LIFESCIFILIFESCIFI

Arthatama: Journal of Business Management and AccountingArthatama: Journal of Business Management and Accounting

Penelitian ini mengevaluasi dampak pemasaran hijau terhadap pertumbuhan dan pembangunan berkelanjutan dengan secara khusus mengambil kasus pada sektor UMKM di Serbia. Selain itu, penelitian ini bertujuan untuk menentukan peran moderasi dari ekopreneurship antara pemasaran hijau dengan pertumbuhan dan pembangunan berkelanjutan. Penelitian ini bersifat kuantitatif, dan data dikumpulkan menggunakan kuesioner survei berskala Likert 5 poin. Analisis dilakukan menggunakan SmartPLS pada sampel berjumlah 450 peserta dari sektor UMKM di Serbia dengan teknik Pemodelan Persamaan Struktural (SEM). Temuan mengungkapkan bahwa secara keseluruhan, efek pemasaran hijau pada UMKM Serbia signifikan secara statistik, sementara moderasi ekopreneurship juga terbukti signifikan. Secara spesifik, legislasi pemerintah, perilaku konsumen, dan sikap manajer senior secara signifikan memengaruhi pertumbuhan dan pembangunan berkelanjutan. Penelitian ini terbatas pada wilayah dan sektor UMKM di Serbia sehingga hasilnya tidak dapat digeneralisasi.

Penelitian ini menyimpulkan bahwa pemasaran hijau memiliki dampak yang signifikan secara statistik terhadap pertumbuhan dan pembangunan berkelanjutan pada sektor UMKM di Serbia, dan peran moderasi dari ekopreneurship juga terbukti signifikan dalam hubungan tersebut.Oleh karena itu, pihak berwenang disarankan untuk mengambil langkah-langkah efektif dalam bidang pemasaran hijau serta mempromosikan ekopreneurship untuk mendorong pertumbuhan berkelanjutan perusahaan kecil dan menengah demi keuntungan ekonomi jangka panjang.Pada akhirnya, penguatan sektor UMKM melalui pendekatan ini dapat meningkatkan kontribusinya pada perekonomian Serbia secara keseluruhan, yang mengarah pada kemakmuran masyarakat.

Penelitian selanjutnya bisa membandingkan hasil ini dengan negara lain di kawasan Balkan atau Eropa Timur yang memiliki karakteristik ekonomi serupa untuk melihat apakah faktor seperti legislasi pemerintah dan sikap manajer memiliki pengaruh yang sama. Selain itu, sangat menarik untuk menyelidiki apakah dinamika pemasaran hijau dan ekopreneurship yang sama juga berlaku untuk perusahaan besar atau multinasional di Serbia, ataukah ada tantangan dan pendorong yang unik di lingkungan korporat yang berbeda. Untuk memahami alasan di balik temuan kuantitatif ini, disarankan melakukan penelitian kualitatif yang lebih mendalam, misalnya melalui wawancara dengan manajer senior untuk menjelaskan proses di balik keputusan mereka mengadopsi praktik hijau. Studi semacam itu juga bisa menjawab pertanyaan seperti, Faktor sosial atau budaya apa yang secara tidak langsung memengaruhi kesadaran konsumen di Serbia terhadap produk ramah lingkungan? Lebih lanjut, penelitian di masa depan dapat memperluas model ini dengan menambahkan variabel baru, seperti kemampuan inovasi, untuk menguji apakah kemampuan UMKM menciptakan teknologi atau proses baru merupakan kunci dalam menerjemahkan niat hijau menjadi kesuksesan pertumbuhan yang nyata dan berkelanjutan.

  1. SME Policy Index: Western Balkans and Turkey 2019 | OECD. policy index western balkans turkey oecd skip... doi.org/10.1787/g2g9fa9a-enSME Policy Index Western Balkans and Turkey 2019 OECD policy index western balkans turkey oecd skip doi 10 1787 g2g9fa9a en
  1. #pemasaran hijau#pemasaran hijau
  2. #green marketing#green marketing
Read online
File size298.1 KB
Pages11
Short Linkhttps://juris.id/p-WZ
DMCAReport

Related /

ads-block-test