UNYUNY

Jurnal Cakrawala PendidikanJurnal Cakrawala Pendidikan

Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh implementasi modul kesehatan reproduksi remaja berbasis masalah terhadap keterampilan hidup dan sikap positif siswa terhadap kesehatan reproduksi. Desain penelitian yang digunakan adalah kuasi-eksperimen dengan rancangan pretest–posttest kontrol grup acak, melibatkan siswa SMP yang dibagi menjadi kelompok eksperimen dan kontrol. Data dikumpulkan menggunakan tes keterampilan hidup dan kuesioner skala sikap; validitas instrumen diuji dengan formula Lawshe dan reliabilitas dengan rumus Alpha-Cronbach. Analisis Multivariate Analysis of Variance (MANOVA) digunakan untuk menguji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan modul berbasis masalah memberikan dampak positif pada peningkatan keterampilan hidup siswa dan sikap positif mereka terhadap kesehatan reproduksi. Pembelajaran tentang sistem reproduksi manusia melalui modul memotivasi siswa mencari jawaban atas pertanyaan awal materi. Berdasarkan temuan ini, penggunaan modul direkomendasikan sebagai salah satu program untuk memberikan pendidikan kesehatan reproduksi kepada remaja.

Pembelajaran dengan modul kesehatan reproduksi berbasis masalah berpengaruh positif terhadap keterampilan hidup dan sikap positif siswa terhadap kesehatan reproduksi, dengan peningkatan sikap sebesar 2,9% dan peningkatan keterampilan hidup sebesar 80,9%.Proses pembelajaran yang memprioritaskan aktivitas siswa melalui penggunaan modul dan lembar kerja kelompok memungkinkan mereka mengidentifikasi masalah, berdiskusi, mengumpulkan informasi, dan merumuskan solusi secara kolaboratif.Berdasarkan temuan tersebut, modul ini direkomendasikan sebagai salah satu sarana untuk memberikan pendidikan kesehatan reproduksi kepada remaja.

Pertama, sebaiknya penelitian selanjutnya menguji efektivitas modul berbasis masalah ini di berbagai tipe sekolah – negeri, swasta, maupun madrasah – dan kawasan dengan perbedaan sosial ekonomi, untuk mengetahui apakah peningkatannya pada keterampilan hidup dan sikap reproduksi konsisten dalam beragam konteks budaya dan demografi siswa. Dengan demikian, dapat dipetakan batasan dan keunggulan modul sesuai karakteristik sekolah dan latar belakang peserta didik. Kedua, mengingat peningkatan sikap positif siswa relatif rendah, studi berikut dapat mengembangkan varian modul dalam format multimedia interaktif seperti video ilustrasi, simulasi peran, dan kuis berbasis aplikasi; penelitian ini bertujuan mengevaluasi pengaruh variasi media terhadap motivasi belajar dan kedalaman perubahan sikap reproduksi. Ketiga, penting juga merancang penelitian longitudinal dengan desain pengukuran berulang pada interval waktu tertentu (misalnya pada 3, 6, dan 12 bulan pascapembelajaran) untuk menganalisis durabilitas dan dinamika perubahan keterampilan hidup dan sikap reproduksi, sehingga dapat diketahui apakah efek modul bertahan atau membutuhkan penguatan lanjutan.

  1. Experiences and perception towards reproductive health education among secondary school teachers in South... doi.org/10.1186/s12978-021-01224-6Experiences and perception towards reproductive health education among secondary school teachers in South doi 10 1186 s12978 021 01224 6
  2. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model: Addie Model-Based Teaching Material Development | Halaqa:... halaqa.umsida.ac.id/index.php/halaqa/article/view/1563Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model Addie Model Based Teaching Material Development Halaqa halaqa umsida ac index php halaqa article view 1563
  1. #esp course design#esp course design
  2. #variasi demografi masyarakat#variasi demografi masyarakat
File size271.81 KB
Pages11
DMCAReportReport

ads-block-test