STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG
JETL (Journal of Education, Teaching and Learning)JETL (Journal of Education, Teaching and Learning)Penelitian ini secara sistematis mengkaji implementasi teknologi Augmented Reality (AR) dalam konteks pendidikan teknologi dan kejuruan selama periode 2020-2025. Melalui Tinjauan Literatur Sistematis (SLR) terhadap 280 artikel dari database ScienceDirect, penelitian ini menganalisis tren, metodologi, efektivitas, tantangan, dan peluang pengembangan AR dalam pembelajaran kejuruan. Temuan utama menunjukkan peningkatan signifikan dalam adopsi AR untuk meningkatkan kompetensi praktis siswa kejuruan, terutama di bidang teknik mekanik, elektronika, konstruksi, dan kesehatan. Analisis juga mengungkapkan bahwa implementasi AR dapat meningkatkan keterlibatan siswa, pemahaman konsep teknis yang kompleks, dan pengembangan keterampilan psikomotor. Namun, tantangan seperti biaya pengembangan, infrastruktur teknologi, dan kebutuhan pelatihan pendidik tetap menjadi hambatan yang perlu diatasi. Penelitian ini menyediakan kerangka konseptual komprehensif untuk implementasi AR dalam pendidikan kejuruan serta rekomendasi untuk penelitian dan implikasi praktis bagi penyedia pendidikan kejuruan.
Tinjauan sistematis terhadap 280 studi tentang implementasi Augmented Reality (AR) dalam pendidikan kejuruan menunjukkan minat yang terus meningkat dan hasil positif konsisten dari integrasi AR, terutama antara 2020 dan 2023.AR terbukti sangat berpotensi meningkatkan hasil belajar, khususnya dalam pengembangan keterampilan psikomotor, motivasi, dan keterlibatan siswa di bidang kejuruan utama seperti teknik, elektronika, dan kesehatan.Meskipun AR berbasis penanda dan platform seluler tetap dominan, solusi lebih canggih seperti AR tanpa penanda dan kacamata AR mulai berkembang, dengan implementasi paling efektif ketika dikaitkan dengan pendekatan pedagogis eksperiensial dan berbasis kompetensi dalam lingkungan yang otentik dan menyerupai tempat kerja.
Penelitian selanjutnya dapat mengkaji bagaimana integrasi Augmented Reality dengan kecerdasan buatan dapat menciptakan simulasi pembelajaran yang beradaptasi secara real-time berdasarkan kemajuan dan kesalahan siswa, sehingga setiap siswa mendapatkan pengalaman belajar yang dipersonalisasi. Selain itu, perlu diteliti bagaimana sistem AR kolaboratif yang memungkinkan beberapa siswa dan instruktur berinteraksi secara simultan dalam lingkungan virtual dapat meningkatkan keterampilan kerja tim di bidang kejuruan, terutama di daerah dengan keterbatasan akses ke fasilitas pelatihan fisik. Terakhir, studi lebih lanjut sebaiknya fokus pada pengembangan standar konten AR yang interoperabel antar platform agar alat pembelajaran ini dapat diadopsi secara luas di sekolah kejuruan dengan infrastruktur beragam, termasuk di daerah terpencil, tanpa harus mengulang pengembangan dari nol setiap kali — sehingga mempercepat pemerataan kualitas pelatihan kejuruan berbasis teknologi di seluruh wilayah.
| File size | 336.29 KB |
| Pages | 14 |
| Short Link | https://juris.id/p-6B |
| DMCA | Report |
Related /
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Implementasi PjBL menghasilkan rata-rata nilai posttest yang lebih tinggi dengan kategori N-Gain sedang serta peningkatan konsisten skor aktivitas siswaImplementasi PjBL menghasilkan rata-rata nilai posttest yang lebih tinggi dengan kategori N-Gain sedang serta peningkatan konsisten skor aktivitas siswa
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Rendahnya tingkat keterlibatan dan prestasi siswa pada model pembelajaran inovatif di bidang ekonomi vokasional menjadi latar belakang penelitian ini.Rendahnya tingkat keterlibatan dan prestasi siswa pada model pembelajaran inovatif di bidang ekonomi vokasional menjadi latar belakang penelitian ini.
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Hasil menunjukkan bahwa kelompok yang melakukan SKJ 2021 dengan motivasi tinggi (A2B1) mencapai skor VO₂Max posttest rata-rata tertinggi sebesar 41,2Hasil menunjukkan bahwa kelompok yang melakukan SKJ 2021 dengan motivasi tinggi (A2B1) mencapai skor VO₂Max posttest rata-rata tertinggi sebesar 41,2
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Analisis statistik menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji-t menunjukkan perbedaan signifikan dalam hasil belajar (t = 4,382Analisis statistik menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji-t menunjukkan perbedaan signifikan dalam hasil belajar (t = 4,382
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Implementasi program Design Modeling dan Building Information di SMK Negeri 1 Bengkalis secara umum efektif pada aspek perencanaan, pelaksanaan, danImplementasi program Design Modeling dan Building Information di SMK Negeri 1 Bengkalis secara umum efektif pada aspek perencanaan, pelaksanaan, dan
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Analisis mengungkap bahwa pelaksanaan program magang industri (efektivitas 94%, skor kepuasan 4,6/5,0), sertifikasi kompetensi spesifik industri (nilaiAnalisis mengungkap bahwa pelaksanaan program magang industri (efektivitas 94%, skor kepuasan 4,6/5,0), sertifikasi kompetensi spesifik industri (nilai
UNYUNY Penelitian lanjutan harus meneliti dampak jangka panjang strategi ini dan relevansinya di berbagai lingkungan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan meningkatkanPenelitian lanjutan harus meneliti dampak jangka panjang strategi ini dan relevansinya di berbagai lingkungan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan meningkatkan
UNYUNY Penelitian kualitatif ini menyelidiki keberadaan MPCK guru sekolah dasar dalam praktik pengajaran matematika tentang rasio dan proporsi. Data dikumpulkanPenelitian kualitatif ini menyelidiki keberadaan MPCK guru sekolah dasar dalam praktik pengajaran matematika tentang rasio dan proporsi. Data dikumpulkan
Useful /
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Hasil menunjukkan bahwa ketiga variabel independen secara signifikan memengaruhi efektivitas pembelajaran, baik secara langsung maupun tidak langsung melaluiHasil menunjukkan bahwa ketiga variabel independen secara signifikan memengaruhi efektivitas pembelajaran, baik secara langsung maupun tidak langsung melalui
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Hasil menunjukkan bahwa media video secara signifikan meningkatkan motivasi (p = 0,000) dan hasil belajar (p = 0,002) pada kelompok eksperimen. SelainHasil menunjukkan bahwa media video secara signifikan meningkatkan motivasi (p = 0,000) dan hasil belajar (p = 0,002) pada kelompok eksperimen. Selain
UNYUNY Penelitian ini dilakukan dengan menguji dataset terstruktur dari kueri pencarian. Penelitian ini menyimpulkan bahwa sistem berbasis deep learning unggulPenelitian ini dilakukan dengan menguji dataset terstruktur dari kueri pencarian. Penelitian ini menyimpulkan bahwa sistem berbasis deep learning unggul
UNYUNY Sampel penelitian terdiri dari 60 siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kota Jambi yang dibagi menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen penelitian berupaSampel penelitian terdiri dari 60 siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kota Jambi yang dibagi menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa