JOURNAL LAAROIBAJOURNAL LAAROIBA

Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis SyariahAl-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah

Penelitian ini mengkaji pengaruh digital marketing terhadap purchase intention pada industri skincare, dengan fokus pada peran social media marketing, e-WOM, brand image, dan influencer endorser yang dimediasi oleh customer online review. Berdasarkan data Statista (2020), industri skincare mengalami pertumbuhan signifikan dengan nilai total mencapai USD 335,6 miliar pada tahun 2020, meningkat 3,6% dari tahun sebelumnya dan diproyeksikan mencapai USD 344,4 miliar pada 2021. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan kausal antara variabel pemasaran digital (social media marketing, e-WOM, brand image, influencer endorser) terhadap purchase intention dengan customer online review sebagai variabel mediasi. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis jalur untuk menguji sembilan hipotesis yang diajukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SMM, e-WoM, dan Brand Image memiliki pengaruh signifikan terhadap Customer Online Review, sementara Influencer Endorser tidak menunjukkan pengaruh yang signifikan. Penelitian ini memperluas penelitian sebelumnya dengan mengintegrasikan peran customer online review sebagai mediator dalam mempengaruhi purchase intention konsumen.

Penelitian menunjukkan bahwa social media marketing, electronic word‑of‑mouth, dan brand image secara signifikan memengaruhi customer online review, yang pada gilirannya meningkatkan purchase intention, sedangkan influencer endorser tidak memberikan pengaruh signifikan baik terhadap review maupun niat beli.Analisis mediasi mengungkap bahwa pengaruh positif media sosial, e‑WOM, dan citra merek terhadap purchase intention terjadi melalui perantara customer online review.Keterbatasan metode cross‑sectional, representasi demografis terbatas, dan ketidakterlibatan faktor eksternal seperti harga dan kualitas produk menjadi catatan penting untuk penelitian selanjutnya.

Penelitian selanjutnya dapat menguji bagaimana kombinasi pendekatan mixed‑methods dapat memperkaya pemahaman tentang mekanisme pengaruh variabel digital marketing terhadap purchase intention, dengan mengintegrasikan data kuantitatif dari survei dan data kualitatif dari wawancara mendalam pelanggan. Selanjutnya, sebuah studi longitudinal yang melacak perubahan persepsi dan perilaku konsumen selama periode satu hingga dua tahun dapat mengidentifikasi dinamika temporal efek social media marketing, e‑WOM, dan brand image, serta menguji apakah pengaruh mediator customer online review bersifat stabil atau berubah seiring waktu. Akhirnya, penelitian dapat meneliti efektivitas influencer endorser dalam konteks pemasaran digital dengan memasukkan variabel moderasi seperti tingkat kepercayaan konsumen, loyalitas merek, serta harga produk, sehingga dapat menjelaskan mengapa influencer belum menunjukkan pengaruh signifikan pada studi ini dan apakah kondisi tertentu dapat meningkatkan perannya.

  1. Proyek Pemasaran Digital di Sosial Media dan E- Commerce Melalui Pembuatan Content Marketing dan Advertising... journal.arimbi.or.id/index.php/Maeswara/article/view/1292Proyek Pemasaran Digital di Sosial Media dan E Commerce Melalui Pembuatan Content Marketing dan Advertising journal arimbi index php Maeswara article view 1292
  2. Factors Affecting Online Purchase Intention: Effects of Technology and Social Commerce | Athapaththu... doi.org/10.5539/ibr.v11n10p111Factors Affecting Online Purchase Intention Effects of Technology and Social Commerce Athapaththu doi 10 5539 ibr v11n10p111
  3. The Effect of Social Media Marketing and Influencer Endorser on Purchase Intention | Almana : Jurnal... doi.org/10.36555/almana.v6i2.1801The Effect of Social Media Marketing and Influencer Endorser on Purchase Intention Almana Jurnal doi 10 36555 almana v6i2 1801
  1. #digital marketing#digital marketing
  2. #purchase intention#purchase intention
Read online
File size299.78 KB
Pages20
Short Linkhttps://juris.id/p-1nF
Lookup LinksGoogle ScholarGoogle Scholar, Semantic ScholarSemantic Scholar, CORE.ac.ukCORE.ac.uk, WorldcatWorldcat, ZenodoZenodo, Research GateResearch Gate, Academia.eduAcademia.edu
DMCAReport

Related /

ads-block-test