STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG

JETL (Journal of Education, Teaching and Learning)JETL (Journal of Education, Teaching and Learning)

Penelitian ini secara sistematis mengkaji implementasi teknologi Augmented Reality (AR) dalam konteks pendidikan teknologi dan kejuruan selama periode 2020-2025. Melalui Tinjauan Literatur Sistematis (SLR) terhadap 280 artikel dari database ScienceDirect, penelitian ini menganalisis tren, metodologi, efektivitas, tantangan, dan peluang pengembangan AR dalam pembelajaran kejuruan. Temuan utama menunjukkan peningkatan signifikan dalam adopsi AR untuk meningkatkan kompetensi praktis siswa kejuruan, terutama di bidang teknik mekanik, elektronika, konstruksi, dan kesehatan. Analisis juga mengungkapkan bahwa implementasi AR dapat meningkatkan keterlibatan siswa, pemahaman konsep teknis yang kompleks, dan pengembangan keterampilan psikomotor. Namun, tantangan seperti biaya pengembangan, infrastruktur teknologi, dan kebutuhan pelatihan pendidik tetap menjadi hambatan yang perlu diatasi. Penelitian ini menyediakan kerangka konseptual komprehensif untuk implementasi AR dalam pendidikan kejuruan serta rekomendasi untuk penelitian dan implikasi praktis bagi penyedia pendidikan kejuruan.

Tinjauan sistematis terhadap 280 studi tentang implementasi Augmented Reality (AR) dalam pendidikan kejuruan menunjukkan minat yang terus meningkat dan hasil positif konsisten dari integrasi AR, terutama antara 2020 dan 2023.AR terbukti sangat berpotensi meningkatkan hasil belajar, khususnya dalam pengembangan keterampilan psikomotor, motivasi, dan keterlibatan siswa di bidang kejuruan utama seperti teknik, elektronika, dan kesehatan.Meskipun AR berbasis penanda dan platform seluler tetap dominan, solusi lebih canggih seperti AR tanpa penanda dan kacamata AR mulai berkembang, dengan implementasi paling efektif ketika dikaitkan dengan pendekatan pedagogis eksperiensial dan berbasis kompetensi dalam lingkungan yang otentik dan menyerupai tempat kerja.

Penelitian selanjutnya dapat mengkaji bagaimana integrasi Augmented Reality dengan kecerdasan buatan dapat menciptakan simulasi pembelajaran yang beradaptasi secara real-time berdasarkan kemajuan dan kesalahan siswa, sehingga setiap siswa mendapatkan pengalaman belajar yang dipersonalisasi. Selain itu, perlu diteliti bagaimana sistem AR kolaboratif yang memungkinkan beberapa siswa dan instruktur berinteraksi secara simultan dalam lingkungan virtual dapat meningkatkan keterampilan kerja tim di bidang kejuruan, terutama di daerah dengan keterbatasan akses ke fasilitas pelatihan fisik. Terakhir, studi lebih lanjut sebaiknya fokus pada pengembangan standar konten AR yang interoperabel antar platform agar alat pembelajaran ini dapat diadopsi secara luas di sekolah kejuruan dengan infrastruktur beragam, termasuk di daerah terpencil, tanpa harus mengulang pengembangan dari nol setiap kali — sehingga mempercepat pemerataan kualitas pelatihan kejuruan berbasis teknologi di seluruh wilayah.

  1. Unlocking the Potential: A Comprehensive Evaluation of Augmented Reality and Virtual Reality in Education.... mdpi.com/2079-9292/12/18/3953Unlocking the Potential A Comprehensive Evaluation of Augmented Reality and Virtual Reality in Education mdpi 2079 9292 12 18 3953
File size336.29 KB
Pages14
DMCAReportReport

ads-block-test