UNYUNY
Jurnal Cakrawala PendidikanJurnal Cakrawala PendidikanArtikel penelitian ini membahas peluang untuk mengembangkan kompetensi leksikal dalam pembelajaran bahasa Inggris bagi mahasiswa perguruan tinggi yang berfokus pada bahasa berdasarkan pendekatan berpusat pada peserta didik. Eksperimen pedagogis dilakukan di tiga perguruan tinggi di Uzbekistan: Institut Pedagogik Negeri Jizzakh, Universitas Negeri Termez, dan Universitas Negeri Uzbekistan untuk Bahasa Dunia, pada mahasiswa tahun pertama dan kedua program sarjana. Sebanyak 463 mahasiswa berpartisipasi dalam eksperimen. Pada tahap awal, penelitian menggunakan kuesioner yang dikembangkan oleh penulis untuk mengumpulkan informasi tentang pendekatan mahasiswa terhadap proses pembelajaran bahasa di universitas-universitas di Uzbekistan. Survei membantu menentukan sejauh mana mahasiswa di semua kelompok mengembangkan keterampilan belajar otonom dan keterampilan penilaian mandiri. Rata-rata yang dikumpulkan melalui survei dianalisis menggunakan metode statistik inferensial. Mahasiswa di kelompok eksperimen menggunakan rencana pelajaran yang dirancang oleh penulis selama tahun akademik. Hasil analisis statistik menunjukkan bahwa kegiatan eksperimen yang dilakukan untuk menentukan tingkat efektivitasnya efektif.
Rata-rata penguasaan mahasiswa di kelompok eksperimen meningkat sebesar 11% dibandingkan kelompok kontrol, yang menunjukkan efektivitas pendekatan berpusat pada peserta didik dalam pengembangan kompetensi leksikal.Analisis statistik membuktikan bahwa eksperimen pedagogis ini berhasil meningkatkan penguasaan kosakata mahasiswa program studi Bahasa Inggris dan Sastra.Selain itu, hasil survei menegaskan bahwa instrumen evaluasi yang digunakan memiliki pedoman penskoran yang jelas dan keterkaitan yang kuat dengan materi pembelajaran, sehingga penting melibatkan mahasiswa dalam memilih topik pembelajaran untuk meningkatkan efisiensi proses belajar.
Penelitian selanjutnya dapat menginvestigasi bagaimana penerapan pendekatan berpusat pada peserta didik dalam pengembangan kosakata dapat diterapkan secara efektif di lingkungan pembelajaran daring, khususnya untuk mahasiswa di daerah terpencil yang memiliki akses terbatas ke sumber belajar fisik. Selain itu, perlu diteliti apakah penggunaan alat bantu digital seperti aplikasi berbasis AI yang menyesuaikan kecepatan dan gaya belajar individual dapat meningkatkan retensi kosakata lebih tinggi dibandingkan metode tradisional, dan bagaimana hal ini memengaruhi motivasi intrinsik mahasiswa dalam jangka panjang. Terakhir, penelitian juga dapat menggali dampak pelatihan guru dalam menerapkan pendekatan ini, terutama bagaimana perubahan peran guru dari pengajar menjadi fasilitator memengaruhi kemandirian belajar mahasiswa, serta apakah pelatihan semacam ini dapat diukur secara kuantitatif melalui perubahan perilaku belajar mahasiswa dalam jangka waktu satu semester atau lebih.
| File size | 521.84 KB |
| Pages | 11 |
| Short Link | https://juris.id/p-6y |
| DMCA | Report |
Related /
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Data dikumpulkan menggunakan kuesioner skala Likert yang tervalidasi dan dianalisis menggunakan Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM).Data dikumpulkan menggunakan kuesioner skala Likert yang tervalidasi dan dianalisis menggunakan Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM).
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Skor kepraktisan dari siswa (3,87) dan guru (3,85) mengklasifikasikan media sebagai sangat praktis. Analisis statistik menunjukkan bahwa data berdistribusiSkor kepraktisan dari siswa (3,87) dan guru (3,85) mengklasifikasikan media sebagai sangat praktis. Analisis statistik menunjukkan bahwa data berdistribusi
UNMUNM Model Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) memiliki potensi besar untuk menciptakan pengalaman belajar yang menarik dan bermakna. Integrasi teknologi danModel Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) memiliki potensi besar untuk menciptakan pengalaman belajar yang menarik dan bermakna. Integrasi teknologi dan
UNYUNY Kebaruan penelitian ini terletak pada pemeriksaan komprehensif terhadap interseksi antara aksesibilitas digital, akomodasi akademik, dan kesiapan fakultasKebaruan penelitian ini terletak pada pemeriksaan komprehensif terhadap interseksi antara aksesibilitas digital, akomodasi akademik, dan kesiapan fakultas
UNDIKSHAUNDIKSHA Data dikumpulkan melalui analisis isi buku teks bahasa Inggris yang disesuaikan untuk siswa tunarungu, serta wawancara tematik dengan guru berpengalaman,Data dikumpulkan melalui analisis isi buku teks bahasa Inggris yang disesuaikan untuk siswa tunarungu, serta wawancara tematik dengan guru berpengalaman,
UNYUNY Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan modul berbasis masalah memberikan dampak positif pada peningkatan keterampilan hidup siswa dan sikapHasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan modul berbasis masalah memberikan dampak positif pada peningkatan keterampilan hidup siswa dan sikap
UNDIKSHAUNDIKSHA Pengembangan bahan ajar terintegrasi antara aritmatika sosial dan akuntansi dilakukan dengan tujuan membuat prototipe bahan ajar yang mengintegrasikanPengembangan bahan ajar terintegrasi antara aritmatika sosial dan akuntansi dilakukan dengan tujuan membuat prototipe bahan ajar yang mengintegrasikan
UNMUNM Penelitian ini bertujuan merancang ulang pembelajaran Bahasa Inggris bagi mahasiswa kebidanan menggunakan pendekatan ESP dengan menganalisis present situationPenelitian ini bertujuan merancang ulang pembelajaran Bahasa Inggris bagi mahasiswa kebidanan menggunakan pendekatan ESP dengan menganalisis present situation
Useful /
UNDIPUNDIP Penelitian ini mengungkapkan bahwa anemia ibu, pengunjung antenatal tidak teratur, persalinan prematur, dan multiparitas meningkatkan risiko kelahiranPenelitian ini mengungkapkan bahwa anemia ibu, pengunjung antenatal tidak teratur, persalinan prematur, dan multiparitas meningkatkan risiko kelahiran
UNMUNM Hal ini menyoroti kebutuhan akan intervensi pembelajaran yang lebih efektif dan menarik. Sebagai solusi yang diusulkan, penelitian ini merekomendasikanHal ini menyoroti kebutuhan akan intervensi pembelajaran yang lebih efektif dan menarik. Sebagai solusi yang diusulkan, penelitian ini merekomendasikan
UNDIKSHAUNDIKSHA Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif ex post facto dengan teknik pengumpulan data kuesioner. Analisis data menggunakan regresi linear sederhanaMetode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif ex post facto dengan teknik pengumpulan data kuesioner. Analisis data menggunakan regresi linear sederhana
UNDIKSHAUNDIKSHA (2-tailed) 0,00 pada tingkat signifikansi 1%. Terdapat hubungan signifikan dan positif antara persepsi mahasiswa terhadap e-modul dengan keterampilan proses(2-tailed) 0,00 pada tingkat signifikansi 1%. Terdapat hubungan signifikan dan positif antara persepsi mahasiswa terhadap e-modul dengan keterampilan proses