STAIQSTAIQ

Jurnal Pena IslamJurnal Pena Islam

Penelitian ini bertujuan: Untuk menganalisis pengaruh pelatihan terhadap kinerja guru di Sekolah Menengah Pertama Islam Nurul Fikri Boarding School Serang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Populasinya adalah seluruh guru di SMPI Nurul Fikri Boarding School Serang yang keseluruhannya berjumlah 33 guru yang terdiri atas guru tetap. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Sampling Jenuh. Sampel yang digunakan sebanyak 33 guru. Data diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Selanjutnya, data penelitian dianalisis statistik menggunakan pengelolaan data yaitu: Analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian deskriptif menunjukkan bahwa Pelatihan di Sekolah Menengah Pertama Islam Nurul Fikri Boarding School Serang berada pada kategori baik dengan memiliki skor mean sebesar 125.273 dari skor minimum sebesar 106 dan maximum sebesar 149 dengan standart deviation sebesar 9.2407 dan variance sebesar 85.392 %, dan kinerja guru di Sekolah Menengah Pertama Islam Nurul Fikri Boarding School Serang menunjukkan bahwa Kinerja guru di Sekolah Menengah Pertama Islam Nurul Fikri Boarding School Serang berada pada kategori baik dengan skor mean kinerja guru adalah 132.8485 dari skor minimum sebesar 117 dan maximum sebesar 149 dengan standar deviation sebesar 8.404319dan variance sebesar 70.63258. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh Pelatihan terhadap kinerja guru, namun tetap didukung oleh koefisien determinasi R2 (R Square) oleh determinasi sebesar 0,108. Hasil ini berarti ada pengaruh secara simultan pelatihan (X) terhadap kinerja guru (Y) sebesar 10,8% sedangkan sisanya 89,2% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dapat dijelaskan dalam penelitian ini.

Penelitian ini menemukan bahwa pelatihan berpengaruh langsung terhadap kinerja guru di SMP Islam Nurul Fikri Boarding School Serang dengan koefisien korelasi 0,329, menunjukkan hubungan lemah hingga sedang.Kontribusi pelatihan terhadap kinerja guru sebesar 10,8% (R² = 0,108), sementara sisanya dipengaruhi faktor lain di luar penelitian.Uji statistik menunjukkan pengaruh pelatihan signifikan, menjadikannya faktor penting untuk meningkatkan kinerja guru.

Penelitian selanjutnya dapat mengkaji pengaruh variabel motivasi kerja, kepuasan kerja, dan gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru, dengan merumuskan pertanyaan penelitian seperti “Bagaimana kontribusi motivasi kerja guru terhadap peningkatan kinerja di SMP Islam?; selanjutnya, penelitian komparatif lintas sekolah dapat dilakukan untuk membandingkan efektivitas pelatihan guru di berbagai SMP Islam pada wilayah berbeda, sehingga dapat menjawab “Apakah perbedaan konteks sekolah memoderasi hubungan antara pelatihan dan kinerja guru?; terakhir, studi longitudinal dapat diterapkan untuk menilai dampak jangka panjang pelatihan guru, misalnya dengan pertanyaan “Bagaimana perubahan kinerja guru selama dua tahun setelah mengikuti program pelatihan terstruktur? Dengan mengintegrasikan desain kuantitatif dan pendekatan campuran, ketiga penelitian ini diharapkan dapat memperluas pemahaman tentang faktor-faktor yang memengaruhi kinerja guru serta memberikan rekomendasi kebijakan yang lebih komprehensif.

Read online
File size488.77 KB
Pages18
Short Linkhttps://juris.id/p-1sC
Lookup LinksGoogle ScholarGoogle Scholar, Semantic ScholarSemantic Scholar, CORE.ac.ukCORE.ac.uk, WorldcatWorldcat, ZenodoZenodo, Research GateResearch Gate, Academia.eduAcademia.edu
DMCAReport

Related /

ads-block-test