INTELEKTUALINTELEKTUAL

0

Hubungan baik antara guru dan siswa dapat secara positif memengaruhi kesejahteraan subjektif guru. Namun, dalam konteks lingkungan sekolah menengah pertama, hubungan baik dengan siswa dianggap sebagai upaya yang melelahkan bagi guru untuk dipertahankan, yang juga berkaitan dengan kesejahteraan guru. Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah pengalaman mengajar memoderasi dampak hubungan guru-siswa terhadap kesejahteraan subjektif guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan positif antara hubungan guru-siswa, kesejahteraan subjektif guru, dan pengalaman mengajar. Akan tetapi, penelitian ini menunjukkan bahwa tidak ada peran moderasi dari pengalaman mengajar dalam memperlemah atau memperkuat dampak hubungan guru-siswa yang erat pada kesejahteraan guru.

Penelitian ini bertujuan untuk menguji peran moderasi pengalaman mengajar dalam hubungan antara hubungan guru-siswa dan kesejahteraan subjektif guru.Ditemukan bahwa ada hubungan positif antara pengalaman mengajar, hubungan guru-siswa, dan kesejahteraan subjektif guru.Namun, analisis moderasi menunjukkan bahwa tidak ada efek moderasi yang signifikan dari pengalaman mengajar terhadap hubungan antara hubungan guru-siswa dan kesejahteraan subjektif guru.Oleh karena itu, hipotesis pertama penelitian ini diterima, tetapi hipotesis kedua ditolak.Perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui variabel lain yang dapat memperkuat atau memperlemah hubungan antara hubungan guru-siswa dan kesejahteraan subjektif guru.

Berdasarkan temuan penelitian ini, terdapat beberapa saran penelitian lanjutan yang dapat dikembangkan. Pertama, penelitian selanjutnya sebaiknya memasukkan aspek-aspek negatif dari hubungan guru-siswa, seperti konflik dan ketergantungan, selain aspek keakraban. Dengan demikian, penelitian dapat memberikan gambaran yang lebih komprehensif mengenai kompleksitas hubungan guru-siswa dan dampaknya terhadap kesejahteraan guru. Kedua, perlu diinvestigasi variabel lain yang dapat berperan dalam memperkuat atau memperlemah hubungan antara hubungan guru-siswa dan kesejahteraan subjektif guru, seperti kondisi kerja dan hubungan interpersonal dengan rekan kerja. Penelitian ini dapat membantu memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang faktor-faktor yang memengaruhi kesejahteraan guru. Ketiga, penelitian dapat mengeksplorasi perbedaan pengalaman kesejahteraan subjektif guru berdasarkan jenis kelamin, usia, dan masa kerja, serta bagaimana faktor-faktor tersebut berinteraksi dengan kualitas hubungan guru-siswa. Dengan memahami interaksi ini, program intervensi dapat dirancang yang lebih sesuai dengan kebutuhan guru yang beragam.

  1. The role of student-teacher relationship to teacher subjective well-being as moderated by teaching experience... doi.org/10.11591/edulearn.v15i2.18330The role of student teacher relationship to teacher subjective well being as moderated by teaching experience doi 10 11591 edulearn v15i2 18330
  1. #pengalaman mengajar#pengalaman mengajar
File size260.1 KB
Pages8
DMCAReportReport

ads-block-test