UNYUNY
Jurnal Cakrawala PendidikanJurnal Cakrawala PendidikanPeningkatan kualitas guru telah menjadi tantangan global, dan pemerintah merespon masalah ini dengan menyediakan berbagai program untuk peningkatan kapasitas guru. Penelitian ini bertujuan merancang program pengembangan profesional bagi guru pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan di Indonesia. Menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan (R&D) model Borg dan Gall, studi ini bertujuan memperoleh hasil yang komprehensif dan pemahaman mendalam mengenai program tersebut. Temuan awal menunjukkan bahwa guru menghadapi beberapa kendala dalam melaksanakan kegiatan belajar dan mengajar, meskipun mereka telah mengikuti beberapa program pelatihan. Oleh karena itu, pengembangan program yang diusulkan dalam penelitian ini terdiri dari tiga dokumen utama: perancangan inisiatif program, pedoman pelaksanaan, dan instrumen evaluasi. Penilaian oleh para ahli, kepala sekolah, dan guru menunjukkan bahwa program ini terbukti valid, praktis, dan efektif untuk digunakan sebagai model pendampingan dalam pengembangan profesional guru pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan di sekolah dasar. Implikasi praktis dan manajerial juga disajikan dalam tulisan ini.
Penelitian ini berhasil mengembangkan program pengembangan profesional guru pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan melalui sintesis model penelitian dan pengembangan, menghasilkan tiga dokumen utama.perancangan program, pedoman pelaksanaan, dan panduan evaluasi.Evaluasi oleh para ahli, kepala sekolah, dan guru menyatakan program tersebut valid, praktis, dan efektif untuk mendampingi pengembangan profesional guru pada jenjang sekolah dasar.Meskipun demikian, penelitian ini terbatas pada area geografis tertentu, tahap pengembangan produk yang terbatas, dan hanya melibatkan guru sekolah dasar, sehingga diperlukan penelitian lanjutan untuk memperluas cakupan geografis, mendalami prosedur pengembangan, dan mencakup jenjang pendidikan lain.
Saran penelitian lanjutan pertama adalah melakukan studi komparatif di berbagai wilayah Indonesia, seperti perbandingan antara sekolah di daerah perkotaan dan pedesaan atau lintas provinsi, untuk mengeksplorasi bagaimana perbedaan karakteristik sosial budaya, akses sumber daya, dan konteks sekolah memengaruhi validitas, efektivitas, dan keberlanjutan program pengembangan profesional guru pendidikan jasmani. Kedua, melakukan penelitian longitudinal dengan periode pengamatan minimal satu tahun penuh untuk mengevaluasi dampak jangka panjang program ini terhadap peningkatan keterampilan mengajar guru dan peningkatan hasil belajar siswa, termasuk penggunaan kerangka model Borg dan Gall secara utuh dalam tahap analisis kebutuhan hingga ujicoba riil dan evaluasi berkelanjutan. Ketiga, merancang dan mengimplementasikan versi digital atau daring dari program pendampingan, lalu mengujinya pada kelompok guru sekolah dasar, menengah pertama, dan menengah atas, untuk menilai adaptasi materi, metode pembelajaran, serta tantangan dan solusi teknis serta pedagogis yang muncul di lingkungan pembelajaran digital. Ketiga arah penelitian ini diharapkan dapat memperluas pemahaman tentang skalabilitas, adaptabilitas, dan keberlanjutan program pengembangan profesional guru dalam berbagai kondisi dan jenjang pendidikan.
- Improving science teachers’ nature of science views through an innovative continuing professional... doi.org/10.1186/s40594-018-0125-4Improving science teachersAo nature of science views through an innovative continuing professional doi 10 1186 s40594 018 0125 4
- Development of learning module to improve competency achievement in the department of civil engineering... doi.org/10.33292/petier.v3i1.54Development of learning module to improve competency achievement in the department of civil engineering doi 10 33292 petier v3i1 54
| File size | 512.56 KB |
| Pages | 11 |
| Short Link | https://juris.id/p-6n |
| DMCA | Report |
Related /
UNYUNY Kesalahan diidentifikasi berdasarkan kesalahan cara dan tempat artikulasi bunyi. Dikemukakan bahwa kesalahan tersebut dapat dijelaskan oleh kurangnya pengetahuanKesalahan diidentifikasi berdasarkan kesalahan cara dan tempat artikulasi bunyi. Dikemukakan bahwa kesalahan tersebut dapat dijelaskan oleh kurangnya pengetahuan
UNYUNY pertama, anak yang bermain dengan media permainan literat menunjukkan kemampuan membaca dan menulis awal yang lebih tinggi dibandingkan yang menggunakanpertama, anak yang bermain dengan media permainan literat menunjukkan kemampuan membaca dan menulis awal yang lebih tinggi dibandingkan yang menggunakan
UNYUNY Penelitian ini dilakukan dengan menguji dataset terstruktur dari kueri pencarian. Penelitian ini menyimpulkan bahwa sistem berbasis deep learning unggulPenelitian ini dilakukan dengan menguji dataset terstruktur dari kueri pencarian. Penelitian ini menyimpulkan bahwa sistem berbasis deep learning unggul
UNYUNY Mahasiswa yang bermain kurang dari tiga jam per hari mampu mempertahankan hubungan sosial di dunia nyata, menandakan bahwa permainan dengan durasi terkendaliMahasiswa yang bermain kurang dari tiga jam per hari mampu mempertahankan hubungan sosial di dunia nyata, menandakan bahwa permainan dengan durasi terkendali
UNYUNY Data dikumpulkan menggunakan Skala Persepsi Keamanan Kerja dan Skala Iklim Organisasional dan dianalisis dengan statistik deskriptif, koefisien korelasiData dikumpulkan menggunakan Skala Persepsi Keamanan Kerja dan Skala Iklim Organisasional dan dianalisis dengan statistik deskriptif, koefisien korelasi
UNYUNY Temuan ini menegaskan pentingnya integrasi alat pedagogis terstruktur di pendidikan tinggi untuk merangsang berpikir kritis, meningkatkan retensi konten,Temuan ini menegaskan pentingnya integrasi alat pedagogis terstruktur di pendidikan tinggi untuk merangsang berpikir kritis, meningkatkan retensi konten,
UNYUNY Artikel ini juga menilai upaya dan dukungan yang diberikan oleh mitra Barat dalam meningkatkan pendidikan di Ethiopia. Sistem pendidikan tradisional EthiopiaArtikel ini juga menilai upaya dan dukungan yang diberikan oleh mitra Barat dalam meningkatkan pendidikan di Ethiopia. Sistem pendidikan tradisional Ethiopia
UNYUNY Pendekatan campuran (mixed‑methods) digunakan, menggabungkan data kuantitatif dan kualitatif untuk menilai efektivitas strategi KWL. Pra‑tes dan pasca‑tesPendekatan campuran (mixed‑methods) digunakan, menggabungkan data kuantitatif dan kualitatif untuk menilai efektivitas strategi KWL. Pra‑tes dan pasca‑tes
Useful /
UNYUNY Penelitian ini bertujuan untuk menentukan implementasi pendekatan TaRL dalam pendidikan jasmani, khususnya dalam pengajaran keterampilan sepak bola spesifikPenelitian ini bertujuan untuk menentukan implementasi pendekatan TaRL dalam pendidikan jasmani, khususnya dalam pengajaran keterampilan sepak bola spesifik
UNYUNY Analisis statistik meliputi statistik deskriptif dan Multivariate Analysis of Variance (MANOVA). Hasil menunjukkan bahwa kesiapan mengajar pada ketigaAnalisis statistik meliputi statistik deskriptif dan Multivariate Analysis of Variance (MANOVA). Hasil menunjukkan bahwa kesiapan mengajar pada ketiga
UNYUNY Penelitian ini merupakan bagian dari proyek lebih besar yang melibatkan Pili untuk mengontekstualisasikan bahan pembelajaran dan instruksional. PenelitiPenelitian ini merupakan bagian dari proyek lebih besar yang melibatkan Pili untuk mengontekstualisasikan bahan pembelajaran dan instruksional. Peneliti
UNYUNY Hasil uji pengaruh menunjukkan beban maternal selama pembelajaran dari rumah berpengaruh negatif signifikan terhadap efikasi maternal, sedangkan efikasiHasil uji pengaruh menunjukkan beban maternal selama pembelajaran dari rumah berpengaruh negatif signifikan terhadap efikasi maternal, sedangkan efikasi