UNYUNY
Jurnal Cakrawala PendidikanJurnal Cakrawala PendidikanPermainan daring semakin populer di kalangan remaja maupun orang dewasa. Studi ini bertujuan untuk menilai dampak permainan daring terhadap kesejahteraan sosial dan psikologis mahasiswa, khususnya bagaimana permainan daring memengaruhi integrasi sosial dan interaksi sosial serta keterkaitannya dengan depresi. Sebanyak 180 mahasiswa menjadi responden dalam penelitian ini, dan data dianalisis secara kuantitatif. Temuan menunjukkan bahwa mayoritas mahasiswa mengidentifikasi diri sebagai penjelajah (33%), diikuti pencapai (30%), pembunuh (24%), dan sosial (13%). Penelitian mengindikasikan bahwa bermain secara moderat dapat meningkatkan integrasi sosial, sementara bermain secara berlebihan berkorelasi dengan meningkatnya perasaan kesepian dan gejala depresi. Mahasiswa yang bermain kurang dari tiga jam per hari mampu mempertahankan hubungan sosial di dunia nyata, menandakan bahwa permainan dengan durasi terkendali dapat berdampingan dengan interaksi sosial yang sehat. Sebaliknya, mereka yang mengalami kesepian di dalam permainan lebih berisiko menunjukkan gejala depresi, menyoroti pentingnya dukungan sosial untuk mengurangi dampak psikologis negatif. Kesimpulannya, permainan daring tidak serta-merta merugikan kesejahteraan sosial dan psikologis; manajemen waktu bermain dan kualitas interaksi sosial menentukan dampaknya. Rekomendasi meliputi peningkatan kesadaran tentang isu kesehatan mental terkait gaming dan dorongan bagi mahasiswa untuk mencari dukungan bila diperlukan.
Permainan daring tidak selalu berdampak negatif pada kesejahteraan sosial dan psikologis mahasiswa selama durasi bermain dikelola dengan baik.Kontrol waktu bermain, khususnya menjaga agar durasi tidak melebihi tiga jam per hari, memungkinkan mahasiswa mempertahankan hubungan sosial di dunia nyata dan meminimalkan risiko kesepian dan depresi.Oleh karena itu, intervensi konseling perlu dipromosikan di tingkat perguruan tinggi untuk meningkatkan kesadaran tentang depresi sebagai kondisi mental yang memerlukan penanganan.
Sebagai pengembangan penelitian, studi longitudinal dapat dilakukan untuk memantau dinamika kesejahteraan psikososial mahasiswa seiring fluktuasi waktu bermain online gaming selama periode tertentu, memeriksa bagaimana perubahan durasi dan intensitas gaming berpengaruh pada rasa kesepian dan gejala depresi. Selain itu, penelitian kualitatif mendalam dapat menjelaskan mekanisme dukungan sosial in-game yang paling efektif dengan mewawancara berbagai tipe pemain (achievers, socializers, explorers, killers) dan memahami strategi koping yang mereka gunakan untuk menjaga kesejahteraan mental. Lebih lanjut, perlu dikembangkan dan diuji intervensi berbasis digital—misalnya modul konseling virtual atau fitur pendampingan dalam permainan—untuk memberikan dukungan mental real-time bagi pemain yang menunjukkan tanda-tanda kesepian atau depresi. Ketiga gagasan ini diharapkan saling melengkapi; penelitian longitudinal akan menggambarkan pola dan prediktor risiko, studi kualitatif akan menyelami proses sosial psikologis di balik pengalaman pemain, dan evaluasi intervensi digital akan menyediakan bukti praktik terbaik untuk mendukung kesehatan mental dalam konteks gaming. Dengan demikian, hasil penelitian di masa depan akan memberikan basis ilmiah yang lebih komprehensif untuk merancang kebijakan dan program dukungan yang sesuai dengan kebutuhan mahasiswa gamer.
- The Effect of Reading Interest and Achievement Motivation on Students’ Discourse Analysis Competence... doi.org/10.20448/journal.509.2020.74.368.372The Effect of Reading Interest and Achievement Motivation on StudentsAo Discourse Analysis Competence doi 10 20448 journal 509 2020 74 368 372
- The impact of online gaming on psychological and social well-being among college students in Brunei Darussalam... doi.org/10.21831/cp.v44i1.50434The impact of online gaming on psychological and social well being among college students in Brunei Darussalam doi 10 21831 cp v44i1 50434
| File size | 223.38 KB |
| Pages | 10 |
| Short Link | https://juris.id/p-25 |
| DMCA | Report |
Related /
UNYUNY Saran untuk mengatasi kesulitan ini mencakup: instruksi cermat tentang cara melafalkan bunyi-bunyi tersebut, analisis komparatif dan kontrasif terhadapSaran untuk mengatasi kesulitan ini mencakup: instruksi cermat tentang cara melafalkan bunyi-bunyi tersebut, analisis komparatif dan kontrasif terhadap
UNYUNY Penelitian menemukan interaksi signifikan antara kemampuan asosiasi dan jenis media, yang memengaruhi kemampuan membaca dan menulis awal secara berbeda.Penelitian menemukan interaksi signifikan antara kemampuan asosiasi dan jenis media, yang memengaruhi kemampuan membaca dan menulis awal secara berbeda.
UNYUNY Penelitian ini menyimpulkan bahwa sistem berbasis deep learning unggul dalam akurasi tetapi kurang efisien secara komputasi. Pendekatan deep learning lebihPenelitian ini menyimpulkan bahwa sistem berbasis deep learning unggul dalam akurasi tetapi kurang efisien secara komputasi. Pendekatan deep learning lebih
UNYUNY Studi ini menguji pengaruh pandangan guru sekolah swasta tentang iklim sekolah terhadap persepsi keamanan kerja mereka. Penelitian menggunakan metode kuantitatifStudi ini menguji pengaruh pandangan guru sekolah swasta tentang iklim sekolah terhadap persepsi keamanan kerja mereka. Penelitian menggunakan metode kuantitatif
UNYUNY Temuan ini menegaskan pentingnya integrasi alat pedagogis terstruktur di pendidikan tinggi untuk merangsang berpikir kritis, meningkatkan retensi konten,Temuan ini menegaskan pentingnya integrasi alat pedagogis terstruktur di pendidikan tinggi untuk merangsang berpikir kritis, meningkatkan retensi konten,
UNYUNY Untuk memahami secara menyeluruh pendidikan Ethiopia, diperlukan pemahaman terhadap sejarahnya. Oleh karena itu, artikel ini menelaah pendidikan EthiopiaUntuk memahami secara menyeluruh pendidikan Ethiopia, diperlukan pemahaman terhadap sejarahnya. Oleh karena itu, artikel ini menelaah pendidikan Ethiopia
UNYUNY Hasil menunjukkan peningkatan skor pemahaman bacaan yang signifikan di antara partisipan, menegaskan efektivitas strategi KWL dalam memperkuat pemahamanHasil menunjukkan peningkatan skor pemahaman bacaan yang signifikan di antara partisipan, menegaskan efektivitas strategi KWL dalam memperkuat pemahaman
UNDIKSHAUNDIKSHA Persepsi yang baik terhadap e-modul mendukung pengembangan keterampilan proses sains, karena panduan yang efektif memperkuat praktikum sebagai wadah pengembanganPersepsi yang baik terhadap e-modul mendukung pengembangan keterampilan proses sains, karena panduan yang efektif memperkuat praktikum sebagai wadah pengembangan
Useful /
UNYUNY Data dikumpulkan melalui kuesioner literasi budaya dan sikap sosial, kemudian dianalisis secara deskriptif dan inferensial menggunakan MANOVA. Hasil menunjukkanData dikumpulkan melalui kuesioner literasi budaya dan sikap sosial, kemudian dianalisis secara deskriptif dan inferensial menggunakan MANOVA. Hasil menunjukkan
UNSUNS Studi ini berargumen bahwa uji efisiensi sekarang dianggap sebagai preseden historis dari aturan kausalitas. Yang jelas adalah bahwa operasi uji efisiensiStudi ini berargumen bahwa uji efisiensi sekarang dianggap sebagai preseden historis dari aturan kausalitas. Yang jelas adalah bahwa operasi uji efisiensi
UNSUNS Di Malaysia, usaha sosial (social enterprises) didefinisikan sebagai entitas bisnis yang terdaftar berdasarkan peraturan perundang-undangan dan secaraDi Malaysia, usaha sosial (social enterprises) didefinisikan sebagai entitas bisnis yang terdaftar berdasarkan peraturan perundang-undangan dan secara
UNUSAUNUSA Uji acetic acid 6 % (pH 2,9) dan buffer asam asetat pH 4,5 memberikan hasil positif 3, setara dengan 0,2–0,4 g/dL protein. Tidak ada perbedaan signifikanUji acetic acid 6 % (pH 2,9) dan buffer asam asetat pH 4,5 memberikan hasil positif 3, setara dengan 0,2–0,4 g/dL protein. Tidak ada perbedaan signifikan