STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG
JETL (Journal of Education, Teaching and Learning)JETL (Journal of Education, Teaching and Learning)Kecemasan berbicara di depan publik menjadi tantangan signifikan dalam pengembangan kemampuan berbicara. Diperkirakan sekitar 15%–30% populasi umum mengalami kecemasan ini, menjadikannya fobia sosial yang paling umum. Kecemasan yang berlebihan dapat menimbulkan stres, frustrasi, menurunkan performa pidato, serta mengakibatkan penghindaran situasi sosial yang memerlukan presentasi publik, terutama pada mahasiswa. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi tingkat dan faktor-faktor yang paling dominan terkait kecemasan berbicara publik di kalangan mahasiswa universitas. Peneliti menggunakan kuesioner Public Speaking Anxiety (PSA) yang dikembangkan oleh Noorrachima (2020) dan melibatkan mahasiswa senior Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris sebagai responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat PSA mahasiswa senior ELEP UB tergolong tinggi, dengan faktor general sense sebagai faktor utama yang memicu kecemasan tersebut.
Tingkat kecemasan berbicara publik (PSA) mahasiswa senior ELEP UB terbukti tinggi, dengan faktor general sense menjadi faktor yang paling dominan (74,2%).Faktor-faktor lain yang berpengaruh meliputi persiapan pidato dan kinerja pidato.Peneliti menyarankan penelitian lanjutan yang melibatkan departemen lain, bahasa lain, serta perbandingan kecemasan berbicara publik pada berbagai jenis seminar akademik dan pendekatan psikologis.
Penelitian selanjutnya dapat mengeksplorasi kecemasan berbicara publik pada mahasiswa dari jurusan non‑bahasa, seperti ilmu pengetahuan alam atau teknik, untuk membandingkan tingkat kecemasan antar‑disiplin. Selain itu, studi intervensi bilingual yang mengintegrasikan pelatihan bahasa tambahan, misalnya bahasa Indonesia atau Jepang, dapat diujicobakan untuk menurunkan PSA pada konteks EFL. Terakhir, penelitian longitudinal yang membandingkan tingkat PSA pada berbagai format presentasi akademik—proposal, hasil tesis, dan sidang tesis—serta mengukur respons psikofisiologis peserta dapat memberikan wawasan mendalam tentang dinamika kecemasan selama proses akademik.
| File size | 147.34 KB |
| Pages | 5 |
| DMCA | Report |
Related /
ABULYATAMAABULYATAMA Implementasi Two Stay Two Stray efektif dalam meningkatkan pemahaman membaca siswa. Siswa menunjukkan antusiasme yang lebih tinggi dan respons positifImplementasi Two Stay Two Stray efektif dalam meningkatkan pemahaman membaca siswa. Siswa menunjukkan antusiasme yang lebih tinggi dan respons positif
UNISLAUNISLA Tingkat signifikansi (0,000 < 0,05) lebih rendah dari nilai signifikansi (Sig 2-tailed). Kami dapat menyimpulkan bahwa Hipotesis Alternatif (Ha) benarTingkat signifikansi (0,000 < 0,05) lebih rendah dari nilai signifikansi (Sig 2-tailed). Kami dapat menyimpulkan bahwa Hipotesis Alternatif (Ha) benar
UNISLAUNISLA Dengan skor signifikansi 0,000 (kurang dari 0,005), hipotesis nol (H0) ditolak, dan hipotesis alternatif (H1) diterima. Oleh karena itu, terdapat pengaruhDengan skor signifikansi 0,000 (kurang dari 0,005), hipotesis nol (H0) ditolak, dan hipotesis alternatif (H1) diterima. Oleh karena itu, terdapat pengaruh
STAIALAMISTAIALAMI Pelaksanaan evaluasi siswa dan hasil belajar, meliputi: (1) penerapan teknik dan metode dalam mengevaluasi siswa, guru telah mampu memfungsikan evaluasiPelaksanaan evaluasi siswa dan hasil belajar, meliputi: (1) penerapan teknik dan metode dalam mengevaluasi siswa, guru telah mampu memfungsikan evaluasi
UNISLAUNISLA Dalam melakukan observasi, data dikumpulkan dengan mengamati aktivitas selama kelas, hasil observasi checklist, dan hasil kuesioner. Penggunaan origamiDalam melakukan observasi, data dikumpulkan dengan mengamati aktivitas selama kelas, hasil observasi checklist, dan hasil kuesioner. Penggunaan origami
ISDIKKIERAHAISDIKKIERAHA Implementasi pembelajaran menulis teks deskriptif menggunakan metode Mind Mapping pada siswa kelas XI dilaksanakan secara efektif, lancar, dan menyeluruh,Implementasi pembelajaran menulis teks deskriptif menggunakan metode Mind Mapping pada siswa kelas XI dilaksanakan secara efektif, lancar, dan menyeluruh,
UNISLAUNISLA Data penelitian adalah jawaban siswa dalam keterampilan membaca dengan menggunakan teknik herringbone. Data menunjukkan bahwa 18 siswa berada dalam KeterampilanData penelitian adalah jawaban siswa dalam keterampilan membaca dengan menggunakan teknik herringbone. Data menunjukkan bahwa 18 siswa berada dalam Keterampilan
IDEBAHASAIDEBAHASA Melalui peningkatan budaya membaca siswa ini juga meningkatkan kosakata siswa dalam pembelajaran bahasa Inggris. Aplikasi Newsela dapat membantu guru danMelalui peningkatan budaya membaca siswa ini juga meningkatkan kosakata siswa dalam pembelajaran bahasa Inggris. Aplikasi Newsela dapat membantu guru dan
Useful /
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Sehingga penggunaan kosakata sederhana dalam kehidupan sehari-hari menjadi tradisi bagi siswa, penyediaan materi pembelajaran dapat diciptakan dengan bantuanSehingga penggunaan kosakata sederhana dalam kehidupan sehari-hari menjadi tradisi bagi siswa, penyediaan materi pembelajaran dapat diciptakan dengan bantuan
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Guru seharusnya mengembangkan profesinya sebagai profesi yang bermartabat. Salah satu bentuk pengembangan profesi guru adalah menulis karya ilmiah, tetapiGuru seharusnya mengembangkan profesinya sebagai profesi yang bermartabat. Salah satu bentuk pengembangan profesi guru adalah menulis karya ilmiah, tetapi
IDEBAHASAIDEBAHASA Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Stark sebagai protagonis digambarkan sebagai seorang jenius istimewa yang dapat mengembangkan pengetahuan danHasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Stark sebagai protagonis digambarkan sebagai seorang jenius istimewa yang dapat mengembangkan pengetahuan dan
IDEBAHASAIDEBAHASA Penelitian ini menggunakan metode deskriptif komparatif yang membandingkan teks sumber (Wikipedia Indonesia) dan teks target (Wikipedia Inggris). TokohPenelitian ini menggunakan metode deskriptif komparatif yang membandingkan teks sumber (Wikipedia Indonesia) dan teks target (Wikipedia Inggris). Tokoh