JOURNAL LAAROIBAJOURNAL LAAROIBA
Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis SyariahAl-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis SyariahPenelitian ini mengkaji pengaruh digital marketing terhadap purchase intention pada industri skincare, dengan fokus pada peran social media marketing, e-WOM, brand image, dan influencer endorser yang dimediasi oleh customer online review. Berdasarkan data Statista (2020), industri skincare mengalami pertumbuhan signifikan dengan nilai total mencapai USD 335,6 miliar pada tahun 2020, meningkat 3,6% dari tahun sebelumnya dan diproyeksikan mencapai USD 344,4 miliar pada 2021. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan kausal antara variabel pemasaran digital (social media marketing, e-WOM, brand image, influencer endorser) terhadap purchase intention dengan customer online review sebagai variabel mediasi. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis jalur untuk menguji sembilan hipotesis yang diajukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SMM, e-WoM, dan Brand Image memiliki pengaruh signifikan terhadap Customer Online Review, sementara Influencer Endorser tidak menunjukkan pengaruh yang signifikan. Penelitian ini memperluas penelitian sebelumnya dengan mengintegrasikan peran customer online review sebagai mediator dalam mempengaruhi purchase intention konsumen.
Penelitian menunjukkan bahwa social media marketing, electronic word‑of‑mouth, dan brand image secara signifikan memengaruhi customer online review, yang pada gilirannya meningkatkan purchase intention, sedangkan influencer endorser tidak memberikan pengaruh signifikan baik terhadap review maupun niat beli.Analisis mediasi mengungkap bahwa pengaruh positif media sosial, e‑WOM, dan citra merek terhadap purchase intention terjadi melalui perantara customer online review.Keterbatasan metode cross‑sectional, representasi demografis terbatas, dan ketidakterlibatan faktor eksternal seperti harga dan kualitas produk menjadi catatan penting untuk penelitian selanjutnya.
Penelitian selanjutnya dapat menguji bagaimana kombinasi pendekatan mixed‑methods dapat memperkaya pemahaman tentang mekanisme pengaruh variabel digital marketing terhadap purchase intention, dengan mengintegrasikan data kuantitatif dari survei dan data kualitatif dari wawancara mendalam pelanggan. Selanjutnya, sebuah studi longitudinal yang melacak perubahan persepsi dan perilaku konsumen selama periode satu hingga dua tahun dapat mengidentifikasi dinamika temporal efek social media marketing, e‑WOM, dan brand image, serta menguji apakah pengaruh mediator customer online review bersifat stabil atau berubah seiring waktu. Akhirnya, penelitian dapat meneliti efektivitas influencer endorser dalam konteks pemasaran digital dengan memasukkan variabel moderasi seperti tingkat kepercayaan konsumen, loyalitas merek, serta harga produk, sehingga dapat menjelaskan mengapa influencer belum menunjukkan pengaruh signifikan pada studi ini dan apakah kondisi tertentu dapat meningkatkan perannya.
- Proyek Pemasaran Digital di Sosial Media dan E- Commerce Melalui Pembuatan Content Marketing dan Advertising... journal.arimbi.or.id/index.php/Maeswara/article/view/1292Proyek Pemasaran Digital di Sosial Media dan E Commerce Melalui Pembuatan Content Marketing dan Advertising journal arimbi index php Maeswara article view 1292
- Factors Affecting Online Purchase Intention: Effects of Technology and Social Commerce | Athapaththu... doi.org/10.5539/ibr.v11n10p111Factors Affecting Online Purchase Intention Effects of Technology and Social Commerce Athapaththu doi 10 5539 ibr v11n10p111
- The Effect of Social Media Marketing and Influencer Endorser on Purchase Intention | Almana : Jurnal... doi.org/10.36555/almana.v6i2.1801The Effect of Social Media Marketing and Influencer Endorser on Purchase Intention Almana Jurnal doi 10 36555 almana v6i2 1801
| File size | 299.78 KB |
| Pages | 20 |
| Short Link | https://juris.id/p-1nF |
| Lookup Links | Google ScholarGoogle Scholar, Semantic ScholarSemantic Scholar, CORE.ac.ukCORE.ac.uk, WorldcatWorldcat, ZenodoZenodo, Research GateResearch Gate, Academia.eduAcademia.edu |
| DMCA | Report |
Related /
LITERASIKITAINDONESIALITERASIKITAINDONESIA Peningkatan kemampuan motorik halus anak merupakan salah satu yang dipengaruhi oleh pembelajaran motorik halus anak yang diterapkan dalam kegiatan melipat.Peningkatan kemampuan motorik halus anak merupakan salah satu yang dipengaruhi oleh pembelajaran motorik halus anak yang diterapkan dalam kegiatan melipat.
LITERASIKITAINDONESIALITERASIKITAINDONESIA Selanjutnya data yang sudah terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif yang hasilnya adalah pada siklus I nilai rata-rata yang diperolehSelanjutnya data yang sudah terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif yang hasilnya adalah pada siklus I nilai rata-rata yang diperoleh
LITERASIKITAINDONESIALITERASIKITAINDONESIA Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan motorik halus melalui kegiatan menggunting dengan berbagai media pada anak usia dini di kelompokPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan motorik halus melalui kegiatan menggunting dengan berbagai media pada anak usia dini di kelompok
ARIKESIARIKESI Hal yang harus dipertimbangkan rumah sakit adalah kinerja perawat. Kinerja merupakan pencapaian atau hasil dalam hal kualitas dan kuantitas kerja tenagaHal yang harus dipertimbangkan rumah sakit adalah kinerja perawat. Kinerja merupakan pencapaian atau hasil dalam hal kualitas dan kuantitas kerja tenaga
ARIKESIARIKESI Peningkatan pengetahuan tentang Dasar Dukungan Kehidupan di masyarakat akan menciptakan rasa kepedulian individu terhadap diri sendiri dan orang lain.Peningkatan pengetahuan tentang Dasar Dukungan Kehidupan di masyarakat akan menciptakan rasa kepedulian individu terhadap diri sendiri dan orang lain.
JOURNAL LAAROIBAJOURNAL LAAROIBA Setelah melalui serangkaian tahapan penelitian, dapat disimpulkan beberapa poin penting sebagai berikut. Digital marketing memiliki pengaruh positif danSetelah melalui serangkaian tahapan penelitian, dapat disimpulkan beberapa poin penting sebagai berikut. Digital marketing memiliki pengaruh positif dan
IAIN MADURAIAIN MADURA Untuk meningkatkan efektivitas layanan, diperlukan upaya strategis seperti pendidikan dan sosialisasi yang lebih baik, serta kerja sama yang lebih kuatUntuk meningkatkan efektivitas layanan, diperlukan upaya strategis seperti pendidikan dan sosialisasi yang lebih baik, serta kerja sama yang lebih kuat
AFEBIAFEBI Berdasarkan hasil penelitian dan diskusi, disimpulkan bahwa (1) pandemi Covid-19 memiliki dampak negatif terhadap kinerja UMKM di Kota Pangkalpinang. SebagianBerdasarkan hasil penelitian dan diskusi, disimpulkan bahwa (1) pandemi Covid-19 memiliki dampak negatif terhadap kinerja UMKM di Kota Pangkalpinang. Sebagian
Useful /
UMPOUMPO Pemikirannya menantang pandangan rasionalitas tradisional dan memperkenalkan konsep bounded rationality yang lebih realistis. Dengan menyadari keterbatasanPemikirannya menantang pandangan rasionalitas tradisional dan memperkenalkan konsep bounded rationality yang lebih realistis. Dengan menyadari keterbatasan
JOURNAL LAAROIBAJOURNAL LAAROIBA Transformasi pascapandemi menciptakan kompleksitas evaluasi kesehatan finansial industri transportasi yang memerlukan pendekatan dekonstruktif terhadapTransformasi pascapandemi menciptakan kompleksitas evaluasi kesehatan finansial industri transportasi yang memerlukan pendekatan dekonstruktif terhadap
ANTARBANGSAANTARBANGSA Intisari—Penelitian ini membahas permasalahan dengan hanya meneliti variabel-variabel dari Technology Acceptance Model (TAM) yaitu persepsi kegunaan,Intisari—Penelitian ini membahas permasalahan dengan hanya meneliti variabel-variabel dari Technology Acceptance Model (TAM) yaitu persepsi kegunaan,
ANTARBANGSAANTARBANGSA Toga Nusantara dalam mengembangkan usahanya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Tujuan dari penelitian ini adalahToga Nusantara dalam mengembangkan usahanya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Tujuan dari penelitian ini adalah