UNYUNY
Jurnal Cakrawala PendidikanJurnal Cakrawala PendidikanPermainan daring semakin populer di kalangan remaja maupun orang dewasa. Studi ini bertujuan untuk menilai dampak permainan daring terhadap kesejahteraan sosial dan psikologis mahasiswa, khususnya bagaimana permainan daring memengaruhi integrasi sosial dan interaksi sosial serta keterkaitannya dengan depresi. Sebanyak 180 mahasiswa menjadi responden dalam penelitian ini, dan data dianalisis secara kuantitatif. Temuan menunjukkan bahwa mayoritas mahasiswa mengidentifikasi diri sebagai penjelajah (33%), diikuti pencapai (30%), pembunuh (24%), dan sosial (13%). Penelitian mengindikasikan bahwa bermain secara moderat dapat meningkatkan integrasi sosial, sementara bermain secara berlebihan berkorelasi dengan meningkatnya perasaan kesepian dan gejala depresi. Mahasiswa yang bermain kurang dari tiga jam per hari mampu mempertahankan hubungan sosial di dunia nyata, menandakan bahwa permainan dengan durasi terkendali dapat berdampingan dengan interaksi sosial yang sehat. Sebaliknya, mereka yang mengalami kesepian di dalam permainan lebih berisiko menunjukkan gejala depresi, menyoroti pentingnya dukungan sosial untuk mengurangi dampak psikologis negatif. Kesimpulannya, permainan daring tidak serta-merta merugikan kesejahteraan sosial dan psikologis; manajemen waktu bermain dan kualitas interaksi sosial menentukan dampaknya. Rekomendasi meliputi peningkatan kesadaran tentang isu kesehatan mental terkait gaming dan dorongan bagi mahasiswa untuk mencari dukungan bila diperlukan.
Permainan daring tidak selalu berdampak negatif pada kesejahteraan sosial dan psikologis mahasiswa selama durasi bermain dikelola dengan baik.Kontrol waktu bermain, khususnya menjaga agar durasi tidak melebihi tiga jam per hari, memungkinkan mahasiswa mempertahankan hubungan sosial di dunia nyata dan meminimalkan risiko kesepian dan depresi.Oleh karena itu, intervensi konseling perlu dipromosikan di tingkat perguruan tinggi untuk meningkatkan kesadaran tentang depresi sebagai kondisi mental yang memerlukan penanganan.
Sebagai pengembangan penelitian, studi longitudinal dapat dilakukan untuk memantau dinamika kesejahteraan psikososial mahasiswa seiring fluktuasi waktu bermain online gaming selama periode tertentu, memeriksa bagaimana perubahan durasi dan intensitas gaming berpengaruh pada rasa kesepian dan gejala depresi. Selain itu, penelitian kualitatif mendalam dapat menjelaskan mekanisme dukungan sosial in-game yang paling efektif dengan mewawancara berbagai tipe pemain (achievers, socializers, explorers, killers) dan memahami strategi koping yang mereka gunakan untuk menjaga kesejahteraan mental. Lebih lanjut, perlu dikembangkan dan diuji intervensi berbasis digital—misalnya modul konseling virtual atau fitur pendampingan dalam permainan—untuk memberikan dukungan mental real-time bagi pemain yang menunjukkan tanda-tanda kesepian atau depresi. Ketiga gagasan ini diharapkan saling melengkapi; penelitian longitudinal akan menggambarkan pola dan prediktor risiko, studi kualitatif akan menyelami proses sosial psikologis di balik pengalaman pemain, dan evaluasi intervensi digital akan menyediakan bukti praktik terbaik untuk mendukung kesehatan mental dalam konteks gaming. Dengan demikian, hasil penelitian di masa depan akan memberikan basis ilmiah yang lebih komprehensif untuk merancang kebijakan dan program dukungan yang sesuai dengan kebutuhan mahasiswa gamer.
- The Effect of Reading Interest and Achievement Motivation on Students’ Discourse Analysis Competence... doi.org/10.20448/journal.509.2020.74.368.372The Effect of Reading Interest and Achievement Motivation on StudentsAo Discourse Analysis Competence doi 10 20448 journal 509 2020 74 368 372
- The impact of online gaming on psychological and social well-being among college students in Brunei Darussalam... doi.org/10.21831/cp.v44i1.50434The impact of online gaming on psychological and social well being among college students in Brunei Darussalam doi 10 21831 cp v44i1 50434
| File size | 223.38 KB |
| Pages | 10 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
UNYUNY Diberikan ringkasan: Penelitian ini membandingkan kinerja algoritma machine learning dan deep learning dalam sistem mesin pencari. Hasil menunjukkan bahwaDiberikan ringkasan: Penelitian ini membandingkan kinerja algoritma machine learning dan deep learning dalam sistem mesin pencari. Hasil menunjukkan bahwa
UNYUNY Bagi siswa dengan disabilitas belajar, menguasai keterampilan pemahaman bacaan menjadi sangat penting. Penelitian ini berfokus pada peningkatan pemahamanBagi siswa dengan disabilitas belajar, menguasai keterampilan pemahaman bacaan menjadi sangat penting. Penelitian ini berfokus pada peningkatan pemahaman
UNYUNY Artikel ini juga menilai upaya dan dukungan yang diberikan oleh mitra Barat dalam meningkatkan pendidikan di Ethiopia. Sistem pendidikan tradisional EthiopiaArtikel ini juga menilai upaya dan dukungan yang diberikan oleh mitra Barat dalam meningkatkan pendidikan di Ethiopia. Sistem pendidikan tradisional Ethiopia
UNYUNY Temuan ini menegaskan pentingnya integrasi alat pedagogis terstruktur di pendidikan tinggi untuk merangsang berpikir kritis, meningkatkan retensi konten,Temuan ini menegaskan pentingnya integrasi alat pedagogis terstruktur di pendidikan tinggi untuk merangsang berpikir kritis, meningkatkan retensi konten,
Useful /
UNYUNY Penilaian sebelum dan sesudah intervensi dilakukan melalui survei, tes pendengaran, dan kegiatan transkripsi musik. Hasil penelitian menunjukkan sebagianPenilaian sebelum dan sesudah intervensi dilakukan melalui survei, tes pendengaran, dan kegiatan transkripsi musik. Hasil penelitian menunjukkan sebagian
UNYUNY Implementasi metode TaRL pada materi fase D di pendidikan jasmani sekolah menengah pertama dinilai baik oleh 76% guru dan 72,8% guru memberikan penilaianImplementasi metode TaRL pada materi fase D di pendidikan jasmani sekolah menengah pertama dinilai baik oleh 76% guru dan 72,8% guru memberikan penilaian
UNYUNY Penelitian menemukan interaksi signifikan antara kemampuan asosiasi dan jenis media, yang memengaruhi kemampuan membaca dan menulis awal secara berbeda.Penelitian menemukan interaksi signifikan antara kemampuan asosiasi dan jenis media, yang memengaruhi kemampuan membaca dan menulis awal secara berbeda.
UNYUNY Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi potensi limbah kulit pisang sebagai bahan baku alternatif dalam pembuatan kertas. Metode yang digunakan meliputiPenelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi potensi limbah kulit pisang sebagai bahan baku alternatif dalam pembuatan kertas. Metode yang digunakan meliputi