UNYUNY
Jurnal Cakrawala PendidikanJurnal Cakrawala PendidikanMenguasai keterampilan menulis tanpa kesalahan merupakan tantangan, terutama bagi pelajar Arab pemelajar bahasa Inggris sebagai bahasa asing (EFL) yang sering menunjukkan kesalahan dalam tata bahasa dan mekanika tulisan. Langkah awal untuk mengatasi tantangan ini adalah dengan mengeksplorasi kesalahan umum yang mereka alami dalam menulis. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kesulitan menulis mahasiswa EFL Saudi menggunakan desain penelitian eksplanatori berurutan (pendekatan campuran). Pada fase kuantitatif, paragraf yang ditulis oleh 41 mahasiswa dianalisis, dan kesalahan diidentifikasi serta dikategorikan. Fase kualitatif melibatkan wawancara semi-terstruktur dengan 23 peserta untuk mendapatkan wawasan lebih dalam mengenai jenis dan penyebab kesalahan menulis mereka serta saran perbaikan. Data kualitatif dianalisis menggunakan ATLAS.ti 9. Hasil menunjukkan bahwa kesalahan paling umum adalah tanda baca, kapitalisasi, dan tata bahasa. Namun, pandangan peserta mengenai kesalahan ejaan berbeda dari praktik menulis mereka yang sebenarnya. Mereka menyebutkan metode pengajaran, buku teks, dan kurangnya minat sebagai alasan rendahnya kemampuan menulis. Selain itu, peserta percaya bahwa peningkatan latihan menulis dan pengembangan kebiasaan membaca dapat memperbaiki keterampilan menulis mereka. Temuan ini memberikan wawasan berharga bagi pendidik dan pelajar bahasa Inggris, dengan implikasi terhadap pengajaran yang kontekstual, praktik mengajar, strategi belajar, pengembangan materi, dan desain kurikulum.
Penelitian ini mengkaji kesalahan umum yang dilakukan oleh mahasiswa Saudi dalam menulis paragraf serta persepsi mereka terhadap tantangan dalam mengembangkan kemampuan menulis.Temuan menunjukkan bahwa kesalahan paling sering terjadi dalam tanda baca, tata bahasa, kapitalisasi, dan ejaan.Penelitian ini memperluas literatur terbatas mengenai isu menulis di tingkat paragraf dalam konteks EFL Saudi sekaligus memasukkan perspektif pelajar, suatu aspek yang sering kurang dalam penelitian sebelumnya.Mahasiswa menunjukkan kesadaran akan kesulitan mereka dan memberikan saran konstruktif untuk perbaikan, yang menunjukkan pentingnya keterlibatan pelajar dalam membentuk praktik pengajaran.
Pertama, perlu dilakukan penelitian lanjutan yang melibatkan peserta dari kedua jenis kelamin secara terpisah untuk melihat apakah terdapat perbedaan dalam jenis dan frekuensi kesalahan menulis akibat kebijakan segregasi gender, serta bagaimana pendekatan pengajaran dapat disesuaikan untuk masing-masing kelompok. Kedua, penting untuk mengkaji secara longitudinal perkembangan kemampuan menulis mahasiswa selama beberapa semester, terutama untuk mengidentifikasi apakah peningkatan dalam latihan harian dan kebiasaan membaca benar-benar berdampak signifikan terhadap reduksi kesalahan tanda baca dan kapitalisasi dalam jangka panjang. Ketiga, perlu dikembangkan studi komparatif tentang efektivitas kurikulum menulis yang berbasis proses dibandingkan dengan pendekatan berbasis produk, dengan fokus pada bagaimana model proses dapat meningkatkan motivasi intrinsik dan partisipasi aktif mahasiswa dalam aktivitas menulis di kelas. Penelitian-penelitian ini akan melengkapi temuan saat ini dengan memberikan gambaran lebih menyeluruh mengenai dinamika pembelajaran menulis di kalangan pelajar EFL Arab, khususnya dalam konteks pendidikan tinggi Saudi. Selain itu, hasilnya dapat digunakan untuk merancang intervensi pedagogis yang lebih responsif terhadap kebutuhan dan latar belakang pembelajar. Dengan pendekatan yang lebih holistik dan inklusif, pendidik dapat merancang program yang tidak hanya mengoreksi kesalahan tetapi juga membangun kesadaran dan kemandirian dalam menulis. Penelitian masa depan juga dapat mengeksplorasi peran teknologi penilaian menulis otomatis dalam membantu mahasiswa memperbaiki kesalahan secara mandiri. Penting pula untuk menyelidiki bagaimana pemindahan bahasa pertama (L1) secara negatif memengaruhi kesalahan mekanik seperti kapitalisasi dan tanda baca. Temuan dari arah-arah penelitian ini akan memberikan kontribusi signifikan bagi pengembangan kurikulum, pelatihan guru, dan strategi pembelajaran yang lebih efektif di konteks EFL serupa.
| File size | 322.72 KB |
| Pages | 11 |
| Short Link | https://juris.id/p-cp |
| DMCA | Report |
Related /
UNYUNY Kebaruan penelitian ini terletak pada pemeriksaan komprehensif terhadap interseksi antara aksesibilitas digital, akomodasi akademik, dan kesiapan fakultasKebaruan penelitian ini terletak pada pemeriksaan komprehensif terhadap interseksi antara aksesibilitas digital, akomodasi akademik, dan kesiapan fakultas
UPGRISUPGRIS Metode dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Subjek dan lokasi penelitian ini adalah siswa kelas 11 SMA Negeri 1 Bantarbolang, KabupatenMetode dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Subjek dan lokasi penelitian ini adalah siswa kelas 11 SMA Negeri 1 Bantarbolang, Kabupaten
UPGRISUPGRIS Rekomendasi yang diperoleh adalah melakukan penyeimbangan beban pada fase R, S, T untuk mengurangi ketidakseimbangan arus. Dari ketidakseimbangan bebanRekomendasi yang diperoleh adalah melakukan penyeimbangan beban pada fase R, S, T untuk mengurangi ketidakseimbangan arus. Dari ketidakseimbangan beban
UNYUNY Faktor-faktor seperti tingkat kemahiran siswa, keterbatasan waktu, dan faktor guru mempengaruhi frekuensi penggunaan L1.meskipun penggunaan L1 tidak dapatFaktor-faktor seperti tingkat kemahiran siswa, keterbatasan waktu, dan faktor guru mempengaruhi frekuensi penggunaan L1.meskipun penggunaan L1 tidak dapat
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Refleksi siswa digunakan sebagai metode pengumpulan data, dan Thematic Analysis (TA) diterapkan untuk menganalisis data. Temuan menunjukkan bahwa sekolahRefleksi siswa digunakan sebagai metode pengumpulan data, dan Thematic Analysis (TA) diterapkan untuk menganalisis data. Temuan menunjukkan bahwa sekolah
UNDIKSHAUNDIKSHA Data siswa dikumpulkan melalui tes, sedangkan data guru melalui kuesioner dan wawancara. Hasil menunjukkan bahwa keterampilan proses ilmiah di Sragen beradaData siswa dikumpulkan melalui tes, sedangkan data guru melalui kuesioner dan wawancara. Hasil menunjukkan bahwa keterampilan proses ilmiah di Sragen berada
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Akhirnya, anyaman struktur pasar dan ide heteronormatif tentang keluarga terjalin dengan intervensi negara dalam memfeminisasi pengajaran sekolah dasar.Akhirnya, anyaman struktur pasar dan ide heteronormatif tentang keluarga terjalin dengan intervensi negara dalam memfeminisasi pengajaran sekolah dasar.
UNMUNM Temuan penelitian ini menunjukkan adanya korelasi negatif kecil namun signifikan antara reflektivitas guru dan keyakinan mereka tentang pembelajaran bahasa.meskiTemuan penelitian ini menunjukkan adanya korelasi negatif kecil namun signifikan antara reflektivitas guru dan keyakinan mereka tentang pembelajaran bahasa.meski
Useful /
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif dengan menganalisis peristiwa sosial, fenomena, atau kejadian. Subjek penelitianMetode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif dengan menganalisis peristiwa sosial, fenomena, atau kejadian. Subjek penelitian
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Salah satu bentuk pengembangan profesi guru adalah menulis karya ilmiah, tetapi kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa kegiatan guru masih berada dalamSalah satu bentuk pengembangan profesi guru adalah menulis karya ilmiah, tetapi kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa kegiatan guru masih berada dalam
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Penelitian lebih lanjut diperlukan dengan desain metode campuran untuk mengevaluasi bagaimana TEM menerapkan teknik manajemen stres bagi staf WFH, yangPenelitian lebih lanjut diperlukan dengan desain metode campuran untuk mengevaluasi bagaimana TEM menerapkan teknik manajemen stres bagi staf WFH, yang
UNDIKSHAUNDIKSHA Hasil analisis data menunjukkan bahwa persepsi mahasiswa berada pada kategori baik dengan rata-rata 74,95, dan keterampilan proses sains dasar mahasiswaHasil analisis data menunjukkan bahwa persepsi mahasiswa berada pada kategori baik dengan rata-rata 74,95, dan keterampilan proses sains dasar mahasiswa