APTKLHIAPTKLHI

Indonesian Journal of Forestry ResearchIndonesian Journal of Forestry Research

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis etnosains terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa SMA pada materi suhu dan kalor. Rancangan penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas X SMA Negeri 5 Kupang. Sampel dipilih secara purposive sampling, yaitu kelas X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan X MIPA 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan meliputi tes kemampuan berpikir kritis dan tes hasil belajar yang telah divalidasi. Data dianalisis menggunakan uji-t untuk melihat perbedaan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model PBL berbasis etnosains secara signifikan meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Peningkatan kemampuan berpikir kritis ditunjukkan dengan nilai rata-rata post-test kelas eksperimen sebesar 82,3, sementara kelas kontrol 68,7. Begitu pula dengan hasil belajar, kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata 84,2, lebih tinggi daripada kelas kontrol yang hanya mencapai 71,5.

Model Problem Based Learning berbasis etnosains efektif meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa SMA.Penerapan etnosains membuat siswa lebih terlibat secara kultural dan kontekstual dalam memecahkan masalah sains.

Bolehkah kita menguji apakah model PBL berbasis etnosains juga memperkuat literasi sains siswa pada materi energi dan daya? Bagaimana jika kita bandingkan keefektifan PBL etnosains dalam bentuk daring dengan luring untuk meminimalkan kesenjangan akses di wilayah 3T? Apakah penggabungan PBL etnosains dengan flipped classroom bisa menurunkan beban kognitif sekaligus meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa?.

  1. Industry Revolution 4.0: The Challenge for Secondary Education on Tourism and Hospitality in Indonesia... doi.org///10.2991/ictvet-18.2019.106Industry Revolution 4 0 The Challenge for Secondary Education on Tourism and Hospitality in Indonesia doi 10 2991 ictvet 18 2019 106
  2. Limits to community participation in the tourism development process in developing countries - ScienceDirect.... doi.org///10.1016/S0261-5177(00)00009-1Limits to community participation in the tourism development process in developing countries ScienceDirect doi 10 1016 S0261 5177 00 00009 1
  3. Rural tourism: A systematic literature review on definitions and challenges - ScienceDirect. rural tourism... doi.org///10.1016/j.jhtm.2021.03.001Rural tourism A systematic literature review on definitions and challenges ScienceDirect rural tourism doi 10 1016 j jhtm 2021 03 001
  4. View of Socio-cultural Factors on The Establishment and Development of Communal Homestay in Eco Rural... doi.org///10.7226/jtfm.28.2.91View of Socio cultural Factors on The Establishment and Development of Communal Homestay in Eco Rural doi 10 7226 jtfm 28 2 91
  1. #kemampuan berpikir kritis#kemampuan berpikir kritis
  2. #siswa kelas x#siswa kelas x
File size864.9 KB
Pages18
DMCAReportReport

ads-block-test