UNYUNY
Jurnal Cakrawala PendidikanJurnal Cakrawala PendidikanPenelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pengalaman guru pendidikan jasmani dalam menerapkan pendidikan jasmani inklusif serta makna yang melekat pada pengalaman tersebut. Penelitian ini memusatkan analisis pada analisis tematik pengalaman para partisipan yang diwakili dalam data kualitatif yang dikumpulkan. Sebanyak 12 guru pendidikan jasmani berpartisipasi dalam wawancara mendalam serta wawancara foto‑elicitation. Transkrip verbatim diperoleh dari semua wawancara. Dengan menggunakan prinsip analisis tematik (Braun & Clarke, 2006, 2019, 2021), analisis meliputi familiarisasi data, pengkodean terbuka, konstruksi tema, peninjauan tema, penamaan tema, dan pembuatan laporan. Proses analisis menghasilkan empat tema pengalaman guru, yaitu (1) peran pengetahuan dan keterampilan latar belakang, (2) pengajaran berbagai jenis disabilitas, (3) pendekatan pedagogi inklusif, dan (4) faktor‑faktor fasilitator serta penghalang dalam mengajar pendidikan jasmani inklusif. Makna pengalaman mencakup makna inklusi, pendidikan jasmani inklusif, dan pengajaran pendidikan jasmani inklusif. Kami menyimpulkan bahwa pengalaman sangat penting dalam menyampaikan pendidikan jasmani inklusif, khususnya dalam pengembangan pengetahuan dan keterampilan pedagogis guru serta dalam mengatasi tantangan pada pendekatan pengajaran mereka. Selain itu, makna pengajaran pendidikan jasmani inklusif tercermin dalam keterlibatan mendalam dengan profesi yang penuh kepedulian ini.
Penelitian ini mengungkap pengalaman dan makna pengajaran pendidikan jasmani inklusif di sekolah reguler, menekankan pentingnya pengetahuan latar belakang dan keterampilan guru dalam mengajar siswa penyandang disabilitas serta eksperimen, hambatan, dan fasilitator yang dihadapi.Makna inklusi, pendidikan jasmani inklusif, dan pengajaran inklusif menjadi landasan yang membantu guru mengatasi tantangan dan melaksanakan praktik yang bermakna.Penelitian selanjutnya disarankan menggunakan pendekatan fenomenologis secara mendalam untuk meneliti pengalaman guru secara komprehensif.
Penelitian selanjutnya dapat menguji efektivitas program pengembangan profesional berkelanjutan yang dirancang khusus untuk melatih guru pendidikan jasmani dalam strategi pedagogi inklusif, dengan menggunakan desain kuasi‑eksperimental untuk membandingkan kelompok yang menerima pelatihan dengan kelompok kontrol. Selain itu, diperlukan studi eksperimental mengenai integrasi kurikulum pendidikan jasmani adaptif yang mencakup beragam jenis disabilitas, seperti visual, motorik, dan autisme, dalam program pra‑layanan guru, guna menilai perubahan pengetahuan, sikap, dan self‑efficacy guru setelah mengikuti kursus tersebut. Selanjutnya, penelitian fenomenologis mendalam mengenai pengalaman guru pendidikan jasmani di sekolah menengah daerah pedesaan Indonesia dapat memberikan wawasan tentang konteks budaya, sumber daya, dan hambatan spesifik yang mempengaruhi pelaksanaan inklusi, sehingga kebijakan dan program dapat disesuaikan secara lokal. Penelitian-penelitian ini diharapkan dapat memperkaya literatur, mengatasi keterbatasan studi sebelumnya, dan memberikan dasar empiris untuk peningkatan praktik pendidikan jasmani inklusif di Indonesia.
| File size | 273.67 KB |
| Pages | 10 |
| Short Link | https://juris.id/p-6t |
| DMCA | Report |
Related /
UNYUNY 3)/, serta pengaruh negatif bahasa ibu yang tidak membedakan bunyi alveolar dan alveopalatal secara ketat. Di Vietnam, terutama di Hanoi, bunyi-bunyi seperti3)/, serta pengaruh negatif bahasa ibu yang tidak membedakan bunyi alveolar dan alveopalatal secara ketat. Di Vietnam, terutama di Hanoi, bunyi-bunyi seperti
UNYUNY ketiga, terdapat interaksi signifikan antara jenis media dan kemampuan asosiasi, di mana anak dengan kemampuan asosiasi tinggi yang bermain dengan mediaketiga, terdapat interaksi signifikan antara jenis media dan kemampuan asosiasi, di mana anak dengan kemampuan asosiasi tinggi yang bermain dengan media
UNYUNY Diberikan ringkasan: Penelitian ini membandingkan kinerja algoritma machine learning dan deep learning dalam sistem mesin pencari. Hasil menunjukkan bahwaDiberikan ringkasan: Penelitian ini membandingkan kinerja algoritma machine learning dan deep learning dalam sistem mesin pencari. Hasil menunjukkan bahwa
UNYUNY Mahasiswa yang bermain kurang dari tiga jam per hari mampu mempertahankan hubungan sosial di dunia nyata, menandakan bahwa permainan dengan durasi terkendaliMahasiswa yang bermain kurang dari tiga jam per hari mampu mempertahankan hubungan sosial di dunia nyata, menandakan bahwa permainan dengan durasi terkendali
UNYUNY Terdapat hubungan signifikan antara persepsi keamanan kerja dan pandangan tentang iklim sekolah. Pandangan guru tentang iklim sekolah memprediksi 55% dariTerdapat hubungan signifikan antara persepsi keamanan kerja dan pandangan tentang iklim sekolah. Pandangan guru tentang iklim sekolah memprediksi 55% dari
UNYUNY Berdasarkan hasil penelitian, penggunaan organizer grafis secara signifikan meningkatkan pembelajaran bermakna mahasiswa dalam Mata Kuliah Manajemen Pendidikan,Berdasarkan hasil penelitian, penggunaan organizer grafis secara signifikan meningkatkan pembelajaran bermakna mahasiswa dalam Mata Kuliah Manajemen Pendidikan,
UNYUNY Sistem pendidikan tradisional Ethiopia yang terdiri dari pendidikan adat dan agama tidak memberikan kontribusi signifikan terhadap pembangunan nasional,Sistem pendidikan tradisional Ethiopia yang terdiri dari pendidikan adat dan agama tidak memberikan kontribusi signifikan terhadap pembangunan nasional,
UNYUNY Penelitian ini menekankan kebutuhan akan strategi instruksional yang disesuaikan bagi siswa dengan disabilitas belajar, menampilkan metode KWL sebagaiPenelitian ini menekankan kebutuhan akan strategi instruksional yang disesuaikan bagi siswa dengan disabilitas belajar, menampilkan metode KWL sebagai
Useful /
UNYUNY Wawancara dengan beberapa guru dan siswa juga mendukung temuan ini. Wawancara mengungkapkan bahwa TaRL memfasilitasi guru dalam membagi dan mengatur kelompokWawancara dengan beberapa guru dan siswa juga mendukung temuan ini. Wawancara mengungkapkan bahwa TaRL memfasilitasi guru dalam membagi dan mengatur kelompok
UNYUNY Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran PBL terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaranHasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran PBL terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran
UNYUNY Hasilnya menunjukkan bahwa kertas dari kulit pisang memiliki kekuatan tarik 20% lebih rendah, namun daya serap air lebih baik. Kualitas cukup baik untukHasilnya menunjukkan bahwa kertas dari kulit pisang memiliki kekuatan tarik 20% lebih rendah, namun daya serap air lebih baik. Kualitas cukup baik untuk
UNYUNY Meskipun Metode Grammar Translation (GTM) telah ditolak dalam pengajaran bahasa kedua, stigma penggunaan bahasa pertama (L1) dalam pengajaran bahasa keduaMeskipun Metode Grammar Translation (GTM) telah ditolak dalam pengajaran bahasa kedua, stigma penggunaan bahasa pertama (L1) dalam pengajaran bahasa kedua