STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG
JETL (Journal of Education, Teaching and Learning)JETL (Journal of Education, Teaching and Learning)Penelitian ini secara sistematis mengkaji implementasi teknologi Augmented Reality (AR) dalam konteks pendidikan teknologi dan kejuruan selama periode 2020-2025. Melalui Tinjauan Literatur Sistematis (SLR) terhadap 280 artikel dari database ScienceDirect, penelitian ini menganalisis tren, metodologi, efektivitas, tantangan, dan peluang pengembangan AR dalam pembelajaran kejuruan. Temuan utama menunjukkan peningkatan signifikan dalam adopsi AR untuk meningkatkan kompetensi praktis siswa kejuruan, terutama di bidang teknik mekanik, elektronika, konstruksi, dan kesehatan. Analisis juga mengungkapkan bahwa implementasi AR dapat meningkatkan keterlibatan siswa, pemahaman konsep teknis yang kompleks, dan pengembangan keterampilan psikomotor. Namun, tantangan seperti biaya pengembangan, infrastruktur teknologi, dan kebutuhan pelatihan pendidik tetap menjadi hambatan yang perlu diatasi. Penelitian ini menyediakan kerangka konseptual komprehensif untuk implementasi AR dalam pendidikan kejuruan serta rekomendasi untuk penelitian dan implikasi praktis bagi penyedia pendidikan kejuruan.
Tinjauan sistematis terhadap 280 studi tentang implementasi Augmented Reality (AR) dalam pendidikan kejuruan menunjukkan minat yang terus meningkat dan hasil positif konsisten dari integrasi AR, terutama antara 2020 dan 2023.AR terbukti sangat berpotensi meningkatkan hasil belajar, khususnya dalam pengembangan keterampilan psikomotor, motivasi, dan keterlibatan siswa di bidang kejuruan utama seperti teknik, elektronika, dan kesehatan.Meskipun AR berbasis penanda dan platform seluler tetap dominan, solusi lebih canggih seperti AR tanpa penanda dan kacamata AR mulai berkembang, dengan implementasi paling efektif ketika dikaitkan dengan pendekatan pedagogis eksperiensial dan berbasis kompetensi dalam lingkungan yang otentik dan menyerupai tempat kerja.
Penelitian selanjutnya dapat mengkaji bagaimana integrasi Augmented Reality dengan kecerdasan buatan dapat menciptakan simulasi pembelajaran yang beradaptasi secara real-time berdasarkan kemajuan dan kesalahan siswa, sehingga setiap siswa mendapatkan pengalaman belajar yang dipersonalisasi. Selain itu, perlu diteliti bagaimana sistem AR kolaboratif yang memungkinkan beberapa siswa dan instruktur berinteraksi secara simultan dalam lingkungan virtual dapat meningkatkan keterampilan kerja tim di bidang kejuruan, terutama di daerah dengan keterbatasan akses ke fasilitas pelatihan fisik. Terakhir, studi lebih lanjut sebaiknya fokus pada pengembangan standar konten AR yang interoperabel antar platform agar alat pembelajaran ini dapat diadopsi secara luas di sekolah kejuruan dengan infrastruktur beragam, termasuk di daerah terpencil, tanpa harus mengulang pengembangan dari nol setiap kali — sehingga mempercepat pemerataan kualitas pelatihan kejuruan berbasis teknologi di seluruh wilayah.
| File size | 336.29 KB |
| Pages | 14 |
| Short Link | https://juris.id/p-6B |
| DMCA | Report |
Related /
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Temuan ini mengindikasikan bahwa PjBL lebih efektif daripada metode tradisional dalam mendorong keberhasilan akademik dan pembelajaran aktif di konteksTemuan ini mengindikasikan bahwa PjBL lebih efektif daripada metode tradisional dalam mendorong keberhasilan akademik dan pembelajaran aktif di konteks
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Rendahnya tingkat keterlibatan dan prestasi siswa pada model pembelajaran inovatif di bidang ekonomi vokasional menjadi latar belakang penelitian ini.Rendahnya tingkat keterlibatan dan prestasi siswa pada model pembelajaran inovatif di bidang ekonomi vokasional menjadi latar belakang penelitian ini.
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Temuan ini mendukung gagasan bahwa pelatihan yang terstruktur dan selaras secara pedagogis sangat penting untuk mempersiapkan pendidik dengan keterampilanTemuan ini mendukung gagasan bahwa pelatihan yang terstruktur dan selaras secara pedagogis sangat penting untuk mempersiapkan pendidik dengan keterampilan
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Implementasi program Design Modeling dan Building Information di SMK Negeri 1 Bengkalis secara umum efektif pada aspek perencanaan, pelaksanaan, danImplementasi program Design Modeling dan Building Information di SMK Negeri 1 Bengkalis secara umum efektif pada aspek perencanaan, pelaksanaan, dan
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Era Revolusi Industri 4. 0 telah menimbulkan kesenjangan keterampilan yang signifikan antara kompetensi lulusan dan kebutuhan industri, sehingga menuntutEra Revolusi Industri 4. 0 telah menimbulkan kesenjangan keterampilan yang signifikan antara kompetensi lulusan dan kebutuhan industri, sehingga menuntut
UNYUNY Penelitian ini bertujuan meningkatkan pemahaman bacaan siswa dengan disabilitas belajar menggunakan strategi Know‑Want‑Learned (KWL). Dengan desainPenelitian ini bertujuan meningkatkan pemahaman bacaan siswa dengan disabilitas belajar menggunakan strategi Know‑Want‑Learned (KWL). Dengan desain
UNYUNY Makna pengalaman mencakup makna inklusi, pendidikan jasmani inklusif, dan pengajaran pendidikan jasmani inklusif. Kami menyimpulkan bahwa pengalaman sangatMakna pengalaman mencakup makna inklusi, pendidikan jasmani inklusif, dan pengajaran pendidikan jasmani inklusif. Kami menyimpulkan bahwa pengalaman sangat
UNYUNY Proses pembelajaran yang memprioritaskan aktivitas siswa melalui penggunaan modul dan lembar kerja kelompok memungkinkan mereka mengidentifikasi masalah,Proses pembelajaran yang memprioritaskan aktivitas siswa melalui penggunaan modul dan lembar kerja kelompok memungkinkan mereka mengidentifikasi masalah,
Useful /
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Namun, berbagai tantangan seperti literasi digital yang rendah, kemandirian belajar terbatas, dan fluktuasi tingkat motivasi menghambat efektivitas prosesNamun, berbagai tantangan seperti literasi digital yang rendah, kemandirian belajar terbatas, dan fluktuasi tingkat motivasi menghambat efektivitas proses
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Penggunaan media video dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) memberikan dampak positif yang signifikan terhadap motivasi dan hasilPenggunaan media video dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) memberikan dampak positif yang signifikan terhadap motivasi dan hasil
UNYUNY Penelitian menunjukkan bahwa 84% siswa menyatakan TaRL memberi mereka kesempatan lebih untuk menunjukkan keterampilan, 88% siswa merasa lebih percaya diriPenelitian menunjukkan bahwa 84% siswa menyatakan TaRL memberi mereka kesempatan lebih untuk menunjukkan keterampilan, 88% siswa merasa lebih percaya diri
UNYUNY Kualitas cukup baik untuk aplikasi pencetakan umum. Kulit pisang dapat dijadikan bahan baku kertas ramah lingkungan. Pengujian lebih lanjut diperlukanKualitas cukup baik untuk aplikasi pencetakan umum. Kulit pisang dapat dijadikan bahan baku kertas ramah lingkungan. Pengujian lebih lanjut diperlukan