UNYUNY
Jurnal Cakrawala PendidikanJurnal Cakrawala PendidikanPenelitian ini bertujuan untuk mengkaji tingkat kesiapan mengajar calon guru (pre‑service teachers) pada program studi Pendidikan Ekonomi, Pendidikan Akuntansi, dan Pendidikan Administrasi Perkantoran, serta mengidentifikasi perbedaan di antara ketiganya. Desain penelitian eks‑post‑faktum dengan pendekatan kuantitatif diterapkan; sebanyak 262 responden dipilih secara purposive random sampling dan data dikumpulkan melalui kuesioner yang telah tervalidasi (analisis faktor eksploratori) serta reliabel (Cronbach Alpha = 0.933). Analisis statistik meliputi statistik deskriptif dan Multivariate Analysis of Variance (MANOVA). Hasil menunjukkan bahwa kesiapan mengajar pada ketiga program berada pada kategori “excellent dan tidak terdapat perbedaan signifikan antar program. Berdasarkan temuan, disarankan untuk mempertahankan pola pembelajaran yang ada serta melakukan penelitian lanjutan yang lebih mendalam dengan mempertimbangkan karakteristik masing‑masing program.
Secara keseluruhan, tingkat kesiapan mengajar calon guru pada program studi pendidikan ekonomi dan bisnis tergolong excellent dengan rata‑rata nilai 3,37, tanpa perbedaan signifikan antar program.Namun, beberapa indikator masih memerlukan perbaikan untuk meningkatkan kualitas kesiapan mengajar.Penelitian ini terbatas pada persepsi calon guru, sehingga disarankan penggunaan parameter lain seperti observasi dan penilaian sejawat dalam penelitian selanjutnya.
Penelitian selanjutnya dapat menguji kesiapan mengajar calon guru dengan pendekatan multi‑metode, misalnya menggabungkan observasi lapangan dan penilaian sejawat untuk membandingkan hasil dengan data persepsi diri. Selain itu, diperlukan studi komparatif yang menyelidiki pengaruh desain pembelajaran spesifik—seperti penerapan urutan sintaks pembelajaran, penggunaan media pembelajaran kreatif, dan integrasi ICT—terhadap peningkatan indikator kesiapan pada masing‑masing program studi ekonomi, akuntansi, dan administrasi perkantoran. Selanjutnya, penelitian longitudinal yang mengikuti perkembangan calon guru sejak mikro‑teaching hingga tahun pertama mengajar di sekolah dapat memberikan gambaran tentang stabilitas dan evolusi kesiapan mengajar seiring waktu.
- "Reflective Practice and Student Learning" by Mary L. Slade, Tammy J. Burnham Dr. et al.. reflective... doi.org/10.20429/ijsotl.2019.130215Reflective Practice and Student Learning by Mary L Slade Tammy J Burnham Dr et al reflective doi 10 20429 ijsotl 2019 130215
- The teaching readiness of pre-service teachers from the economics and business education programs | Jurnal... journal.uny.ac.id/index.php/cp/article/view/50016The teaching readiness of pre service teachers from the economics and business education programs Jurnal journal uny ac index php cp article view 50016
| File size | 323.17 KB |
| Pages | 12 |
| Short Link | https://juris.id/p-6o |
| DMCA | Report |
Related /
UNYUNY Penyebab kesalahan dan beberapa saran sementara untuk mengatasi masalah ini dibahas. Kesalahan diidentifikasi berdasarkan kesalahan cara dan tempat artikulasiPenyebab kesalahan dan beberapa saran sementara untuk mengatasi masalah ini dibahas. Kesalahan diidentifikasi berdasarkan kesalahan cara dan tempat artikulasi
UNYUNY Selanjutnya, anak dengan kemampuan asosiasi tinggi yang bermain dengan media literat memperoleh skor lebih baik dibandingkan anak dengan kemampuan asosiasiSelanjutnya, anak dengan kemampuan asosiasi tinggi yang bermain dengan media literat memperoleh skor lebih baik dibandingkan anak dengan kemampuan asosiasi
UNYUNY Penelitian ini dilakukan dengan menguji dataset terstruktur dari kueri pencarian. Penelitian ini menyimpulkan bahwa sistem berbasis deep learning unggulPenelitian ini dilakukan dengan menguji dataset terstruktur dari kueri pencarian. Penelitian ini menyimpulkan bahwa sistem berbasis deep learning unggul
UNYUNY Kesimpulannya, permainan daring tidak serta-merta merugikan kesejahteraan sosial dan psikologis; manajemen waktu bermain dan kualitas interaksi sosialKesimpulannya, permainan daring tidak serta-merta merugikan kesejahteraan sosial dan psikologis; manajemen waktu bermain dan kualitas interaksi sosial
UNYUNY Data dikumpulkan menggunakan Skala Persepsi Keamanan Kerja dan Skala Iklim Organisasional dan dianalisis dengan statistik deskriptif, koefisien korelasiData dikumpulkan menggunakan Skala Persepsi Keamanan Kerja dan Skala Iklim Organisasional dan dianalisis dengan statistik deskriptif, koefisien korelasi
UNYUNY Peningkatan tersebut terlihat pada dimensi konseptual, prosedural, dan afektif, di mana kelompok eksperimen menunjukkan retensi materi yang lebih tinggiPeningkatan tersebut terlihat pada dimensi konseptual, prosedural, dan afektif, di mana kelompok eksperimen menunjukkan retensi materi yang lebih tinggi
UNYUNY Untuk mengatasi tantangan historis dan politik, Ethiopia harus melakukan pergeseran paradigma dengan membangun sistem pendidikan yang relevan, mudah diakses,Untuk mengatasi tantangan historis dan politik, Ethiopia harus melakukan pergeseran paradigma dengan membangun sistem pendidikan yang relevan, mudah diakses,
UNYUNY Pemahaman bacaan merupakan keterampilan penting yang harus dikuasai. Keterampilan ini membantu individu dalam memahami konteks dan pesan melalui membaca.Pemahaman bacaan merupakan keterampilan penting yang harus dikuasai. Keterampilan ini membantu individu dalam memahami konteks dan pesan melalui membaca.
Useful /
UNYUNY Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dan divalidasi menggunakan teknik member checking dan peer debriefing. Analisis tematik mengungkapkan beberapaData dikumpulkan melalui wawancara mendalam dan divalidasi menggunakan teknik member checking dan peer debriefing. Analisis tematik mengungkapkan beberapa
UNYUNY Sampel terdiri dari 61 siswa SMA di Kabupaten Buleleng, Bali, yang dipilih secara acak dan dibagi menjadi kelompok eksperimen dan kontrol. Data dikumpulkanSampel terdiri dari 61 siswa SMA di Kabupaten Buleleng, Bali, yang dipilih secara acak dan dibagi menjadi kelompok eksperimen dan kontrol. Data dikumpulkan
UNYUNY Penelitian ini menggunakan desain studi potong lintang dan retrospektif, dilaksanakan di tiga taman kanak-kanak berstatus akreditasi A di Kelurahan Jagakarsa,Penelitian ini menggunakan desain studi potong lintang dan retrospektif, dilaksanakan di tiga taman kanak-kanak berstatus akreditasi A di Kelurahan Jagakarsa,
UNYUNY Sampel kepala sekolah memperoleh nilai KMO 0,738, dengan nilai MSA terendah 0,556 dan tertinggi 0,859, nilai communalities dan komponen matriks sesuai,Sampel kepala sekolah memperoleh nilai KMO 0,738, dengan nilai MSA terendah 0,556 dan tertinggi 0,859, nilai communalities dan komponen matriks sesuai,