UNYUNY
Jurnal Cakrawala PendidikanJurnal Cakrawala PendidikanPenelitian ini bertujuan untuk mengkaji tingkat kesiapan mengajar calon guru (pre‑service teachers) pada program studi Pendidikan Ekonomi, Pendidikan Akuntansi, dan Pendidikan Administrasi Perkantoran, serta mengidentifikasi perbedaan di antara ketiganya. Desain penelitian eks‑post‑faktum dengan pendekatan kuantitatif diterapkan; sebanyak 262 responden dipilih secara purposive random sampling dan data dikumpulkan melalui kuesioner yang telah tervalidasi (analisis faktor eksploratori) serta reliabel (Cronbach Alpha = 0.933). Analisis statistik meliputi statistik deskriptif dan Multivariate Analysis of Variance (MANOVA). Hasil menunjukkan bahwa kesiapan mengajar pada ketiga program berada pada kategori “excellent dan tidak terdapat perbedaan signifikan antar program. Berdasarkan temuan, disarankan untuk mempertahankan pola pembelajaran yang ada serta melakukan penelitian lanjutan yang lebih mendalam dengan mempertimbangkan karakteristik masing‑masing program.
Secara keseluruhan, tingkat kesiapan mengajar calon guru pada program studi pendidikan ekonomi dan bisnis tergolong excellent dengan rata‑rata nilai 3,37, tanpa perbedaan signifikan antar program.Namun, beberapa indikator masih memerlukan perbaikan untuk meningkatkan kualitas kesiapan mengajar.Penelitian ini terbatas pada persepsi calon guru, sehingga disarankan penggunaan parameter lain seperti observasi dan penilaian sejawat dalam penelitian selanjutnya.
Penelitian selanjutnya dapat menguji kesiapan mengajar calon guru dengan pendekatan multi‑metode, misalnya menggabungkan observasi lapangan dan penilaian sejawat untuk membandingkan hasil dengan data persepsi diri. Selain itu, diperlukan studi komparatif yang menyelidiki pengaruh desain pembelajaran spesifik—seperti penerapan urutan sintaks pembelajaran, penggunaan media pembelajaran kreatif, dan integrasi ICT—terhadap peningkatan indikator kesiapan pada masing‑masing program studi ekonomi, akuntansi, dan administrasi perkantoran. Selanjutnya, penelitian longitudinal yang mengikuti perkembangan calon guru sejak mikro‑teaching hingga tahun pertama mengajar di sekolah dapat memberikan gambaran tentang stabilitas dan evolusi kesiapan mengajar seiring waktu.
- "Reflective Practice and Student Learning" by Mary L. Slade, Tammy J. Burnham Dr. et al.. reflective... doi.org/10.20429/ijsotl.2019.130215Reflective Practice and Student Learning by Mary L Slade Tammy J Burnham Dr et al reflective doi 10 20429 ijsotl 2019 130215
- The teaching readiness of pre-service teachers from the economics and business education programs | Jurnal... journal.uny.ac.id/index.php/cp/article/view/50016The teaching readiness of pre service teachers from the economics and business education programs Jurnal journal uny ac index php cp article view 50016
| File size | 323.17 KB |
| Pages | 12 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
UNYUNY Penelitian ini menggunakan pendekatan mixed-method melalui teknik Design-Based Research (DBR) dengan melibatkan 80 siswa sekolah dasar di Kabupaten SubangPenelitian ini menggunakan pendekatan mixed-method melalui teknik Design-Based Research (DBR) dengan melibatkan 80 siswa sekolah dasar di Kabupaten Subang
UNYUNY Mahasiswa pendidikan olahraga menilai kualitas hidup lebih tinggi, khususnya pada dimensi fisik dan lingkungan, sedangkan mahasiswa non‑pendidikan olahragaMahasiswa pendidikan olahraga menilai kualitas hidup lebih tinggi, khususnya pada dimensi fisik dan lingkungan, sedangkan mahasiswa non‑pendidikan olahraga
UNYUNY Sebaliknya, administrator sekolah melaporkan empat strategi: meningkatkan kesadaran orang tua tentang pentingnya teknologi digital, melatih guru dan siswa,Sebaliknya, administrator sekolah melaporkan empat strategi: meningkatkan kesadaran orang tua tentang pentingnya teknologi digital, melatih guru dan siswa,
UNYUNY Penelitian ini berhasil mengembangkan program pengembangan profesional guru pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan melalui sintesis model penelitianPenelitian ini berhasil mengembangkan program pengembangan profesional guru pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan melalui sintesis model penelitian
Useful /
IPBIPB 5. Hasil menunjukkan bahwa korelasi antara hotspot dengan tingkat muka air tanah sebesar –0,408 (p‑value 0,001) menandakan hubungan negatif moderat,5. Hasil menunjukkan bahwa korelasi antara hotspot dengan tingkat muka air tanah sebesar –0,408 (p‑value 0,001) menandakan hubungan negatif moderat,
UNYUNY Proses analisis menghasilkan empat tema pengalaman guru, yaitu (1) peran pengetahuan dan keterampilan latar belakang, (2) pengajaran berbagai jenis disabilitas,Proses analisis menghasilkan empat tema pengalaman guru, yaitu (1) peran pengetahuan dan keterampilan latar belakang, (2) pengajaran berbagai jenis disabilitas,
UNYUNY Meskipun Metode Grammar Translation (GTM) telah ditolak dalam pengajaran bahasa kedua, stigma penggunaan bahasa pertama (L1) dalam pengajaran bahasa keduaMeskipun Metode Grammar Translation (GTM) telah ditolak dalam pengajaran bahasa kedua, stigma penggunaan bahasa pertama (L1) dalam pengajaran bahasa kedua
UNYUNY Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan modul berbasis masalah memberikan dampak positif pada peningkatan keterampilan hidup siswa dan sikapHasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan modul berbasis masalah memberikan dampak positif pada peningkatan keterampilan hidup siswa dan sikap