UNYUNY
Jurnal Cakrawala PendidikanJurnal Cakrawala PendidikanPenelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pengalaman guru pendidikan jasmani dalam menerapkan pendidikan jasmani inklusif serta makna yang melekat pada pengalaman tersebut. Penelitian ini memusatkan analisis pada analisis tematik pengalaman para partisipan yang diwakili dalam data kualitatif yang dikumpulkan. Sebanyak 12 guru pendidikan jasmani berpartisipasi dalam wawancara mendalam serta wawancara foto‑elicitation. Transkrip verbatim diperoleh dari semua wawancara. Dengan menggunakan prinsip analisis tematik (Braun & Clarke, 2006, 2019, 2021), analisis meliputi familiarisasi data, pengkodean terbuka, konstruksi tema, peninjauan tema, penamaan tema, dan pembuatan laporan. Proses analisis menghasilkan empat tema pengalaman guru, yaitu (1) peran pengetahuan dan keterampilan latar belakang, (2) pengajaran berbagai jenis disabilitas, (3) pendekatan pedagogi inklusif, dan (4) faktor‑faktor fasilitator serta penghalang dalam mengajar pendidikan jasmani inklusif. Makna pengalaman mencakup makna inklusi, pendidikan jasmani inklusif, dan pengajaran pendidikan jasmani inklusif. Kami menyimpulkan bahwa pengalaman sangat penting dalam menyampaikan pendidikan jasmani inklusif, khususnya dalam pengembangan pengetahuan dan keterampilan pedagogis guru serta dalam mengatasi tantangan pada pendekatan pengajaran mereka. Selain itu, makna pengajaran pendidikan jasmani inklusif tercermin dalam keterlibatan mendalam dengan profesi yang penuh kepedulian ini.
Penelitian ini mengungkap pengalaman dan makna pengajaran pendidikan jasmani inklusif di sekolah reguler, menekankan pentingnya pengetahuan latar belakang dan keterampilan guru dalam mengajar siswa penyandang disabilitas serta eksperimen, hambatan, dan fasilitator yang dihadapi.Makna inklusi, pendidikan jasmani inklusif, dan pengajaran inklusif menjadi landasan yang membantu guru mengatasi tantangan dan melaksanakan praktik yang bermakna.Penelitian selanjutnya disarankan menggunakan pendekatan fenomenologis secara mendalam untuk meneliti pengalaman guru secara komprehensif.
Penelitian selanjutnya dapat menguji efektivitas program pengembangan profesional berkelanjutan yang dirancang khusus untuk melatih guru pendidikan jasmani dalam strategi pedagogi inklusif, dengan menggunakan desain kuasi‑eksperimental untuk membandingkan kelompok yang menerima pelatihan dengan kelompok kontrol. Selain itu, diperlukan studi eksperimental mengenai integrasi kurikulum pendidikan jasmani adaptif yang mencakup beragam jenis disabilitas, seperti visual, motorik, dan autisme, dalam program pra‑layanan guru, guna menilai perubahan pengetahuan, sikap, dan self‑efficacy guru setelah mengikuti kursus tersebut. Selanjutnya, penelitian fenomenologis mendalam mengenai pengalaman guru pendidikan jasmani di sekolah menengah daerah pedesaan Indonesia dapat memberikan wawasan tentang konteks budaya, sumber daya, dan hambatan spesifik yang mempengaruhi pelaksanaan inklusi, sehingga kebijakan dan program dapat disesuaikan secara lokal. Penelitian-penelitian ini diharapkan dapat memperkaya literatur, mengatasi keterbatasan studi sebelumnya, dan memberikan dasar empiris untuk peningkatan praktik pendidikan jasmani inklusif di Indonesia.
| File size | 273.67 KB |
| Pages | 10 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
UNYUNY Hasil analisis statistik menunjukkan bahwa kegiatan eksperimen yang dilakukan untuk menentukan tingkat efektivitasnya efektif. Rata-rata penguasaan mahasiswaHasil analisis statistik menunjukkan bahwa kegiatan eksperimen yang dilakukan untuk menentukan tingkat efektivitasnya efektif. Rata-rata penguasaan mahasiswa
UNYUNY Penelitian ini memberikan kontribusi berupa instrumen pengukuran kompetensi PE guru yang valid dan reliabel, serta menunjukkan bahwa gender, kebijakanPenelitian ini memberikan kontribusi berupa instrumen pengukuran kompetensi PE guru yang valid dan reliabel, serta menunjukkan bahwa gender, kebijakan
UNYUNY Pemahaman mahasiswa tentang penyelidikan ilmiah dinilai sebelum dan setelah instruksi menggunakan kuesioner Views About Scientific Inquiry (VASI). ResponsPemahaman mahasiswa tentang penyelidikan ilmiah dinilai sebelum dan setelah instruksi menggunakan kuesioner Views About Scientific Inquiry (VASI). Respons
UNYUNY Hasil penelitian menunjukkan bahwa (i) resiliensi dan lingkungan keluarga berada pada kategori tinggi, sedangkan regulasi diri dan hasil belajar beradaHasil penelitian menunjukkan bahwa (i) resiliensi dan lingkungan keluarga berada pada kategori tinggi, sedangkan regulasi diri dan hasil belajar berada
Useful /
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Penelitian ini menyediakan kerangka konseptual komprehensif untuk implementasi AR dalam pendidikan kejuruan serta rekomendasi untuk penelitian dan implikasiPenelitian ini menyediakan kerangka konseptual komprehensif untuk implementasi AR dalam pendidikan kejuruan serta rekomendasi untuk penelitian dan implikasi
UNYUNY Penelitian ini bertujuan mengungkap pendekatan pembelajaran yang relevan menggunakan permainan gerak dan suara untuk meningkatkan perkembangan kognitifPenelitian ini bertujuan mengungkap pendekatan pembelajaran yang relevan menggunakan permainan gerak dan suara untuk meningkatkan perkembangan kognitif
UNYUNY Hasil penelitian berupa kompetensi dasar Pendidikan Ideologi Pancasila untuk siswa kelas bawah (kelas 1–3 SD) dan kelas atas (kelas 4–6 SD) berdasarkanHasil penelitian berupa kompetensi dasar Pendidikan Ideologi Pancasila untuk siswa kelas bawah (kelas 1–3 SD) dan kelas atas (kelas 4–6 SD) berdasarkan
UNYUNY Proses pembelajaran yang memprioritaskan aktivitas siswa melalui penggunaan modul dan lembar kerja kelompok memungkinkan mereka mengidentifikasi masalah,Proses pembelajaran yang memprioritaskan aktivitas siswa melalui penggunaan modul dan lembar kerja kelompok memungkinkan mereka mengidentifikasi masalah,