STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG

JETL (Journal of Education, Teaching and Learning)JETL (Journal of Education, Teaching and Learning)

Siswa dengan disabilitas intelektual ringan sering menghadapi tantangan dalam memahami konsep abstrak dan memerlukan alat pembelajaran khusus yang mendukung keterlibatan visual dan interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengevaluasi validitas, kepraktisan, dan efektivitas Multimedia Pembelajaran Interaktif berbasis Canva (ILM) yang dirancang khusus untuk pendidikan kejuruan kuliner di SLB Negeri 1 Padang. Menggunakan metode Penelitian dan Pengembangan (R&D), penelitian ini melibatkan validasi ahli, pengujian kepraktisan pengguna, dan analisis efektivitas dengan teknik kuantitatif. Validasi konten dan media dilakukan oleh enam ahli menggunakan rumus Aikens V, kepraktisan dinilai oleh satu guru dan lima siswa melalui kuesioner, serta efektivitas diuji menggunakan uji normalitas, homogenitas, uji-t, dan perhitungan ukuran efek dengan SPSS 27. Hasil menunjukkan bahwa ILM sangat valid, dengan skor rata-rata Aikens V sebesar 0,97 (ahli materi) dan 0,92 (ahli media). Skor kepraktisan dari siswa (3,87) dan guru (3,85) mengklasifikasikan media sebagai sangat praktis. Analisis statistik menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji-t menunjukkan perbedaan signifikan dalam hasil belajar (t = 4,382 > t-tabel = 2,306; p < 0,05), yang menandakan efektivitas media. Selanjutnya, ukuran efek (Cohens d = 2,8) menunjukkan efek sangat besar terhadap kinerja siswa. Kesimpulannya, Multimedia Pembelajaran Interaktif berbasis Canva merupakan alat yang valid, praktis, dan sangat efektif untuk meningkatkan hasil belajar kejuruan bagi siswa dengan disabilitas intelektual ringan. Implementasi ini direkomendasikan dalam pengembangan pendidikan inklusif.

Multimedia Pembelajaran Interaktif berbasis Canva untuk pendidikan kejuruan kuliner valid, praktis, dan sangat efektif bagi siswa dengan disabilitas intelektual ringan.Media ini memenuhi kriteria validitas konten dan media yang tinggi, serta menunjukkan kepraktisan tinggi berdasarkan umpan balik pengguna.Secara statistik, media ini secara signifikan meningkatkan hasil belajar siswa dengan ukuran efek yang sangat besar, sehingga layak diadopsi sebagai alat pembelajaran inklusif yang berdampak.

Penelitian lanjutan dapat menguji apakah multimedia berbasis Canva ini tetap efektif jika diterapkan pada siswa dengan jenis disabilitas intelektual yang berbeda, seperti disabilitas sedang atau kombinasi disabilitas intelektual dan autis. Selain itu, perlu dikaji bagaimana pengembangan versi multimedia ini yang dilengkapi fitur aksesibilitas tambahan, seperti suara narasi berpola ulang, teks bergerak, atau animasi sederhana, dapat meningkatkan kemandirian belajar dalam jangka panjang. Terakhir, penelitian dapat membandingkan dampak penggunaan multimedia berbasis Canva ini dengan metode pembelajaran konvensional atau media digital lain seperti aplikasi edukasi khusus disabilitas, untuk menentukan apakah Canva benar-benar unggul secara signifikan dalam konteks pendidikan inklusif di sekolah kejuruan, serta bagaimana faktor seperti durasi penggunaan atau frekuensi interaksi memengaruhi retensi pengetahuan siswa seiring waktu.

  1. Canva Learning Media innovations in Sketching Wedding Cake in Improving the Hard Skills of Culinary Students... doi.org/10.2991/978-2-38476-398-6_14Canva Learning Media innovations in Sketching Wedding Cake in Improving the Hard Skills of Culinary Students doi 10 2991 978 2 38476 398 6 14
  2. Utilization of Canva for education to improve learning effectiveness of vocational students | Research... ejournal.umm.ac.id/index.php/raden/article/view/32808Utilization of Canva for education to improve learning effectiveness of vocational students Research ejournal umm ac index php raden article view 32808
  3. Journal UC. journal verifying human take seconds doi.org/10.37715/jtce.v5i1.5700Journal UC journal verifying human take seconds doi 10 37715 jtce v5i1 5700
  1. #kemandirian belajar#kemandirian belajar
  2. #kemandirian belajar#kemandirian belajar
File size236 KB
Pages7
DMCAReportReport

ads-block-test