UNMUNM
International Journal of Language EducationInternational Journal of Language EducationPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMA. Metode yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain pretest–posttest control group design. Sampel terdiri atas 60 siswa kelas XI di salah satu SMA Negeri di Bandung yang dibagi menjadi kelas eksperimen dan kontrol. Data kemampuan pemecahan masalah matematis diukur melalui tes uraian yang divalidasi oleh pakar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang signifikan pada kelas yang menerapkan model pembelajaran berbasis masalah dibandingkan kelas konvensional. Oleh karena itu, model pembelajaran berbasis masalah dapat dijadikan sebagai alternatif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.
Model pembelajaran berbasis masalah secara signifikan meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.Peningkatan ini ditandai dengan nilai n-gain kelas eksperimen yang berada pada kategori tinggi.Disarankan kepada guru matematika untuk menerapkan model ini secara konsisten dengan menyesuaikan karakteristik materi.
Bolehkah kita menguji apakah model pembelajaran berbasis masalah yang dipadukan dengan teori budaya lokal dapat membuat siswa lebih mudah memecahkan soal matematika yang berkaitan dengan konteks kehidupan sehari-hari? Bagaimana jika kita bandingkan efektivitas model ini antara siswa yang memiliki kemampuan awal tinggi, sedang, dan rendah agar kita tahu siapa yang paling diuntungkan? Dan apakah mungkin kita ciptakan versi digital berupa aplikasi berbasis masalah yang bisa dipakai di rumah agar latihan pemecahan masalah matematis terus berlangsung tanpa terbatas waktu dan tempat?.
| File size | 255.48 KB |
| Pages | 8 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
UNMUNM Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan Bahasa Inggris mahasiswa masih rendah (84,6% berada pada level Dasar); kebutuhan target (necessities) mencakupHasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan Bahasa Inggris mahasiswa masih rendah (84,6% berada pada level Dasar); kebutuhan target (necessities) mencakup
UNMUNM Kulit pisang memiliki kandungan selulosa tinggi sehingga layak menjadi bahan baku kertas. Proses delignifikasi efektif meningkatkan kualitas serat untukKulit pisang memiliki kandungan selulosa tinggi sehingga layak menjadi bahan baku kertas. Proses delignifikasi efektif meningkatkan kualitas serat untuk
UNMUNM Hasil menunjukkan bahwa meskipun terdapat hubungan signifikan antara tingkat reflektivitas guru dan keyakinan mereka tentang pembelajaran bahasa, refleksiHasil menunjukkan bahwa meskipun terdapat hubungan signifikan antara tingkat reflektivitas guru dan keyakinan mereka tentang pembelajaran bahasa, refleksi
UNMUNM Pengajaran menulis bukanlah hal yang mudah. Guru menulis sering menghadapi masalah dalam memilih materi yang sesuai bagi siswa. Tulisan ini bertujuan untukPengajaran menulis bukanlah hal yang mudah. Guru menulis sering menghadapi masalah dalam memilih materi yang sesuai bagi siswa. Tulisan ini bertujuan untuk
Useful /
UNRUNR (a) data foto yang sulit ditafsirkan keberadaannya. (b) informasi dari para narasumber yang tidak selalu sejalan. (c) keterbatasan narasumber dalam mengingat(a) data foto yang sulit ditafsirkan keberadaannya. (b) informasi dari para narasumber yang tidak selalu sejalan. (c) keterbatasan narasumber dalam mengingat
UNRUNR Kegiatan dilaksanakan melalui sosialisasi, perijinan, persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Hasilnya, siswa lebih memahami pentingnya kebersihan, caraKegiatan dilaksanakan melalui sosialisasi, perijinan, persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Hasilnya, siswa lebih memahami pentingnya kebersihan, cara
UNMUNM Penelitian ini meneliti nilai pembelajaran presentasi kelompok mingguan terhadap kemampuan fonologis mahasiswa tahun kedua jurusan Bahasa Inggris di sebuahPenelitian ini meneliti nilai pembelajaran presentasi kelompok mingguan terhadap kemampuan fonologis mahasiswa tahun kedua jurusan Bahasa Inggris di sebuah
UNMUNM Metode organosolv menggunakan pelarut etanol 60% pada suhu 170 °C selama 90 menit untuk menghilangkan lignin dan hemiselulosa. Hasil menunjukkan bahwaMetode organosolv menggunakan pelarut etanol 60% pada suhu 170 °C selama 90 menit untuk menghilangkan lignin dan hemiselulosa. Hasil menunjukkan bahwa