UNMUNM

International Journal of Language EducationInternational Journal of Language Education

Pengajaran menulis bukanlah hal yang mudah. Guru menulis sering menghadapi masalah dalam memilih materi yang sesuai bagi siswa. Tulisan ini bertujuan untuk menjelaskan 1) hubungan teoretis antara Content-Based Instruction dan bahan autentik yang dapat digunakan oleh guru bahasa untuk mengajar menulis di kelas, 2) studi terdahulu tentang penggunaan bahan autentik untuk mengajar menulis, 3) jenis bahan autentik yang dapat digunakan untuk pengajaran menulis, dan 4) kelebihan dan kekurangan penggunaan bahan autentik untuk pengajaran menulis. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan fokus analisis isi. Instrumen yang digunakan terutama instrumen manusia dan dokumentasi. Hasil tinjauan pustaka yang ekstensif menunjukkan bahwa 1) salah satu ciri utama Content-Based Instruction adalah penggunaan bahan autentik untuk pengajaran; 2) sebagian besar studi di bidang bahan autentik untuk pengajaran menulis menunjukkan efektivitas bahan autentik untuk pengajaran teks prosedur, teks deskriptif, dan penulisan esai; 3) jenis bahan autentik untuk pengajaran menulis dikategorikan berdasarkan cara penyajiannya yaitu audio, visual, dan materi cetak; 4) selain memiliki kelebihan, bahan autentik juga menimbulkan tantangan bagi guru dalam penggunaannya di kelas, antara lain aspek praktikalitas, keterpahaman, dan kesesuaian.

Penggunaan bahan autentik memiliki tempat tersendiri dalam pembelajaran bahasa di kelas.Meskipun terdapat kelemahan dalam penggunaan bahan autentik di kelas, kelebihan bahan autentik jauh lebih besar daripada kelemahannya.Memang benar bahwa penggunaan bahan autentik dalam kelas, khususnya untuk pengajaran menulis,.

Penelitian selanjutnya dapat mempertajam pemahaman tentang jenis bahan autentik—cetak, audio, dan visual—dengan membandingkan pengaruhnya terhadap peningkatan keterampilan menulis mahasiswa berdasarkan genre teks (prosedural, deskriptif, esai). Selain itu, ada potensi untuk mengkaji bagaimana tingkat kesulitan dan kesesuaian bahan autentik memengaruhi motivasi dan kemampuan menulis siswa pada berbagai tingkat kemampuan, termasuk pemula dan mahir. Penelitian juga dapat memeriksa apakah efek penggunaan bahan autentik berbeda berdasarkan karakteristik demografis seperti jenis kelamin serta latar belakang bahasa pertama versus bahasa kedua, sehingga strategi pengajaran dapat lebih dipersonalisasi. Ketiga ide ini diharapkan memberikan arahan praktis dalam merancang bahan ajar yang efektif, sekaligus menutup celah pengetahuan terkait pengoptimalan bahan autentik dalam konteks pengajaran menulis di pendidikan tinggi. Dengan demikian, penelitian lanjutan ini akan memperkaya bukti empiris dan membantu pendidik memilih bahan yang tepat sesuai kebutuhan siswa.

  1. Effect of YouTube Videos and Pictures on EFL Students’ Writing Performance | Dinamika Ilmu. effect... doi.org/10.21093/di.v16i2.534Effect of YouTube Videos and Pictures on EFL StudentsAo Writing Performance Dinamika Ilmu effect doi 10 21093 di v16i2 534
  2. Text and task authenticity in the EFL classroom | ELT Journal | Oxford Academic. text task authenticity... doi.org/10.1093/elt/55.4.347Text and task authenticity in the EFL classroom ELT Journal Oxford Academic text task authenticity doi 10 1093 elt 55 4 347
  3. effect of authentic materials on the motivation of EFL learners | ELT Journal | Oxford Academic. effect... doi.org/10.1093/elt/51.2.144effect of authentic materials on the motivation of EFL learners ELT Journal Oxford Academic effect doi 10 1093 elt 51 2 144
  4. When Arabic speakers read English words – AWEJ. arabic speakers english words awej skip content... doi.org/10.24093/awej/vol9no1.1When Arabic speakers read English words Ae AWEJ arabic speakers english words awej skip content doi 10 24093 awej vol9no1 1
File size258.84 KB
Pages10
DMCAReportReport

ads-block-test