UNYUNY
Jurnal Cakrawala PendidikanJurnal Cakrawala PendidikanTerinspirasi oleh rendahnya hasil belajar Ekonomi siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri di Kabupaten Cianjur, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis peran regulasi diri dalam memediasi efek resiliensi dan lingkungan keluarga terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode survei eksplanatori dengan instrumen kuesioner dan observasi untuk mengumpulkan data. Populasi penelitian terdiri dari seluruh siswa kelas XI IPS di SMA Negeri di Kabupaten Cianjur, dengan sampel acak sebanyak 223 siswa. Data dianalisis menggunakan analisis regresi linier berganda dengan variabel mediator. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (i) resiliensi dan lingkungan keluarga berada pada kategori tinggi, sedangkan regulasi diri dan hasil belajar berada pada kategori sedang; (ii) resiliensi dan lingkungan keluarga memengaruhi regulasi diri; (iii) resiliensi, lingkungan keluarga, dan regulasi diri berpengaruh terhadap hasil belajar; (iv) resiliensi memengaruhi hasil belajar baik secara langsung maupun tidak langsung melalui regulasi diri; dan (v) lingkungan keluarga memengaruhi hasil belajar secara langsung maupun tidak langsung melalui regulasi diri. Temuan ini mengindikasikan bahwa konsep resiliensi, lingkungan keluarga, dan regulasi diri relevan dan dapat menjadi prediktor hasil belajar siswa.
Penelitian ini menyimpulkan bahwa resiliensi dan lingkungan keluarga berada pada kategori tinggi, sementara regulasi diri dan hasil belajar berada pada kategori sedang.Resiliensi dan lingkungan keluarga berpengaruh terhadap regulasi diri dan hasil belajar, sedangkan regulasi diri juga terbukti memediasi pengaruh kedua variabel eksternal tersebut terhadap hasil belajar siswa.Temuan ini menegaskan relevansi konsep resiliensi, lingkungan keluarga, dan regulasi diri dalam memprediksi hasil belajar serta mendorong perluasan penelitian dengan variabel tambahan dan model mediasi maupun moderasi.
Pertama, penelitian selanjutnya dapat mengeksplorasi peran motivasi intrisik dan motivasi ekstrinsik sebagai mediator baru yang memperkuat atau memoderasi pengaruh resiliensi terhadap pencapaian belajar siswa di berbagai konteks sekolah menengah atas, misalnya mempertanyakan bagaimana variasi sumber motivasi dapat mempengaruhi efektivitas resiliensi dalam meningkatkan hasil belajar mata pelajaran sosial dan eksakta. Kedua, perlu dikembangkan studi yang menguji secara spesifik peran dukungan guru, kondisi lingkungan belajar digital, dan sarana teknologi pembelajaran sebagai variabel moderator, untuk melihat sejauh mana faktor-faktor tersebut mengubah hubungan antara regulasi diri, lingkungan keluarga, dan hasil belajar, serta mengidentifikasi skenario pembelajaran hibrid yang paling efektif. Ketiga, penelitian dengan desain longitudinal dan metode campuran (mixed methods) dapat digunakan untuk mengamati perubahan dinamis resiliensi, regulasi diri, dan motivasi belajar selama periode studi satu hingga dua tahun, serta mendalami mekanisme kausal dan persepsi siswa maupun orang tua secara kualitatif melalui wawancara mendalam. Ketiga ide penelitian ini akan memperkaya kerangka penelitian tanpa menambahkan variabel di luar model teori awal dan membantu merumuskan strategi intervensi yang lebih tepat sasaran dalam upaya peningkatan hasil belajar siswa.
- arental Involvement in Mexican Elementary Students? Homework: Its Relation with Academic Self-Efficacy,... journals.copmadrid.org/psed/art/psed2020a5arental Involvement in Mexican Elementary Students Homework Its Relation with Academic Self Efficacy journals copmadrid psed art psed2020a5
- Eurasian Journal of Educational Research – An Open Access Journal | Print ISSN : 1302-597X | e-ISSN... ejer.com.tr/?git=22&kategori=166&makale=1135Eurasian Journal of Educational Research Ae An Open Access Journal Print ISSN 1302 597X e ISSN ejer tr git 22 kategori 166 makale 1135
- A STUDY ON FAMILY ENVIRONMENT AND ITS EFFECT ON ACADEMIC ACHIEVEMENT IN SCIENCE AMONG SECONDARY SCHOOL... granthaalayahpublication.org/journals/index.php/granthaalayah/article/view/IJRG17_A06_418A STUDY ON FAMILY ENVIRONMENT AND ITS EFFECT ON ACADEMIC ACHIEVEMENT IN SCIENCE AMONG SECONDARY SCHOOL granthaalayahpublication journals index php granthaalayah article view IJRG17 A06 418
- Self-regulation across time of first-generation online learners | Research in Learning Technology. self... doi.org/10.1080/09687761003657572Self regulation across time of first generation online learners Research in Learning Technology self doi 10 1080 09687761003657572
| File size | 363.78 KB |
| Pages | 15 |
| Short Link | https://juris.id/p-6u |
| DMCA | Report |
Related /
UNYUNY 3)/sering disederhanakan menjadi /ć/dan /z/karena tidak ada dalam sistem fonem bahasa Vietnam. Untuk meningkatkan pelafalan, guru perlu memberikan latihan3)/sering disederhanakan menjadi /ć/dan /z/karena tidak ada dalam sistem fonem bahasa Vietnam. Untuk meningkatkan pelafalan, guru perlu memberikan latihan
UNYUNY Penelitian menekankan pentingnya mengintegrasikan media literat serta aktivitas yang mempromosikan kemampuan asosiasi dalam pendidikan anak usia dini untukPenelitian menekankan pentingnya mengintegrasikan media literat serta aktivitas yang mempromosikan kemampuan asosiasi dalam pendidikan anak usia dini untuk
UNYUNY Diberikan ringkasan: Penelitian ini membandingkan kinerja algoritma machine learning dan deep learning dalam sistem mesin pencari. Hasil menunjukkan bahwaDiberikan ringkasan: Penelitian ini membandingkan kinerja algoritma machine learning dan deep learning dalam sistem mesin pencari. Hasil menunjukkan bahwa
UNYUNY Permainan daring semakin populer di kalangan remaja maupun orang dewasa. Studi ini bertujuan untuk menilai dampak permainan daring terhadap kesejahteraanPermainan daring semakin populer di kalangan remaja maupun orang dewasa. Studi ini bertujuan untuk menilai dampak permainan daring terhadap kesejahteraan
UNYUNY Studi ini menguji pengaruh pandangan guru sekolah swasta tentang iklim sekolah terhadap persepsi keamanan kerja mereka. Penelitian menggunakan metode kuantitatifStudi ini menguji pengaruh pandangan guru sekolah swasta tentang iklim sekolah terhadap persepsi keamanan kerja mereka. Penelitian menggunakan metode kuantitatif
UNYUNY Temuan ini menegaskan pentingnya integrasi alat pedagogis terstruktur di pendidikan tinggi untuk merangsang berpikir kritis, meningkatkan retensi konten,Temuan ini menegaskan pentingnya integrasi alat pedagogis terstruktur di pendidikan tinggi untuk merangsang berpikir kritis, meningkatkan retensi konten,
UNYUNY Artikel ini juga menilai upaya dan dukungan yang diberikan oleh mitra Barat dalam meningkatkan pendidikan di Ethiopia. Sistem pendidikan tradisional EthiopiaArtikel ini juga menilai upaya dan dukungan yang diberikan oleh mitra Barat dalam meningkatkan pendidikan di Ethiopia. Sistem pendidikan tradisional Ethiopia
UNYUNY Feedback kualitatif juga menunjukkan bahwa siswa merasa lebih terlibat dan termotivasi selama aktivitas membaca, karena strategi KWL memacu mereka menggunakanFeedback kualitatif juga menunjukkan bahwa siswa merasa lebih terlibat dan termotivasi selama aktivitas membaca, karena strategi KWL memacu mereka menggunakan
Useful /
UNYUNY Penelitian menunjukkan bahwa 84% siswa menyatakan TaRL memberi mereka kesempatan lebih untuk menunjukkan keterampilan, 88% siswa merasa lebih percaya diriPenelitian menunjukkan bahwa 84% siswa menyatakan TaRL memberi mereka kesempatan lebih untuk menunjukkan keterampilan, 88% siswa merasa lebih percaya diri
UNYUNY Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak internalisasi nilai‑nilai upacara Ngaben dalam pembelajaran sejarah terhadap literasi budaya dan sikapPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak internalisasi nilai‑nilai upacara Ngaben dalam pembelajaran sejarah terhadap literasi budaya dan sikap
UNYUNY Menggunakan pendekatan fenomenologis kualitatif, wawancara semi-terstruktur dilakukan dengan lima mahasiswa tunanetra yang dipilih melalui pengambilanMenggunakan pendekatan fenomenologis kualitatif, wawancara semi-terstruktur dilakukan dengan lima mahasiswa tunanetra yang dipilih melalui pengambilan
UNYUNY Penelitian lebih lanjut diperlukan pada jenjang pendidikan menengah dan tinggi untuk mengeksplorasi dan menyempurnakan kompetensi dasar, serta memperdalamPenelitian lebih lanjut diperlukan pada jenjang pendidikan menengah dan tinggi untuk mengeksplorasi dan menyempurnakan kompetensi dasar, serta memperdalam