STIT ALKIFAYAHRIAUSTIT ALKIFAYAHRIAU
Ar-Raihanah: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia DiniAr-Raihanah: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia DiniKegiatan bermain adalah kegiatan anak-anak yang dilakukan sepanjang hari karena bagi anak bermain adalah hidup dan hidup adalah permainan. Anak usia dini tidak membedakan antara bermain, belajar, dan bekerja. Anak-anak sangat menikmati permainan dan selalu melakukannya di manapun mereka memiliki kesempatan. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan data atau informasi sebagai salah satu acuan teoretis kepada berbagai pihak yang berkompeten dalam penelitian pengenalan huruf anak usia dini. Metode bermain yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan media pasir dan plastisin. Pasir merupakan butiran kecil yang mudah dibentuk dan menyenangkan bagi anak-anak. Plastisin merupakan adonan mainan yang terbuat dari tepung sehingga menjadi benda yang lunak hingga dapat diremas-remas, ditarik-tarik, ditekan-tekan, dan bisa dibentuk sesuai dengan imajinasi anak. Kegiatan dengan menggunakan media bermain dapat memenuhi seluruh aspek perkembangan anak.
Penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara metode bermain dengan media pasir dan plastisin terhadap kemampuan mengenal huruf abjad pada anak kelas A.Hal ini dibuktikan dengan hasil uji-t yang menunjukkan bahwa nilai t hitung lebih besar dari t tabel.Dengan demikian, hipotesis yang menyatakan adanya pengaruh metode bermain melalui media pasir dan plastisin terhadap kemampuan mengenal huruf abjad di kelas A Taman Kanak-kanak Kartika XVII-03 Kecamatan Pontianak Utara diterima.
Penelitian ini berfokus pada pengaruh media pasir dan plastisin terhadap pengenalan huruf pada anak usia dini. Ke depan, perlu diteliti bagaimana kombinasi media bermain yang berbeda, seperti penggunaan aplikasi edukatif interaktif atau buku cerita bergambar, dapat meningkatkan kemampuan literasi anak secara lebih komprehensif. Selain itu, studi longitudinal dapat dilakukan untuk melihat dampak jangka panjang dari intervensi bermain terhadap perkembangan kemampuan membaca dan menulis anak. Penting juga untuk mengeksplorasi peran orang tua dan guru dalam memfasilitasi kegiatan bermain yang mendukung pembelajaran literasi di rumah dan di sekolah, serta bagaimana pelatihan khusus bagi pendidik dapat meningkatkan efektivitas penggunaan media bermain dalam proses pembelajaran.
| File size | 475.5 KB |
| Pages | 7 |
| DMCA | Report |
Related /
STIT ALKIFAYAHRIAUSTIT ALKIFAYAHRIAU Aktivitas guru meningkat dari data awal hingga siklus II pertemuan 2 dengan peningkatan keseluruhan sebesar 50%. Pengamatan aktivitas anak mengenal hurufAktivitas guru meningkat dari data awal hingga siklus II pertemuan 2 dengan peningkatan keseluruhan sebesar 50%. Pengamatan aktivitas anak mengenal huruf
STIT ALKIFAYAHRIAUSTIT ALKIFAYAHRIAU Penelitian lanjutan dapat mengembangkan metode ini dengan mengeksplorasi penggunaan alat peraga edukatif berbasis stik es krim dan origami untuk mengajarkanPenelitian lanjutan dapat mengembangkan metode ini dengan mengeksplorasi penggunaan alat peraga edukatif berbasis stik es krim dan origami untuk mengajarkan
Yogya UMBYogya UMB Analisis data menunjukkan peningkatan pengetahuan tentang permainan Color Your Life setelah pelatihan, dan peserta merasa senang karena pelatihan mudahAnalisis data menunjukkan peningkatan pengetahuan tentang permainan Color Your Life setelah pelatihan, dan peserta merasa senang karena pelatihan mudah
STIT ALKIFAYAHRIAUSTIT ALKIFAYAHRIAU Kemampuan berbicara pada anak di kelompok A di RA Widuri Asy-Syifa sebelum diterapkan media pop-up book masih terbilang rendah. Selama proses pelaksanaanKemampuan berbicara pada anak di kelompok A di RA Widuri Asy-Syifa sebelum diterapkan media pop-up book masih terbilang rendah. Selama proses pelaksanaan
STIT ALKIFAYAHRIAUSTIT ALKIFAYAHRIAU berikan kesempatan di anak untuk belajar menggunakan gadget untuk belajar dan berinteraksi semenjak dini, pilih software yang sesuai dengan kebutuhan anak-anak,berikan kesempatan di anak untuk belajar menggunakan gadget untuk belajar dan berinteraksi semenjak dini, pilih software yang sesuai dengan kebutuhan anak-anak,
STIT ALKIFAYAHRIAUSTIT ALKIFAYAHRIAU Penelitian dijalankan di TK Kartika 1-7 Padang dengan melakukan di dua kelas, yaitu kelompok eksperimen kelas B1 sebanyak 13 anak serta kelompok kontrolPenelitian dijalankan di TK Kartika 1-7 Padang dengan melakukan di dua kelas, yaitu kelompok eksperimen kelas B1 sebanyak 13 anak serta kelompok kontrol
STIT ALKIFAYAHRIAUSTIT ALKIFAYAHRIAU Perkembangan seni anak setelah pelaksanaan metode bermain, siklus I nilai rata-ratanya sebesar 69, siklus II sebesar 85 dengan. Dapat disimpulkan bahwaPerkembangan seni anak setelah pelaksanaan metode bermain, siklus I nilai rata-ratanya sebesar 69, siklus II sebesar 85 dengan. Dapat disimpulkan bahwa
IAIN KENDARIIAIN KENDARI Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan studi dokumen. Analisis data dilakukan dengan menggunakan model Miles dan Huberman,Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan studi dokumen. Analisis data dilakukan dengan menggunakan model Miles dan Huberman,
Useful /
STIT ALKIFAYAHRIAUSTIT ALKIFAYAHRIAU Implementasi metode bercerita di TK Arridho telah berjalan baik melalui tiga tahapan, yaitu perencanaan dengan menyiapkan tema dan media, pelaksanaan yangImplementasi metode bercerita di TK Arridho telah berjalan baik melalui tiga tahapan, yaitu perencanaan dengan menyiapkan tema dan media, pelaksanaan yang
STIT ALKIFAYAHRIAUSTIT ALKIFAYAHRIAU Namun, kenyataannya terdapat tantangan dan peluang yang perlu dipahami secara mendalam. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tantangan dan peluangNamun, kenyataannya terdapat tantangan dan peluang yang perlu dipahami secara mendalam. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tantangan dan peluang
STMIKJAYAKARTASTMIKJAYAKARTA Teknik pengumpulan data dengan melakukan observasi lapangan, wawancara, dan studi literature. Sistem informasi penerimaan peserta didik baru ini dibangunTeknik pengumpulan data dengan melakukan observasi lapangan, wawancara, dan studi literature. Sistem informasi penerimaan peserta didik baru ini dibangun
IAIN SUIAIN SU Quraish Shihab. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research) dan termasuk dalam kategori penelitian kualitatif. Metode yang digunakanQuraish Shihab. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research) dan termasuk dalam kategori penelitian kualitatif. Metode yang digunakan