STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG
JETL (Journal of Education, Teaching and Learning)JETL (Journal of Education, Teaching and Learning)Institusi pendidikan tinggi di seluruh dunia telah mengubah metode pengajaran dan pembelajaran mereka akibat pandemi Covid-19. Mereka kini menggunakan berbagai sistem manajemen pembelajaran seperti Moodle. Implikasi dari transisi mendadak ke pembelajaran online adalah bahwa mahasiswa kini harus menjadi lebih mandiri dan belajar secara mandiri. Tujuan dari makalah ini adalah untuk mengembangkan Teori Pembelajaran Mandiri Moodle (Modular Object Oriented Dynamic Learning Environment). Makalah ini mengeksplorasi beberapa aspek pembelajaran yang terkait dengan pengembangan mahasiswa menuju pembelajaran mandiri Moodle dan mengusulkan kerangka keterampilan yang dapat digunakan oleh dosen untuk meningkatkan tanggung jawab mahasiswa. Penelitian ini berada dalam konteks teori Genesis Instrumental (IG). Peneliti menggunakan metode penelitian berbasis desain ketika mengembangkan teori pembelajaran ini. Proses pengembangan kerangka pembelajaran ini melibatkan tinjauan pustaka tentang teori Moodle dan pembelajaran mandiri. Penelitian terhadap teori pembelajaran menunjukkan berbagai perspektif Moodle dan mandiri yang digunakan untuk mengembangkan teori pembelajaran ini. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah teori pembelajaran yang diharapkan dapat mempromosikan pembelajaran mandiri dalam konteks pengajaran dan pembelajaran menggunakan Moodle.
Penelitian ini telah menangani isu-isu yang berhubungan dengan pembelajaran mandiri Moodle.Penelitian ini secara khusus berfokus pada perancangan teori pembelajaran mandiri Moodle untuk konteks pendidikan formal dan secara khusus bertujuan agar mahasiswa dapat bekerja secara mandiri dan menjadi autodidak.Untuk dapat menjawab pertanyaan penelitian dan merancang teori pembelajaran mandiri Moodle, peneliti melakukan tinjauan pustaka yang komprehensif tentang Moodle dan pengajaran serta pembelajaran mandiri.Penelitian ini menemukan bahwa elemen kunci dan karakteristik yang krusial untuk teori pembelajaran mandiri Moodle meliputi pengetahuan awal mahasiswa, atribut evaluasi kegunaan Moodle, perspektif pembelajaran mandiri, teori pembelajaran, dan indikator perilaku pembelajaran mandiri.Implementasi Moodle yang sukses untuk pembelajaran mandiri didasarkan pada atribut evaluasi kegunaan Moodle yang dapat merangsang dan memicu pembelajaran mandiri.
Penelitian selanjutnya dapat menyelidiki bagaimana teori pembelajaran mandiri Moodle dapat diterapkan dalam konteks yang berbeda agar sesuai dengan kebutuhan mahasiswa yang beragam. Apakah ada pendekatan atau metode alternatif yang dapat digunakan untuk meningkatkan tingkat otonomi mahasiswa saat menggunakan Moodle dalam pembelajaran mandiri? Selanjutnya, penting untuk memahami lebih dalam bagaimana teknologi terbaru dapat diintegrasikan ke dalam teori pembelajaran mandiri ini guna menciptakan pengalaman belajar yang lebih interaktif dan efektif bagi mahasiswa.
| File size | 398.76 KB |
| Pages | 10 |
| Short Link | https://juris.id/p-gT |
| DMCA | Report |
Related /
GOMITGOMIT Penelitian pendahuluan yang dilakukan pada PMB Bidan Wike A pada bulan Juni 2023 mengungkap hasil perkembangan anak menggunakan Kuesioner Pra‑SkriningPenelitian pendahuluan yang dilakukan pada PMB Bidan Wike A pada bulan Juni 2023 mengungkap hasil perkembangan anak menggunakan Kuesioner Pra‑Skrining
KEMENDAGRIKEMENDAGRI Hasil tersebut menunjukkan bahwa perbaikan layanan perizinan secara langsung mendorong realisasi investasi, menciptakan iklim investasi regional yang lebihHasil tersebut menunjukkan bahwa perbaikan layanan perizinan secara langsung mendorong realisasi investasi, menciptakan iklim investasi regional yang lebih
KEMENDAGRIKEMENDAGRI Data diperoleh melalui observasi dan wawancara dengan para repatriat, menunjukkan bahwa meskipun mereka menghadapi kesulitan bahasa, lingkungan pendidikanData diperoleh melalui observasi dan wawancara dengan para repatriat, menunjukkan bahwa meskipun mereka menghadapi kesulitan bahasa, lingkungan pendidikan
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Penelitian dilakukan pada siswa kelas 8 SMPS Kristen Makedonia Ngabang dengan 27 peserta dan enam orang untuk uji validitas berdasarkan ahli desain media,Penelitian dilakukan pada siswa kelas 8 SMPS Kristen Makedonia Ngabang dengan 27 peserta dan enam orang untuk uji validitas berdasarkan ahli desain media,
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Desiderius Erasmus memberikan kontribusi signifikan terhadap pengembangan humanisme, karena manusia perlu mengeksporasikan diri secara bebas, sehinggaDesiderius Erasmus memberikan kontribusi signifikan terhadap pengembangan humanisme, karena manusia perlu mengeksporasikan diri secara bebas, sehingga
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Penelitian ini dilakukan untuk memperoleh pemodelan matematika dan konsep pada tingkat SMA/sederajat dengan menggunakan metode analisis Miles dan HubermanPenelitian ini dilakukan untuk memperoleh pemodelan matematika dan konsep pada tingkat SMA/sederajat dengan menggunakan metode analisis Miles dan Huberman
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Refleksi siswa digunakan sebagai metode pengumpulan data, dan Thematic Analysis (TA) diterapkan untuk menganalisis data. Temuan menunjukkan bahwa sekolahRefleksi siswa digunakan sebagai metode pengumpulan data, dan Thematic Analysis (TA) diterapkan untuk menganalisis data. Temuan menunjukkan bahwa sekolah
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Identifikasi pendekatan pembelajaran konjungsi koordinatif and pada present simple merupakan strategi penting untuk mengatasi tantangan yang dihadapi siswaIdentifikasi pendekatan pembelajaran konjungsi koordinatif and pada present simple merupakan strategi penting untuk mengatasi tantangan yang dihadapi siswa
Useful /
GOMITGOMIT Edukasi ini diharapkan tidak hanya meningkatkan pengetahuan anak tetapi juga adanya perubahan perilaku sehingga pengetahuan yang diperoleh dapat diterapkanEdukasi ini diharapkan tidak hanya meningkatkan pengetahuan anak tetapi juga adanya perubahan perilaku sehingga pengetahuan yang diperoleh dapat diterapkan
KEMENDAGRIKEMENDAGRI The effectiveness of womens representation depends on their access to strategic nodes and ability to establish connections with actors in the policy system.The effectiveness of womens representation depends on their access to strategic nodes and ability to establish connections with actors in the policy system.
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG 84% guru mengalami kesulitan jaringan dalam proses pembelajaran daring selama pandemi. Satu hal yang sangat membanggakan adalah guru-guru di daerah terpencil84% guru mengalami kesulitan jaringan dalam proses pembelajaran daring selama pandemi. Satu hal yang sangat membanggakan adalah guru-guru di daerah terpencil
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Peneliti menggunakan kuesioner Public Speaking Anxiety (PSA) yang dikembangkan oleh Noorrachima (2020) dan melibatkan mahasiswa senior Jurusan PendidikanPeneliti menggunakan kuesioner Public Speaking Anxiety (PSA) yang dikembangkan oleh Noorrachima (2020) dan melibatkan mahasiswa senior Jurusan Pendidikan