiswa program studi Bahasa Inggris dan Sastra.Selain itu, hasil survei menegaskan bahwa instrumen evaluasi yang digunakan memiliki pedoman penskoran yang jelas dan keterkaitan yang kuat dengan materi pembelajaran, sehingga penting melibatkan mahasiswa dalam memilih topik pembelajaran untuk meningkatkan efisiensi proses belajar.

Penelitian selanjutnya dapat menginvestigasi bagaimana penerapan pendekatan berpusat pada peserta didik dalam pengembangan kosakata dapat diterapkan secara efektif di lingkungan pembelajaran daring, khususnya untuk mahasiswa di daerah terpencil yang memiliki akses terbatas ke sumber belajar fisik. Selain itu, perlu diteliti apakah penggunaan alat bantu digital seperti aplikasi berbasis AI yang menyesuaikan kecepatan dan gaya belajar individual dapat meningkatkan retensi kosakata lebih tinggi dibandingkan metode tradisional, dan bagaimana hal ini memengaruhi motivasi intrinsik mahasiswa dalam jangka panjang. Terakhir, penelitian juga dapat menggali dampak pelatihan guru dalam menerapkan pendekatan ini, terutama bagaimana perubahan peran guru dari pengajar menjadi fasilitator memengaruhi kemandirian belajar mahasiswa, serta apakah pelatihan semacam ini dapat diukur secara kuantitatif melalui perubahan perilaku belajar mahasiswa dalam jangka waktu satu semester atau lebih.

  1. The importance of learner-centered approach in vocabulary development | Jurnal Cakrawala Pendidikan.... journal.uny.ac.id/index.php/cp/article/view/43538The importance of learner centered approach in vocabulary development Jurnal Cakrawala Pendidikan journal uny ac index php cp article view 43538
  1. #esp course design#esp course design
  2. #mahasiswa program studi#mahasiswa program studi
File size521.84 KB
Pages11
DMCAReportReport

ads-block-test