UNYUNY
Jurnal Cakrawala PendidikanJurnal Cakrawala PendidikanTerinspirasi oleh rendahnya hasil belajar Ekonomi siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri di Kabupaten Cianjur, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis peran regulasi diri dalam memediasi efek resiliensi dan lingkungan keluarga terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode survei eksplanatori dengan instrumen kuesioner dan observasi untuk mengumpulkan data. Populasi penelitian terdiri dari seluruh siswa kelas XI IPS di SMA Negeri di Kabupaten Cianjur, dengan sampel acak sebanyak 223 siswa. Data dianalisis menggunakan analisis regresi linier berganda dengan variabel mediator. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (i) resiliensi dan lingkungan keluarga berada pada kategori tinggi, sedangkan regulasi diri dan hasil belajar berada pada kategori sedang; (ii) resiliensi dan lingkungan keluarga memengaruhi regulasi diri; (iii) resiliensi, lingkungan keluarga, dan regulasi diri berpengaruh terhadap hasil belajar; (iv) resiliensi memengaruhi hasil belajar baik secara langsung maupun tidak langsung melalui regulasi diri; dan (v) lingkungan keluarga memengaruhi hasil belajar secara langsung maupun tidak langsung melalui regulasi diri. Temuan ini mengindikasikan bahwa konsep resiliensi, lingkungan keluarga, dan regulasi diri relevan dan dapat menjadi prediktor hasil belajar siswa.
Penelitian ini menyimpulkan bahwa resiliensi dan lingkungan keluarga berada pada kategori tinggi, sementara regulasi diri dan hasil belajar berada pada kategori sedang.Resiliensi dan lingkungan keluarga berpengaruh terhadap regulasi diri dan hasil belajar, sedangkan regulasi diri juga terbukti memediasi pengaruh kedua variabel eksternal tersebut terhadap hasil belajar siswa.Temuan ini menegaskan relevansi konsep resiliensi, lingkungan keluarga, dan regulasi diri dalam memprediksi hasil belajar serta mendorong perluasan penelitian dengan variabel tambahan dan model mediasi maupun moderasi.
Pertama, penelitian selanjutnya dapat mengeksplorasi peran motivasi intrisik dan motivasi ekstrinsik sebagai mediator baru yang memperkuat atau memoderasi pengaruh resiliensi terhadap pencapaian belajar siswa di berbagai konteks sekolah menengah atas, misalnya mempertanyakan bagaimana variasi sumber motivasi dapat mempengaruhi efektivitas resiliensi dalam meningkatkan hasil belajar mata pelajaran sosial dan eksakta. Kedua, perlu dikembangkan studi yang menguji secara spesifik peran dukungan guru, kondisi lingkungan belajar digital, dan sarana teknologi pembelajaran sebagai variabel moderator, untuk melihat sejauh mana faktor-faktor tersebut mengubah hubungan antara regulasi diri, lingkungan keluarga, dan hasil belajar, serta mengidentifikasi skenario pembelajaran hibrid yang paling efektif. Ketiga, penelitian dengan desain longitudinal dan metode campuran (mixed methods) dapat digunakan untuk mengamati perubahan dinamis resiliensi, regulasi diri, dan motivasi belajar selama periode studi satu hingga dua tahun, serta mendalami mekanisme kausal dan persepsi siswa maupun orang tua secara kualitatif melalui wawancara mendalam. Ketiga ide penelitian ini akan memperkaya kerangka penelitian tanpa menambahkan variabel di luar model teori awal dan membantu merumuskan strategi intervensi yang lebih tepat sasaran dalam upaya peningkatan hasil belajar siswa.
- arental Involvement in Mexican Elementary Students? Homework: Its Relation with Academic Self-Efficacy,... journals.copmadrid.org/psed/art/psed2020a5arental Involvement in Mexican Elementary Students Homework Its Relation with Academic Self Efficacy journals copmadrid psed art psed2020a5
- Eurasian Journal of Educational Research – An Open Access Journal | Print ISSN : 1302-597X | e-ISSN... ejer.com.tr/?git=22&kategori=166&makale=1135Eurasian Journal of Educational Research Ae An Open Access Journal Print ISSN 1302 597X e ISSN ejer tr git 22 kategori 166 makale 1135
- A STUDY ON FAMILY ENVIRONMENT AND ITS EFFECT ON ACADEMIC ACHIEVEMENT IN SCIENCE AMONG SECONDARY SCHOOL... granthaalayahpublication.org/journals/index.php/granthaalayah/article/view/IJRG17_A06_418A STUDY ON FAMILY ENVIRONMENT AND ITS EFFECT ON ACADEMIC ACHIEVEMENT IN SCIENCE AMONG SECONDARY SCHOOL granthaalayahpublication journals index php granthaalayah article view IJRG17 A06 418
- Self-regulation across time of first-generation online learners | Research in Learning Technology. self... doi.org/10.1080/09687761003657572Self regulation across time of first generation online learners Research in Learning Technology self doi 10 1080 09687761003657572
| File size | 363.78 KB |
| Pages | 15 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
UNSIQUNSIQ Salah satu wujudnya adalah pengelolaan sampah menjadi usaha yang menghasilkan keuntungan dan menjaga kelestarian lingkungan. Pengabdian masyarakat iniSalah satu wujudnya adalah pengelolaan sampah menjadi usaha yang menghasilkan keuntungan dan menjaga kelestarian lingkungan. Pengabdian masyarakat ini
POLIMEDIAPOLIMEDIA Pemanfaatan teknologi AI memungkinkan pembelajaran mandiri, adaptif, dan kontekstual melalui aplikasi interaktif yang mendukung peningkatan kosakata, polaPemanfaatan teknologi AI memungkinkan pembelajaran mandiri, adaptif, dan kontekstual melalui aplikasi interaktif yang mendukung peningkatan kosakata, pola
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Penelitian ini bertujuan mengkaji kontribusi kepemimpinan kepala sekolah dan budaya sekolah terhadap kinerja guru. Metode yang digunakan adalah pendekatanPenelitian ini bertujuan mengkaji kontribusi kepemimpinan kepala sekolah dan budaya sekolah terhadap kinerja guru. Metode yang digunakan adalah pendekatan
RESEARCHSYNERGYPRESSRESEARCHSYNERGYPRESS Sistem ini menunjukkan kemampuan beradaptasi di berbagai konteks budaya sambil memastikan efektivitas pedagogis dalam berbagai pengaturan pembelajaran.Sistem ini menunjukkan kemampuan beradaptasi di berbagai konteks budaya sambil memastikan efektivitas pedagogis dalam berbagai pengaturan pembelajaran.
Useful /
POLIMEDIAPOLIMEDIA Guru sebagai garda terdepan harus mampu meningkatkan kompetensi baik dalam hal kemampuan metodologi pengajaran maupun kemampuan teknis yang berhubunganGuru sebagai garda terdepan harus mampu meningkatkan kompetensi baik dalam hal kemampuan metodologi pengajaran maupun kemampuan teknis yang berhubungan
OSOOSO Pemasaran digital memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen pada Kopi Lokale cabang Siantan. Penelitian selanjutnyaPemasaran digital memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen pada Kopi Lokale cabang Siantan. Penelitian selanjutnya
UNYUNY Eksperimen pedagogis dilakukan di tiga perguruan tinggi di Uzbekistan: Institut Pedagogik Negeri Jizzakh, Universitas Negeri Termez, dan Universitas NegeriEksperimen pedagogis dilakukan di tiga perguruan tinggi di Uzbekistan: Institut Pedagogik Negeri Jizzakh, Universitas Negeri Termez, dan Universitas Negeri
UNYUNY Tahap anak usia dini merupakan fase yang memegang perkembangan dasar penting secara holistik, meliputi domain afektif, psikomotor, dan khususnya kognitif.Tahap anak usia dini merupakan fase yang memegang perkembangan dasar penting secara holistik, meliputi domain afektif, psikomotor, dan khususnya kognitif.