UNYUNY
Jurnal Cakrawala PendidikanJurnal Cakrawala PendidikanPeningkatan kualitas guru telah menjadi tantangan global, dan pemerintah merespon masalah ini dengan menyediakan berbagai program untuk peningkatan kapasitas guru. Penelitian ini bertujuan merancang program pengembangan profesional bagi guru pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan di Indonesia. Menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan (R&D) model Borg dan Gall, studi ini bertujuan memperoleh hasil yang komprehensif dan pemahaman mendalam mengenai program tersebut. Temuan awal menunjukkan bahwa guru menghadapi beberapa kendala dalam melaksanakan kegiatan belajar dan mengajar, meskipun mereka telah mengikuti beberapa program pelatihan. Oleh karena itu, pengembangan program yang diusulkan dalam penelitian ini terdiri dari tiga dokumen utama: perancangan inisiatif program, pedoman pelaksanaan, dan instrumen evaluasi. Penilaian oleh para ahli, kepala sekolah, dan guru menunjukkan bahwa program ini terbukti valid, praktis, dan efektif untuk digunakan sebagai model pendampingan dalam pengembangan profesional guru pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan di sekolah dasar. Implikasi praktis dan manajerial juga disajikan dalam tulisan ini.
Penelitian ini berhasil mengembangkan program pengembangan profesional guru pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan melalui sintesis model penelitian dan pengembangan, menghasilkan tiga dokumen utama.perancangan program, pedoman pelaksanaan, dan panduan evaluasi.Evaluasi oleh para ahli, kepala sekolah, dan guru menyatakan program tersebut valid, praktis, dan efektif untuk mendampingi pengembangan profesional guru pada jenjang sekolah dasar.Meskipun demikian, penelitian ini terbatas pada area geografis tertentu, tahap pengembangan produk yang terbatas, dan hanya melibatkan guru sekolah dasar, sehingga diperlukan penelitian lanjutan untuk memperluas cakupan geografis, mendalami prosedur pengembangan, dan mencakup jenjang pendidikan lain.
Saran penelitian lanjutan pertama adalah melakukan studi komparatif di berbagai wilayah Indonesia, seperti perbandingan antara sekolah di daerah perkotaan dan pedesaan atau lintas provinsi, untuk mengeksplorasi bagaimana perbedaan karakteristik sosial budaya, akses sumber daya, dan konteks sekolah memengaruhi validitas, efektivitas, dan keberlanjutan program pengembangan profesional guru pendidikan jasmani. Kedua, melakukan penelitian longitudinal dengan periode pengamatan minimal satu tahun penuh untuk mengevaluasi dampak jangka panjang program ini terhadap peningkatan keterampilan mengajar guru dan peningkatan hasil belajar siswa, termasuk penggunaan kerangka model Borg dan Gall secara utuh dalam tahap analisis kebutuhan hingga ujicoba riil dan evaluasi berkelanjutan. Ketiga, merancang dan mengimplementasikan versi digital atau daring dari program pendampingan, lalu mengujinya pada kelompok guru sekolah dasar, menengah pertama, dan menengah atas, untuk menilai adaptasi materi, metode pembelajaran, serta tantangan dan solusi teknis serta pedagogis yang muncul di lingkungan pembelajaran digital. Ketiga arah penelitian ini diharapkan dapat memperluas pemahaman tentang skalabilitas, adaptabilitas, dan keberlanjutan program pengembangan profesional guru dalam berbagai kondisi dan jenjang pendidikan.
- Improving science teachers’ nature of science views through an innovative continuing professional... doi.org/10.1186/s40594-018-0125-4Improving science teachersAo nature of science views through an innovative continuing professional doi 10 1186 s40594 018 0125 4
- Development of learning module to improve competency achievement in the department of civil engineering... doi.org/10.33292/petier.v3i1.54Development of learning module to improve competency achievement in the department of civil engineering doi 10 33292 petier v3i1 54
| File size | 512.56 KB |
| Pages | 11 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
UNYUNY Secara keseluruhan, tingkat kesiapan mengajar calon guru pada program studi pendidikan ekonomi dan bisnis tergolong excellent dengan rata‑rata nilaiSecara keseluruhan, tingkat kesiapan mengajar calon guru pada program studi pendidikan ekonomi dan bisnis tergolong excellent dengan rata‑rata nilai
UNYUNY Hasil penelitian berupa kompetensi dasar Pendidikan Ideologi Pancasila untuk siswa kelas bawah (kelas 1–3 SD) dan kelas atas (kelas 4–6 SD) berdasarkanHasil penelitian berupa kompetensi dasar Pendidikan Ideologi Pancasila untuk siswa kelas bawah (kelas 1–3 SD) dan kelas atas (kelas 4–6 SD) berdasarkan
UNYUNY Tulisan ini bertujuan menggambarkan perkembangan kegiatan komersialisasi inovatif berdasarkan penyebaran inovasi dalam bidang penelitian, pendidikan, danTulisan ini bertujuan menggambarkan perkembangan kegiatan komersialisasi inovatif berdasarkan penyebaran inovasi dalam bidang penelitian, pendidikan, dan
UNYUNY Peneliti menggunakan pendekatan survei deskriptif cross‑sectional dengan kuesioner yang disebarkan melalui Google Forms. Tingkat KAB dikategorikan menjadiPeneliti menggunakan pendekatan survei deskriptif cross‑sectional dengan kuesioner yang disebarkan melalui Google Forms. Tingkat KAB dikategorikan menjadi
Useful /
UNDIKSHAUNDIKSHA Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada rasio CR, DER, TATO, ROA, dan ROE sebelum dan sesudah akuisisi. Hal iniHasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada rasio CR, DER, TATO, ROA, dan ROE sebelum dan sesudah akuisisi. Hal ini
UNYUNY Dengan demikian, instrumen tersebut memenuhi reliabilitas dan dapat diterima. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil Analisis Faktor KonfirmatoriDengan demikian, instrumen tersebut memenuhi reliabilitas dan dapat diterima. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil Analisis Faktor Konfirmatori
UNYUNY Selain itu, praktik pengasuhan mengalami perubahan positif dengan penurunan praktik pengasuhan negatif dan peningkatan praktik pengasuhan positif. VariabelSelain itu, praktik pengasuhan mengalami perubahan positif dengan penurunan praktik pengasuhan negatif dan peningkatan praktik pengasuhan positif. Variabel
UNYUNY Analisis Multivariate Analysis of Variance (MANOVA) digunakan untuk menguji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan modul berbasisAnalisis Multivariate Analysis of Variance (MANOVA) digunakan untuk menguji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan modul berbasis