UNMUNM
International Journal of Language EducationInternational Journal of Language EducationPenelitian ini bertujuan untuk menyelidiki hubungan antara perilaku reflektif guru EFL dan keyakinan mereka tentang pembelajaran dan pengajaran bahasa. Untuk itu, dua kuesioner dibagikan kepada 130 guru EFL laki-laki dan perempuan yang diambil secara sampling berkenaan, kemudian data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis korelasional dan regresi berganda/multivariat. Lima komponen keyakinan guru—yakni bakat bahasa asing, kesulitan pembelajaran bahasa, sifat pembelajaran bahasa, strategi pembelajaran dan komunikasi, serta motivasi dan ekspektasi—dikutip dalam analisis. Hasil menunjukkan bahwa meskipun terdapat hubungan signifikan antara tingkat reflektivitas guru dan keyakinan mereka tentang pembelajaran bahasa, refleksi guru tidak menjadi prediktor signifikan bagi keseluruhan keyakinan serta komponen pembentuknya.
Temuan penelitian ini menunjukkan adanya korelasi negatif kecil namun signifikan antara reflektivitas guru dan keyakinan mereka tentang pembelajaran bahasa.Meski demikian, reflektivitas tidak secara bermakna memprediksi keyakinan guru secara keseluruhan maupun komponen-komponennya.Hanya sebagian aspek reflektivitas, seperti dimensi afektif, kognitif, dan kritis, yang memiliki sumbangan prediktif kecil terhadap variabel keyakinan tertentu.
Pengembangan penelitian selanjutnya dapat diarahkan pada investigasi kualitatif mendalam tentang bagaimana guru EFL merespons situasi pembelajaran sehari-hari melalui proses refleksi, dengan memanfaatkan wawancara semi-terstruktur dan analisis naratif untuk menggali keyakinan mendasar dan transformasi kepercayaan mereka selama praktik mengajar. Selain itu, penelitian eksperimen dapat dirancang untuk menguji efektivitas berbagai jenis intervensi pelatihan reflektif—seperti lokakarya kolaboratif, pendampingan profesional, atau penggunaan jurnal reflektif digital—dalam memodifikasi keyakinan guru tentang pembelajaran bahasa dan menganalisis dampaknya terhadap strategi pengajaran serta hasil belajar siswa. Terakhir, studi komparatif lintas-konteks dapat mengidentifikasi peran moderasi faktor-faktor seperti pengalaman mengajar, level institusi (formal, nonformal), dan karakteristik budaya sekolah dalam memperkuat atau melemahkan hubungan antara reflektivitas guru dan keyakinan mereka, sehingga dapat memetakan kondisi ideal untuk penerapan praktik reflektif. Selain itu, penelitian dapat mengeksplorasi perbedaan reflektivitas dan keyakinan antara guru dengan latar belakang pendidikan ELT dan non-ELT untuk mengidentifikasi kebutuhan pelatihan yang lebih spesifik. Dengan mengintegrasikan metode campuran kuantitatif dan kualitatif serta longitudinal design, ide-ide penelitian ini akan melengkapi temuan awal kuantitatif dengan wawasan kontekstual dan dinamika proses refleksi yang lebih komprehensif.
| File size | 365.59 KB |
| Pages | 13 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
UNMUNM Perancangan program Bahasa Inggris bagi mahasiswa Prodi Kebidanan Poltekkes Mataram menjadi kompleks akibat konflik kebutuhan, yaitu tingkat kemampuanPerancangan program Bahasa Inggris bagi mahasiswa Prodi Kebidanan Poltekkes Mataram menjadi kompleks akibat konflik kebutuhan, yaitu tingkat kemampuan
UNMUNM Model ini menitikberatkan pada peningkatan keterampilan berbahasa Jawa secara lisan melalui praktik monolog dan dialog dengan mengubah status sosial karakter.Model ini menitikberatkan pada peningkatan keterampilan berbahasa Jawa secara lisan melalui praktik monolog dan dialog dengan mengubah status sosial karakter.
UNMUNM Fusarium menyebar optimal dalam kondisi panas dan lembap, sehingga pengendalian lingkungan menjadi kunci. Penerapan pengeringan tanaman saat malam hariFusarium menyebar optimal dalam kondisi panas dan lembap, sehingga pengendalian lingkungan menjadi kunci. Penerapan pengeringan tanaman saat malam hari
UNMUNM Proyek presentasi kelompok terbukti menjadi perangkat pedagogik yang efektif untuk melatih pelafalan, meningkatkan kepercayaan diri, dan memperluas kosakataProyek presentasi kelompok terbukti menjadi perangkat pedagogik yang efektif untuk melatih pelafalan, meningkatkan kepercayaan diri, dan memperluas kosakata
Useful /
UNMUNM Proses delignifikasi efektif meningkatkan kualitas serat untuk menghasilkan kertas dengan karakteristik fisik yang memadai. Hasil kertas dari kulit pisangProses delignifikasi efektif meningkatkan kualitas serat untuk menghasilkan kertas dengan karakteristik fisik yang memadai. Hasil kertas dari kulit pisang
UNMUNM Penelitian ini bertujuan untuk memanfaatkan limbah kulit pisang sebagai bahan baku pembuatan kertas melalui metode organosolv. Kulit pisang mengandungPenelitian ini bertujuan untuk memanfaatkan limbah kulit pisang sebagai bahan baku pembuatan kertas melalui metode organosolv. Kulit pisang mengandung
UNMUNM Semua jenis humor ditemukan memberikan manfaat seperti memudahkan pemahaman materi, menurunkan ketegangan, menciptakan interaksi yang nyaman, meningkatkanSemua jenis humor ditemukan memberikan manfaat seperti memudahkan pemahaman materi, menurunkan ketegangan, menciptakan interaksi yang nyaman, meningkatkan
UNMUNM Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Variabel reliability (X1), responsivenessHasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Variabel reliability (X1), responsiveness