UNYUNY
Jurnal Cakrawala PendidikanJurnal Cakrawala PendidikanMeskipun Metode Grammar Translation (GTM) telah ditolak dalam pengajaran bahasa kedua, stigma penggunaan bahasa pertama (L1) dalam pengajaran bahasa kedua (L2) terus diperdebatkan oleh para cendekiawan dan guru. Secara umum, guru L2 mendukung pendekatan monolinggal karena mereka terpapar pada pendekatan ini dalam pelatihan mengajar mereka. Namun, studi sebelumnya menunjukkan bahwa sikap guru terhadap penggunaan L1 bertentangan dengan bagaimana mereka mempraktikkan L1 dalam proses pengajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penggunaan L1 (Bahasa Melayu) oleh guru L2 (Inggris) selama proses pengajaran dan memeriksa apakah kepercayaan mereka cocok dengan praktik penggunaan L1 mereka. Sebanyak delapan guru bahasa Inggris dari beberapa sekolah di Pahang, Malaysia diwawancarai dan pelajaran mereka direkam. Data wawancara dan pelajaran dianalisis tematik menggunakan perangkat lunak NVivo 12. Hasil menunjukkan bahwa guru memanfaatkan Bahasa Melayu (BM) untuk fungsi tertentu dan bahwa kepercayaan mereka terhadap L1 sebenarnya sesuai dengan penggunaan bahasa mereka di kelas L2. Studi ini menyarankan bahwa penting untuk meneliti lebih lanjut hal ini dan membantu guru dalam menggunakan L1 secara sistematis di kelas L2.
Penelitian menunjukkan bahwa penggunaan L1 oleh guru secara nyata selaras dengan praktik mengajar mereka, terutama dalam membantu pelajar berprofi rendah.Faktor-faktor seperti tingkat kemahiran siswa, keterbatasan waktu, dan faktor guru mempengaruhi frekuensi penggunaan L1.Meskipun penggunaan L1 tidak dapat dihindari, guru tetap harus berupaya memaksimalkan penggunaan bahasa target untuk menciptakan lingkungan berbahasa Inggris di kelas.
Penelitian selanjutnya dapat menyelidiki penggunaan L1 dalam pengajaran bahasa kedua selain Bahasa Inggris, seperti Mandarin atau Arab, di konteks sekolah menengah Malaysia, untuk menilai apakah temuan serupa muncul pada bahasa target yang berbeda. Selanjutnya, diperlukan evaluasi efektivitas masing‑masing 43 micro‑functions L1 terhadap pencapaian belajar siswa melalui pendekatan campuran kuantitatif‑kualitatif, sehingga dapat diidentifikasi fungsi yang paling berkontribusi pada pemahaman dan motivasi belajar. Akhirnya, pengembangan program pelatihan profesional bagi guru yang menekankan strategi penyeimbangan penggunaan L1 dan TL, serta menguji dampaknya terhadap kecemasan belajar dan partisipasi siswa, akan memberikan panduan praktis untuk mengurangi ketergantungan pada L1 sambil mempertahankan keuntungan pedagogisnya.
- Code-switching in a Turkish secondary school | ELT Journal | Oxford Academic. code switching turkish... doi.org/10.1093/elt/50.4.303Code switching in a Turkish secondary school ELT Journal Oxford Academic code switching turkish doi 10 1093 elt 50 4 303
- Student-Teachers’ Beliefs on the Use of L1 in EFL Classroom: A Global Perspective | Shabir | English... doi.org/10.5539/elt.v10n4p45Student TeachersAo Beliefs on the Use of L1 in EFL Classroom A Global Perspective Shabir English doi 10 5539 elt v10n4p45
- Validate User. validate user sorry experiencing unusual traffic time please help confirm robot take content... academic.oup.com/eltj/article-lookup/doi/10.1093/elt/50.4.303Validate User validate user sorry experiencing unusual traffic time please help confirm robot take content academic oup eltj article lookup doi 10 1093 elt 50 4 303
- First language use among second language teachers: Views vs practice | Jurnal Cakrawala Pendidikan. first... doi.org/10.21831/cp.v41i3.42988First language use among second language teachers Views vs practice Jurnal Cakrawala Pendidikan first doi 10 21831 cp v41i3 42988
| File size | 819.79 KB |
| Pages | 15 |
| Short Link | https://juris.id/p-6p |
| DMCA | Report |
Related /
UNYUNY ti 9. Hasil menunjukkan bahwa kesalahan paling umum adalah tanda baca, kapitalisasi, dan tata bahasa. Namun, pandangan peserta mengenai kesalahan ejaanti 9. Hasil menunjukkan bahwa kesalahan paling umum adalah tanda baca, kapitalisasi, dan tata bahasa. Namun, pandangan peserta mengenai kesalahan ejaan
UNYUNY Untuk meningkatkan pelafalan, guru perlu memberikan latihan berulang, koreksi kesalahan, dan pendekatan pembelajaran yang menekankan aspek fonetik sejakUntuk meningkatkan pelafalan, guru perlu memberikan latihan berulang, koreksi kesalahan, dan pendekatan pembelajaran yang menekankan aspek fonetik sejak
MARANATHAMARANATHA Laporan kasus ini mendokumentasikan normalisasi yang cepat dari kelainan EKG yang parah setelah induksi anestesi umum pada pasien PSA berisiko tinggi denganLaporan kasus ini mendokumentasikan normalisasi yang cepat dari kelainan EKG yang parah setelah induksi anestesi umum pada pasien PSA berisiko tinggi dengan
UNYUNY Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dan divalidasi menggunakan teknik member checking dan peer debriefing. Analisis tematik mengungkapkan beberapaData dikumpulkan melalui wawancara mendalam dan divalidasi menggunakan teknik member checking dan peer debriefing. Analisis tematik mengungkapkan beberapa
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Refleksi siswa digunakan sebagai metode pengumpulan data, dan Thematic Analysis (TA) diterapkan untuk menganalisis data. Temuan menunjukkan bahwa sekolahRefleksi siswa digunakan sebagai metode pengumpulan data, dan Thematic Analysis (TA) diterapkan untuk menganalisis data. Temuan menunjukkan bahwa sekolah
UNDIKSHAUNDIKSHA Hasil menunjukkan bahwa keterampilan proses ilmiah di Sragen berada pada kategori sedang dengan nilai rata‑rata 19,22 dari maksimal 32; aspek keterampilanHasil menunjukkan bahwa keterampilan proses ilmiah di Sragen berada pada kategori sedang dengan nilai rata‑rata 19,22 dari maksimal 32; aspek keterampilan
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Diharapkan hasil studi ini dapat mengubah pola pikir berbasiskan gender di kalangan pembuat kebijakan maupun individu, sehingga pengajaran dasar dapatDiharapkan hasil studi ini dapat mengubah pola pikir berbasiskan gender di kalangan pembuat kebijakan maupun individu, sehingga pengajaran dasar dapat
UNMUNM Hasil menunjukkan bahwa meskipun terdapat hubungan signifikan antara tingkat reflektivitas guru dan keyakinan mereka tentang pembelajaran bahasa, refleksiHasil menunjukkan bahwa meskipun terdapat hubungan signifikan antara tingkat reflektivitas guru dan keyakinan mereka tentang pembelajaran bahasa, refleksi
Useful /
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Penelitian ini telah menangani isu-isu yang berhubungan dengan pembelajaran mandiri Moodle. Penelitian ini secara khusus berfokus pada perancangan teoriPenelitian ini telah menangani isu-isu yang berhubungan dengan pembelajaran mandiri Moodle. Penelitian ini secara khusus berfokus pada perancangan teori
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Kecemasan berbicara di depan publik menjadi tantangan signifikan dalam pengembangan kemampuan berbicara. Diperkirakan sekitar 15%–30% populasi umum mengalamiKecemasan berbicara di depan publik menjadi tantangan signifikan dalam pengembangan kemampuan berbicara. Diperkirakan sekitar 15%–30% populasi umum mengalami
UNDIKSHAUNDIKSHA Adaptasi pembelajaran berbasis proyek daring, baik individual maupun kelompok, dapat meningkatkan resiliensi mahasiswa selama pandemi. Hasil ini diharapkanAdaptasi pembelajaran berbasis proyek daring, baik individual maupun kelompok, dapat meningkatkan resiliensi mahasiswa selama pandemi. Hasil ini diharapkan
UNDIKSHAUNDIKSHA Penerapan model pengembangan aritmatika sosial yang terintegrasi dengan akuntansi mampu meningkatkan kemampuan siswa dalam menyusun laporan keuangan, meskipunPenerapan model pengembangan aritmatika sosial yang terintegrasi dengan akuntansi mampu meningkatkan kemampuan siswa dalam menyusun laporan keuangan, meskipun