PDPIPDPI
Indonesian Journal of Social ScienceIndonesian Journal of Social SciencePerkembangan teknologi informasi telah membawa perubahan besar dalam kehidupan sosial, khususnya di kalangan mahasiswa. Media sosial dan game online menjadi bagian dari gaya hidup digital yang memengaruhi pola interaksi sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media sosial dan game online terhadap interaksi sosial mahasiswa Universitas Nasional Pasim. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Sampel sebanyak 83 mahasiswa diambil menggunakan rumus Slovin dengan tingkat kesalahan 10%. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner, dan data dianalisis menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media sosial dan game online secara simultan berpengaruh signifikan terhadap interaksi sosial mahasiswa, yang ditunjukkan oleh nilai F hitung sebesar 16.065 lebih besar dari F tabel sebesar 3.11. Secara parsial, media sosial berpengaruh positif signifikan terhadap interaksi sosial, sedangkan game online juga berpengaruh signifikan namun cenderung negatif. Koefisien determinasi (R²) sebesar 0.868 menunjukkan bahwa 86.8% variasi interaksi sosial dapat dijelaskan oleh media sosial dan game online, sementara sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa penggunaan media sosial dan game online memiliki pengaruh nyata terhadap intensitas dan kualitas interaksi sosial mahasiswa. Oleh karena itu, diperlukan kesadaran dan pengelolaan waktu yang baik dalam menggunakan teknologi digital agar tidak mengganggu hubungan sosial secara langsung.
Media sosial dan game online secara simultan berpengaruh signifikan terhadap interaksi sosial mahasiswa.Media sosial berpengaruh positif signifikan, sementara game online berpengaruh negatif signifikan.Pengelolaan waktu yang baik dalam penggunaan teknologi digital diperlukan untuk menjaga kualitas interaksi sosial.
Penelitian lanjutan dapat mengeksplorasi perbedaan pengaruh media sosial dan game online antara laki-laki dan perempuan di lingkungan kampus. Selain itu, perlu diteliti dampak jangka panjang penggunaan teknologi digital terhadap kesehatan mental mahasiswa, terutama dalam konteks pandemi. Studi banding antara mahasiswa di berbagai universitas dengan karakteristik demografi dan budaya yang berbeda juga dapat memberikan wawasan baru tentang faktor yang memediasi hubungan antara teknologi dan interaksi sosial.
- Peran Orang Tua dalam Mengurangi Dampak Negatif Penggunaan Gadget | Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan... doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2980Peran Orang Tua dalam Mengurangi Dampak Negatif Penggunaan Gadget Jurnal Obsesi Jurnal Pendidikan doi 10 31004 obsesi v6i5 2980
- The effect of using social media and fear of missing out on emotional wellbeing in children in the digital... edulearn.intelektual.org/index.php/EduLearn/article/view/21862The effect of using social media and fear of missing out on emotional wellbeing in children in the digital edulearn intelektual index php EduLearn article view 21862
| File size | 409.1 KB |
| Pages | 9 |
| Short Link | https://juris.id/p-1qO |
| Lookup Links | Google ScholarGoogle Scholar, Semantic ScholarSemantic Scholar, CORE.ac.ukCORE.ac.uk, WorldcatWorldcat, ZenodoZenodo, Research GateResearch Gate, Academia.eduAcademia.edu |
| DMCA | Report |
Related /
UIN Ar-RaniryUIN Ar-Raniry Oleh karena itu, diperlukan langkah preventif berbasis hadits, antara lain larangan melihat organ genital lawan jenis serta peningkatan kesadaran akanOleh karena itu, diperlukan langkah preventif berbasis hadits, antara lain larangan melihat organ genital lawan jenis serta peningkatan kesadaran akan
IPBIPB Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara penggunaan sosial media dan kesehatan mental remaja. Metode penelitian menggunakan pendekatanPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara penggunaan sosial media dan kesehatan mental remaja. Metode penelitian menggunakan pendekatan
SPPSPP Kegiatan pengabdian masyarakat ini berhasil meningkatkan kesadaran dan pengetahuan peserta mengenai gender yang sehat dan menjauhi seks pra nikah.melaluiKegiatan pengabdian masyarakat ini berhasil meningkatkan kesadaran dan pengetahuan peserta mengenai gender yang sehat dan menjauhi seks pra nikah.melalui
IAINPTKIAINPTK Metode penelitian yang digunakan adalah survei online terhadap 1. 000 remaja berusia 13-18 tahun di lima kota besar. Hasil menunjukkan bahwa intensitasMetode penelitian yang digunakan adalah survei online terhadap 1. 000 remaja berusia 13-18 tahun di lima kota besar. Hasil menunjukkan bahwa intensitas
UNYUNY Studi ini bertujuan untuk menilai dampak permainan daring terhadap kesejahteraan sosial dan psikologis mahasiswa, khususnya bagaimana permainan daringStudi ini bertujuan untuk menilai dampak permainan daring terhadap kesejahteraan sosial dan psikologis mahasiswa, khususnya bagaimana permainan daring
UNSUNS Di Indonesia, kurangnya penanganan profesional dan penegakan hukum membuat pekerja yang mengalami gangguan kesehatan dan ritme kerja yang tidak seimbangDi Indonesia, kurangnya penanganan profesional dan penegakan hukum membuat pekerja yang mengalami gangguan kesehatan dan ritme kerja yang tidak seimbang
UNUSAUNUSA Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara perilaku penggunaan media sosial dan kesehatan mental remaja di Kota Malang. Menggunakan pendekatanPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara perilaku penggunaan media sosial dan kesehatan mental remaja di Kota Malang. Menggunakan pendekatan
UNDIPUNDIP Hasil: CVI menunjukkan validitas isi yang memadai (0,80‑0,10) dan reliabilitas tinggi (α = 0,81). Terdapat korelasi signifikan antara kelima kompetensiHasil: CVI menunjukkan validitas isi yang memadai (0,80‑0,10) dan reliabilitas tinggi (α = 0,81). Terdapat korelasi signifikan antara kelima kompetensi
Useful /
IPBIPB Bidang penelitian sampah telah berkembang pesat selama lima belas tahun terakhir, mencakup aspek perilaku manusia dan aspek fisik sampah. Theory of PlannedBidang penelitian sampah telah berkembang pesat selama lima belas tahun terakhir, mencakup aspek perilaku manusia dan aspek fisik sampah. Theory of Planned
IKMEDIAIKMEDIA Pengembangan wilayah Merauke dimulai dengan pemekaran pertama pada tahun 2002 dan pemekaran terakhir pada tahun 2006. Pemekaran ini dilakukan agar pemerintahPengembangan wilayah Merauke dimulai dengan pemekaran pertama pada tahun 2002 dan pemekaran terakhir pada tahun 2006. Pemekaran ini dilakukan agar pemerintah
PDPIPDPI Penggunaan konjungsi tidak hanya di tengah kalimat saja tetapi ada yang letaknya di awal kalimat. Dari beberapa konjungsi yang ditemukan di media sosial,Penggunaan konjungsi tidak hanya di tengah kalimat saja tetapi ada yang letaknya di awal kalimat. Dari beberapa konjungsi yang ditemukan di media sosial,
IKMEDIAIKMEDIA Pajak Reklame berkembang, sementara Hiburan, Parkir, Air Tanah, Sarang Burung Walet, dan Mineral Bukan Logam & Batuan terbelakang. Mayoritas pajak daerahPajak Reklame berkembang, sementara Hiburan, Parkir, Air Tanah, Sarang Burung Walet, dan Mineral Bukan Logam & Batuan terbelakang. Mayoritas pajak daerah