APTKLHIAPTKLHI
Indonesian Journal of Forestry ResearchIndonesian Journal of Forestry ResearchPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis etnosains terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa SMA pada materi suhu dan kalor. Rancangan penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas X SMA Negeri 5 Kupang. Sampel dipilih secara purposive sampling, yaitu kelas X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan X MIPA 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan meliputi tes kemampuan berpikir kritis dan tes hasil belajar yang telah divalidasi. Data dianalisis menggunakan uji-t untuk melihat perbedaan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model PBL berbasis etnosains secara signifikan meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Peningkatan kemampuan berpikir kritis ditunjukkan dengan nilai rata-rata post-test kelas eksperimen sebesar 82,3, sementara kelas kontrol 68,7. Begitu pula dengan hasil belajar, kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata 84,2, lebih tinggi daripada kelas kontrol yang hanya mencapai 71,5.
Model Problem Based Learning berbasis etnosains efektif meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa SMA.Penerapan etnosains membuat siswa lebih terlibat secara kultural dan kontekstual dalam memecahkan masalah sains.
Bolehkah kita menguji apakah model PBL berbasis etnosains juga memperkuat literasi sains siswa pada materi energi dan daya? Bagaimana jika kita bandingkan keefektifan PBL etnosains dalam bentuk daring dengan luring untuk meminimalkan kesenjangan akses di wilayah 3T? Apakah penggabungan PBL etnosains dengan flipped classroom bisa menurunkan beban kognitif sekaligus meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa?.
- Industry Revolution 4.0: The Challenge for Secondary Education on Tourism and Hospitality in Indonesia... doi.org///10.2991/ictvet-18.2019.106Industry Revolution 4 0 The Challenge for Secondary Education on Tourism and Hospitality in Indonesia doi 10 2991 ictvet 18 2019 106
- Limits to community participation in the tourism development process in developing countries - ScienceDirect.... doi.org///10.1016/S0261-5177(00)00009-1Limits to community participation in the tourism development process in developing countries ScienceDirect doi 10 1016 S0261 5177 00 00009 1
- Rural tourism: A systematic literature review on definitions and challenges - ScienceDirect. rural tourism... doi.org///10.1016/j.jhtm.2021.03.001Rural tourism A systematic literature review on definitions and challenges ScienceDirect rural tourism doi 10 1016 j jhtm 2021 03 001
- View of Socio-cultural Factors on The Establishment and Development of Communal Homestay in Eco Rural... doi.org///10.7226/jtfm.28.2.91View of Socio cultural Factors on The Establishment and Development of Communal Homestay in Eco Rural doi 10 7226 jtfm 28 2 91
| File size | 864.9 KB |
| Pages | 18 |
| Short Link | https://juris.id/p-41 |
| DMCA | Report |
Related /
IPBIPB Perubahan pola distribusi LULC dan titik pusat pertumbuhan kawasan perkotaan menunjukkan transformasi dari daerah pedesaan menjadi wilayah urban. PenelitianPerubahan pola distribusi LULC dan titik pusat pertumbuhan kawasan perkotaan menunjukkan transformasi dari daerah pedesaan menjadi wilayah urban. Penelitian
APTKLHIAPTKLHI Analisis perubahan tutupan lahan menggunakan data citra satelit Sentinel-2A dan NDVI (2018–2023) menunjukkan penurunan area terbuka dari 19 % menjadiAnalisis perubahan tutupan lahan menggunakan data citra satelit Sentinel-2A dan NDVI (2018–2023) menunjukkan penurunan area terbuka dari 19 % menjadi
APTKLHIAPTKLHI Penelitian ini bertujuan untuk memahami pertumbuhan tanaman petai dan kondisi iklim mikro dalam variasi campuran substrat dan tingkat muka air dangkal.Penelitian ini bertujuan untuk memahami pertumbuhan tanaman petai dan kondisi iklim mikro dalam variasi campuran substrat dan tingkat muka air dangkal.
UNIMALUNIMAL Dalam penyelidikan pendahuluan ini, produk glukosa dipersiapkan menggunakan dua metode: metode-I meliputi tahapan ekstraksi, delignifikasi, dan hidrolisis;Dalam penyelidikan pendahuluan ini, produk glukosa dipersiapkan menggunakan dua metode: metode-I meliputi tahapan ekstraksi, delignifikasi, dan hidrolisis;
UNIMALUNIMAL Kemudian dibuat rumus trigonometri untuk mendapatkan perbedaan sudut fase dan urutan fase sistem multifase. Dua fase dari sistem tiga fase digunakan, kemudianKemudian dibuat rumus trigonometri untuk mendapatkan perbedaan sudut fase dan urutan fase sistem multifase. Dua fase dari sistem tiga fase digunakan, kemudian
UNIMALUNIMAL COBIT 5 menyediakan kerangka kerja yang komprehensif yang membantu perusahaan mencapai tujuan mereka dalam tata kelola perusahaan dan tata kelola TI. KerangkaCOBIT 5 menyediakan kerangka kerja yang komprehensif yang membantu perusahaan mencapai tujuan mereka dalam tata kelola perusahaan dan tata kelola TI. Kerangka
ITBITB Tampaknya eco enzyme saja tidak dapat meningkatkan kualitas air sungai yang tercemar. Penggunaan konsentrasi eco enzyme yang lebih tinggi mungkin mampuTampaknya eco enzyme saja tidak dapat meningkatkan kualitas air sungai yang tercemar. Penggunaan konsentrasi eco enzyme yang lebih tinggi mungkin mampu
UPIUPI Metode yang digunakan adalah metode desain rasional, sering disebut metode glass box, yang dibagi menjadi empat langkah: (1) kriteria desain; (2) perilakuMetode yang digunakan adalah metode desain rasional, sering disebut metode glass box, yang dibagi menjadi empat langkah: (1) kriteria desain; (2) perilaku
Useful /
IPBIPB Tingkat keberlanjutan di wilayah pesisir, perbukitan, dan dataran masing‑masing sebesar 53,16 %, 55,44 %, dan 56,94 %. Nilai ≥ 50 % menunjukkanTingkat keberlanjutan di wilayah pesisir, perbukitan, dan dataran masing‑masing sebesar 53,16 %, 55,44 %, dan 56,94 %. Nilai ≥ 50 % menunjukkan
IPBIPB Klaster spasial mengkategorikan desa menjadi empat tipologi: desa perkotaan (Klaster Satu), desa berkembang (Klaster Tiga), dan desa kurang berkembangKlaster spasial mengkategorikan desa menjadi empat tipologi: desa perkotaan (Klaster Satu), desa berkembang (Klaster Tiga), dan desa kurang berkembang
IPBIPB Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi teknologi e-learning berdampak signifikan pada peningkatan keterlibatan dan kinerja belajar mahasiswa.Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi teknologi e-learning berdampak signifikan pada peningkatan keterlibatan dan kinerja belajar mahasiswa.
UNUSAUNUSA Hasil SGOT dan SGPT yang disimpan selama 8 minggu masih memenuhi persyaratan grafik kontrol Levey-Jennings. Serum kontrol buatan sendiri yang diliofilisasiHasil SGOT dan SGPT yang disimpan selama 8 minggu masih memenuhi persyaratan grafik kontrol Levey-Jennings. Serum kontrol buatan sendiri yang diliofilisasi