UNMUNM

International Journal of Language EducationInternational Journal of Language Education

Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki hubungan antara perilaku reflektif guru EFL dan keyakinan mereka tentang pembelajaran dan pengajaran bahasa. Untuk itu, dua kuesioner dibagikan kepada 130 guru EFL laki-laki dan perempuan yang diambil secara sampling berkenaan, kemudian data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis korelasional dan regresi berganda/multivariat. Lima komponen keyakinan guru—yakni bakat bahasa asing, kesulitan pembelajaran bahasa, sifat pembelajaran bahasa, strategi pembelajaran dan komunikasi, serta motivasi dan ekspektasi—dikutip dalam analisis. Hasil menunjukkan bahwa meskipun terdapat hubungan signifikan antara tingkat reflektivitas guru dan keyakinan mereka tentang pembelajaran bahasa, refleksi guru tidak menjadi prediktor signifikan bagi keseluruhan keyakinan serta komponen pembentuknya.

Temuan penelitian ini menunjukkan adanya korelasi negatif kecil namun signifikan antara reflektivitas guru dan keyakinan mereka tentang pembelajaran bahasa.Meski demikian, reflektivitas tidak secara bermakna memprediksi keyakinan guru secara keseluruhan maupun komponen-komponennya.Hanya sebagian aspek reflektivitas, seperti dimensi afektif, kognitif, dan kritis, yang memiliki sumbangan prediktif kecil terhadap variabel keyakinan tertentu.

Pengembangan penelitian selanjutnya dapat diarahkan pada investigasi kualitatif mendalam tentang bagaimana guru EFL merespons situasi pembelajaran sehari-hari melalui proses refleksi, dengan memanfaatkan wawancara semi-terstruktur dan analisis naratif untuk menggali keyakinan mendasar dan transformasi kepercayaan mereka selama praktik mengajar. Selain itu, penelitian eksperimen dapat dirancang untuk menguji efektivitas berbagai jenis intervensi pelatihan reflektif—seperti lokakarya kolaboratif, pendampingan profesional, atau penggunaan jurnal reflektif digital—dalam memodifikasi keyakinan guru tentang pembelajaran bahasa dan menganalisis dampaknya terhadap strategi pengajaran serta hasil belajar siswa. Terakhir, studi komparatif lintas-konteks dapat mengidentifikasi peran moderasi faktor-faktor seperti pengalaman mengajar, level institusi (formal, nonformal), dan karakteristik budaya sekolah dalam memperkuat atau melemahkan hubungan antara reflektivitas guru dan keyakinan mereka, sehingga dapat memetakan kondisi ideal untuk penerapan praktik reflektif. Selain itu, penelitian dapat mengeksplorasi perbedaan reflektivitas dan keyakinan antara guru dengan latar belakang pendidikan ELT dan non-ELT untuk mengidentifikasi kebutuhan pelatihan yang lebih spesifik. Dengan mengintegrasikan metode campuran kuantitatif dan kualitatif serta longitudinal design, ide-ide penelitian ini akan melengkapi temuan awal kuantitatif dengan wawasan kontekstual dan dinamika proses refleksi yang lebih komprehensif.

  1. Effects of pedagogical movie English subtitles on EFL learners’ vocabulary improvement –... doi.org/10.5861/ijrsll.2015.1237Effects of pedagogical movie English subtitles on EFL learnersAo vocabulary improvement Ae doi 10 5861 ijrsll 2015 1237
File size365.59 KB
Pages13
DMCAReportReport

ads-block-test