STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG
JETL (Journal of Education, Teaching and Learning)JETL (Journal of Education, Teaching and Learning)Artikel ini mengungkap eksplorasi model dan konsep matematika dalam QS An‑Nur: 24:26. Penelitian ini muncul akibat tidak efektifnya pembelajaran matematika yang tidak dimulai dengan pemahaman awal siswa; menurut NCTM, pembelajaran akan efektif bila berlandaskan apa yang telah diketahui siswa. Pada siswa sekolah Islam, pengetahuan awal dapat diekstraksi dari Quran karena Quran berfungsi sebagai alat belajar agama, sehingga ayat‑ayatnya terkandung dalam struktur kognitif siswa dan dapat mempermudah pembelajaran. Sayangnya, sumber belajar matematika dan Quran yang digunakan oleh sekolah Islam belum mencakup seluruh topik matematika, sehingga diperlukan pemodelan ayat‑ayat Quran yang berhubungan dengan matematika. Penelitian ini dilakukan untuk memperoleh pemodelan matematika dan konsep pada tingkat SMA/ sederajat dengan menggunakan metode analisis Miles dan Huberman yang dipadukan dengan pemodelan Blum‑Leib, teori Abdussakir, dan pendekatan pseudo‑konkret. Hasil kombinasi teori analitis menghasilkan model dan konsep matematika berupa relasi, fungsi surjektif dan bijektif, fungsi invers, serta refleksi.
Penelitian ini berhasil mengidentifikasi pemodelan matematika serta konsep-konsep seperti fungsi bijektif, surjektif, fungsi invers, dan refleksi yang terkandung dalam QS An‑Nur.Pada poin A dan C ditemukan fungsi bijektif dan surjektif, sedangkan poin B dan D menunjukkan fungsi invers.namun hubungan di mana seorang pria dapat memiliki 1‑4 wanita tidak memenuhi definisi fungsi.Secara keseluruhan, konsep‑konsep yang ditemukan saling berhubungan secara invers dan mencerminkan simetri refleksi pada garis Y = X.
Penelitian selanjutnya dapat melakukan analisis komparatif terhadap sejumlah ayat Quran lain untuk menyusun kumpulan konsep matematika yang lebih komprehensif, sehingga dapat menutupi topik‑topik yang belum tercakup dalam studi ini; selanjutnya, sebuah studi empiris dapat dilakukan dengan desain eksperimental untuk menguji pengaruh penggunaan model matematika berbasis Quran terhadap pencapaian belajar matematika siswa sekolah Islam, membandingkan kelompok yang mendapat pembelajaran tradisional dengan kelompok yang menerima materi berbasis ayat; terakhir, pengembangan serta evaluasi alat pembelajaran digital yang mengintegrasikan model matematika Quran dengan visualisasi pseudo‑konkret dapat memberikan pengalaman belajar interaktif bagi beragam tipe pelajar, dan peneliti dapat menilai efektivitasnya dalam meningkatkan pemahaman konsep matematika serta motivasi belajar.
| File size | 530.07 KB |
| Pages | 7 |
| DMCA | Report |
Related /
KEMENDAGRIKEMENDAGRI Data was collected through interviews, observations, and documentation. Findings show that women legislators often play symbolic roles due to male-dominatedData was collected through interviews, observations, and documentation. Findings show that women legislators often play symbolic roles due to male-dominated
KEMENDAGRIKEMENDAGRI Manajemen perbatasan darat antara Republik Indonesia (RI) dan Republik Demokratik Timor-Leste (RDTL) terkendala oleh fragmentasi struktural, yang menimbulkanManajemen perbatasan darat antara Republik Indonesia (RI) dan Republik Demokratik Timor-Leste (RDTL) terkendala oleh fragmentasi struktural, yang menimbulkan
DINASTIPUBDINASTIPUB Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen kuesioner dengan metode pengambilan sampel non-probabilitas yang digunakan adalah judgmental samplingPengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen kuesioner dengan metode pengambilan sampel non-probabilitas yang digunakan adalah judgmental sampling
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kepustakaan dengan pendekatan interpretatif, di mana makna teks ditelusuri sebagaimana teks itu menyampaikan.Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kepustakaan dengan pendekatan interpretatif, di mana makna teks ditelusuri sebagaimana teks itu menyampaikan.
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Metode penelitian menggunakan metode deskriptif. Populasi penelitian adalah mahasiswa tahun kedua calon guru FKIP Unswagati Sekolah Dasar di Cirebon. HarapanMetode penelitian menggunakan metode deskriptif. Populasi penelitian adalah mahasiswa tahun kedua calon guru FKIP Unswagati Sekolah Dasar di Cirebon. Harapan
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji apakah pembelajaran kosakata bahasa Arab berbasis lingkungan dapat direalisasikan untuk siswa di TamanTujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji apakah pembelajaran kosakata bahasa Arab berbasis lingkungan dapat direalisasikan untuk siswa di Taman
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data penelitian diperoleh melalui wawancara, analisis dokumen, observasi partisipatif,Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data penelitian diperoleh melalui wawancara, analisis dokumen, observasi partisipatif,
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Tingkat kecemasan berbicara publik (PSA) mahasiswa senior ELEP UB terbukti tinggi, dengan faktor general sense menjadi faktor yang paling dominan (74,2%).Tingkat kecemasan berbicara publik (PSA) mahasiswa senior ELEP UB terbukti tinggi, dengan faktor general sense menjadi faktor yang paling dominan (74,2%).
Useful /
KEMENDAGRIKEMENDAGRI Hasil tersebut menunjukkan bahwa perbaikan layanan perizinan secara langsung mendorong realisasi investasi, menciptakan iklim investasi regional yang lebihHasil tersebut menunjukkan bahwa perbaikan layanan perizinan secara langsung mendorong realisasi investasi, menciptakan iklim investasi regional yang lebih
KEMENDAGRIKEMENDAGRI Pendekatan deskriptif kualitatif menggunakan teori implementasi kebijakan Grindle digunakan untuk menilai peran pemerintah, masyarakat, dan sektor swasta.Pendekatan deskriptif kualitatif menggunakan teori implementasi kebijakan Grindle digunakan untuk menilai peran pemerintah, masyarakat, dan sektor swasta.
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG 84% guru mengalami kesulitan jaringan dalam proses pembelajaran daring selama pandemi. Satu hal yang sangat membanggakan adalah guru-guru di daerah terpencil84% guru mengalami kesulitan jaringan dalam proses pembelajaran daring selama pandemi. Satu hal yang sangat membanggakan adalah guru-guru di daerah terpencil
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Pendekatan penelitian kuantitatif digunakan karena temuan dapat direduksi menjadi angka dan persentase melalui prosedur statistik. Dengan menggunakan kuesioner,Pendekatan penelitian kuantitatif digunakan karena temuan dapat direduksi menjadi angka dan persentase melalui prosedur statistik. Dengan menggunakan kuesioner,